Wawancara

Christian Pulisic Siap Buktikan Diri

Ketika melihat banyaknya pengalaman yang telah ia dapatkan di lapangan, kita kerap lupa bahwa Christian Pulisic masih berusia 20 tahun. Pemuda asal Amerika ini memberikan pandangannya terkait tantangan baru yang ia hadapi dan apa yang ingin ia raih di Chelsea.

Pulisic muncul ke permukaan saat masih berusia 17 tahun kala bermain untuk Borussia Dortmund. Dua bulan setelah melakukan debutnya dengan raksasa Jerman itu, ia terpilih untuk mewakili tim nasional AS dan dalam prosesnya menjadi pemain termuda yang bermain untuk Amerika di babak kualifikasi Piala Dunia.

Kini ia berada di Chelsea dan tengah mempersiapkan diri untuk mengarungi kompetisi Premier League. Ia pun mengakui bahwa level tekanannya berbeda.

“(Tekanan) di Dortmund sedikit berbeda karena aku adalah lulusan akademi sana, tumbuh besar dan mungkin tidak punya ekspektasi di sana,” kata Pulisic. “Tapi, aku ingin mencoba dan membuktikan diri semaksimal mungkin dan menjadi bagian dari tim.”

“Di sini, datang ke klub dan menjadi rekrutan baru, aku merasa perlu membuktikan diri dan aku ingin menunjukkan kepada banyak orang, terutama rekan-rekan setimku, bahwa aku juga bisa bermain. Mudah-mudahan aku sudah bisa menunjukkan itu sedikit dan mendapatkan respek mereka. Ini penting ketika kita berada di klub baru.”

“Aku menikmati ini. Ini sebuah perubahan yang baik untukku, yang datang dari Jerman. Segala sesuatunya menjadi lebih mudah dengan bahasanya (Inggris), dan klub ini juga telah banyak membantu, bukan hanya dengan sepak bola tetapi dengan setiap orangnya. Ini bagus sekali.”

Pulisic mengisi sektor sayap kiri di pramusim ini dan telah menunjukkan permainan yang memukau saat tim menang 5-3 atas RB Salzburg. Ia mencetak dua gol apik dan mendapat pelanggaran yang berujung pada tendangan penalti yang tidak disia-siakan oleh Ross Barkley, memungkasi pergerakan cair Chelsea dalam menggalirkan bola ke depan.

“Itulah yang harus kulakukan di sana,” tegas Pulisic. “Aku ingin mencetak gol dari posisi menyerang, aku ingin membantu rekan-rekanku dengan assist, dan melakukan banyak hal di lini serang. Tentu, kinerjaku saat bertahan juga penting.”

“Aku ingin melakukan yang terbaik dan membantu tim ini semaksimal mungkin. Ini masih pramusim dan aku masih punya kesempatan untuk membuktikan (diri) ketika musim yang sebenarnya bergulir.”

“Tim ini punya banyak kualitas, dan kupikir aku bisa membantu dengan ini. Mudah-mudahan aku bisa membaur dengan pemuda-pemuda ini dan menemukan cara kami untuk mencetak gol dan memenangi pertandingan.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA