Laporan Pertandingan

Laporan: Chelsea 2 Barcelona 1

Pramusim Chelsea di Jepang berakhir dengan kemenangan atas Barcelona di Saitama.

The Blues menampilkan permainan impresif dalam laga menarik melawan juara Spanyol tersebut. Di laga itu, Frank Lampard memberikan lebih banyak menit kepada pemain-pemain seniornya dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Premier League yang akan bergulir dua setengah pekan lagi.

Tammy Abraham membuka skor lewat sebuah sepakan terukur setelah Jorginho mendapatkan bola di depan kotak penalti lawan. Ross Barkley memastikan kemenangan 10 menit jelang laga bubar lewat tendangan drive kaki kiri yang dilepaskan dari luar kotak penalti.

Ivan Rakitic memperkecil ketertinggalan Barcelona di masa perpanjangan waktu namun the Blues terus bertahan dan berhasil menutup tur ini dengan hasil manis.

Kedua tim memainkan tim kuat yang berisi dengan talenta-talenta internasional. Christian Pulisic melakukan start pertamanya untuk the Blues sementara Barca memberi kesempatan bagi rekrutan barunya, Antoine Griezmann namun masih belum diperkuat oleh Lionel Messi dan Luis Suarez yang masih dalam masa liburan.

Kepa Arrizabalaga dan Abraham, yang sudah sembuh dari sakit, tampil di starting 11 Chelsea, yang kali ini menggunakan formasi 4-2-3-1 dengan Mason Mount di belakang Abraham.

Chelsea sudah lebih dulu mempersiapkan diri ketimbang Barca, mengingat Premier League bergulir lebih dahulu daripada La Liga, namun Barcelona terlihat mantap di awal-awal pertandingan. sundulan Oriel Busquests masih melambung di atas mistar gawang sementara si kaki cepat Riqui Puig nyaris bisa memberi umpan jitu kepada Ousmane Dembele lewat back-flick manisnya.

Peluang pertama Chelsea diperoleh ketika Pulisic mendapatkan ruang di depan kotak penalti. Tembakannya terlalu lemah dan bisa dimentahkan oleh Marc-Andre Ter Stegen. Abraham seharusnya bisa memanfaatkan bola muntah namun tendangan setengah volinya masih melambung.

Tak lama kemudian, Mount berhasil melewati pemain lawan lalu melepas tembakan kaki kiri dari jarak 30 yard, yang terlalu tinggi. Mungkin jika mendapat peluang serupa, sebaiknya dia mengoper ke Abraham saja, yang tak terkawal di depannya.

Menjelang peluit akhir babak pertama dibunyikan, Chelsea lebih banyak menguasai bola, bukti dari kondisi fisik yang lebih prima. Pulisic nyaris bisa membuka skor ketika mendapat umpan silang dari Azpilicueta, namun pemuda asal Amerika itu gagal menjangkau bola dengan kakinya. Tak lama kemudian, Griezmann melakukan hal serupa

Gol pembuka datang 10 menit jelang turun minum. Setelah merebut bola dari Sergio Busquets di depan kotak penalti Barcelona, Jorginho melepas umpan terukur ke jalur pergerakan Abraham yang dengan tenang mengecoh Ter Stegen dan memasukkan bola ke gawang.

Pulisic hampir saja memperbesar keunggulan lima menit kemudian, namun sayang sekali, sepakan kaki kirinya hanya mengenai jala samping gawang. Di sisi lapangan lain, Dembele membuat Kepa melakukan sebuah penyelamatan gemilang.

Lampard mengganti dua pemainnya setelah jeda. Marcos Alonso dan Kurt Zouma masuk sementara Emerson dan David Luiz keluar. Barca sendiri mengganti seluruh pemainnya, memasukkan kiper Neto, Ivan Rakitic, dan Frenkie de Jong.

Di awal babak kedua, Kepa melakukan penyelamatan atas sepakan Rafinha, kemudian Carles Perez dua kali nyaris menyamakan kedudukan namun sepakannya selalu mengarah tepat ke kiper kami. Peluang pertama ia dapatkan setelah melewati tiga bek kami.

Kepa mendapat banyak ujian di awal babak kedua, seiring dengan peragaan operan-operan impresif Barca. Ia kemudian merentangkannya tangannya untuk menggagalkan upaya Carlez Alena.

Meski banyak pergantian pemain yang membuat pertandingan berhenti, permainan tetap berjalan dengan kualitas tinggi. Umpan lambung Barkley yang diarahkan ke Kenedy mendarat dengan sempurna, sementara umpan terobosan Alonso ke Michy Batshuayi gagal membuahkan gol setelah sepakan Michy digagalkan oleh Neto.

Gol kedua the Blues datang ketika laga tersisa 10 menit lagi, mempersulit Barcelona untuk mengejar.

Barkley menerima bola 20 yard di depan gawang, berbalik, dan menembak dengan kaki kirinya, menembak bola melewati Neto yang menjatuhkan diri.

Barca mencetak gol hiburan di masa injury time lewat sepakan Rakitic dari jarak 25 yard yang sukses menembus sudut atas gawang. Kepa tak mampu melakukan apa-apa dan tentu ia merasa frustrasi ketika kemasukan gol saat menampilkan permainan yang apik.

Kami sudah melihat kemenangan di beberapa menit terakhir, mengakhiri pekan yang menyenangkan dan menghibur di Jepang.

Chelsea akan segera terbang kembali ke London dengan jadwal pertandingan berikutnya pada Minggu, melawan Reading.

Chelsea (4-2-3-1): Kepa; Azpilicueta (k) (Zappacosta 70), Christensen (Tomori 47), David Luiz (Zouma h-t), Emerson (Alonso h-t); Jorginho (Drinkwater 70), Kovacic (Drinkwater 70); Pulisic (Giroud 60), Mount (Barkley 60), Pedro (Batshuayi 70); Abraham (Kenedy 60).

Gol: Abraham 34, Barkley 81
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA