Wawancara

Jorginho Soal Adaptasinya di Lini Tengah dan Belajar dari Musim Lalu

Beradaptasi dengan tuntutan baru dan berbagai gaya permainan menjadi sesuatu yang biasa dipelajari di bawah besutan pelatih kepala yang baru dan Jorginho percaya bahwa makin ke sini skuat makin familier dengan cara kerja Frank Lampard.

Pria Italia ini tampil selama 70 menit saat kami mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1 di Jepang pada Selasa lalu. Adalah upayanya yang merebut bola dari penguasaan lawan yang berujung pada gol pembuka yang dilesakkan oleh Tammy Abraham. Gelandang ini kerap terlihat menekan lawan yang tengah menguasai bola, hingga jauh ke depan, dan ini menjadi pertanda akan adanya sedikit perubahan dalam perannya di bawah arahan Frank Lampard musim ini.

Jorginho mengakui bahwa permainannya masih dalam proses adaptasi, terutama jika the Blues terus menggunakan formasi 4-2-3-1 yang kerap digunakan di masa pramusim ini. Pria 27 tahun ini menyebut bahwa assist untuk gol Abraham dan perannya yang lebih menyerang di musim ini akan bisa memberikan lebih banyak lagi.

“Karakteristikku adalah untuk mengendalikan permainan, tetap bertahan di tengah dan mengorganisir tim tapi aku juga bisa beradaptasi,” katanya selepas kemenangan di Saitama. “Ini baru untukku dan akan butuh waktu tapi aku suka dan kami pun bisa menjalankannya dengan baik. Aku punya lebih banyak ruang untuk berkreasi dan aku merasa lebih bebas jadi aku bisa melakukan banyak hal dengan kreativitasku.”

“Musim lalu kami memainkan tiga gelandang dan sekarang dua jadi kami harus banyak berlari tapi kurasa kami bisa melakukan banyak hal positif seperti ini.”

Sepeninggal Maurizio Sarri, manajer yang menerbangkannya dari Naples ke London, eks penggawa Napoli ini disebut-sebut akan hengkang ke Italia pada musim panas ini. Meski banyak spekulasi yang beredar, Jorginho menegaskan bahwa hati dan pikirannya tetap berada di Stamford Bridge dan ia pun menantikan dimulainya musim baru.

“Sarri pernah jadi manajerku dan kami sudah bekerja sama selama empat tahun tapi sekarang adalah fase yang baru,” katanya. “Dia sudah pergi dan aku bertahan di Chelsea. Aku sangat bahagia di London, aku punya kontrak jangka panjang dan kuharap bisa terus bertahan di sini dalam waktu yang lama.”

Musim perdana Jorginho di Inggris terbilang positif. Dia hanya sekali absen di Premier League, hanya kalah dari Cesar Azpilicueta yang punya catatan 100 persen. Dia pun mengakhiri musim lalu dengan raihan medali juara Eropa. Pengalaman itu telah membantunya memahami sepak bola Inggris dengan lebih baik lagi, yang dia harap bisa bermanfaat baginya dan tim di musim ini.

“Musim lalu, aku belajar banyak dalam hal intensitas dan agresivitas di sistem kami jadi aku yakin aku bisa banyak membantu rekan-rekanku tahun ini,” sambungnya. “Kami ingin memenangi setiap pertandingan dan kami harus mencoba melakukannya. Kami harus memusatkan pikiran hanya pada laga selanjutnya dan setelah itu selanjutnya lagi dan selanjutnya lagi dan melihat apa yang terjadi.”

 

BACA: ASHLEY COLE MENIKMATI WAKTUNYA BERSAMA CHELSEA DI JEPANG

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA