Berita

Chelsea di Premier League - Statistik dan Angka dari 27 Musim Terakhir

Dengan dimulainya sepak bola divisi utama liga Inggris akhir pekan ini, mari kita lihat lagi bagaimana sejarah pencapaian Chelsea selama 27 musim di Premier League.

Premier League pertama kali bergulir pada 15 Agustus 1992 untuk menggantikan Divisi Satu dan kala itu terdiri dari 22 klub. Chelsea tergabung di dalamnya dan sejak itu tak pernah absen setiap musimnya. Total, ada 49 klub yang sudah berkompetisi di Premier League sejak itu.

Siapa pemilik titel terbanyak?

The Blues ada di urutan kedua untuk kategori tim tersukses di Premier League dengan lima gelar. Gelar pertama kami diraih di musim 2004/05 di bawah manajemen Jose Mourinho yang kala itu memecahkan rekor poin – 95 poin. Gelar juara tersebut bisa dipertahankan semusim kemudian, bertepatan dengan perayaan 100 tahun berdirinya klub.

Di musim 2009/10, kami meraih Double untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, plus catatan 103 gol yang ditorehkan oleh pasukan Carlo Ancelotti yang sangat produktif dan raihan Sepatu Emas Didier Drogba. Mourinho kembali menjadi dirijen saat kami meraih trofi Premier League keempat, di musim 2014/15, dengan masih menyisakan tiga laga, sementara dua tahun kemudian, Antonio Conte berhasil menyamai predesesornya itu dengan menjadi juara di tahun pertamanya di Inggris.

Manchester United adalah pemilik titel Premier League terbanyak, 13, sedangkan rival mereka, City, empat kali dan Arsenal tiga kali.

Siapa pemain Chelsea yang paling sering tampil di era Premier League?

John Terry dengan 492 penampilan unggul jauh dari nama di urutan kedua. Bos baru kami, Frank Lampard, ada di urutan kedua dengan 429 penampilan. Petr Cech ada di urutan berikutnya dengan 333 penampilan, yang sekaligus menjadikannya sebagai pemain asing dengan penampilan terbanyak untuk kami.

Eden Hazard adalah pemain dengan penampilan terbanyak di skuat terakhir kami, sebelum yang bersangkutan pindah ke Real Madrid, dengan catatan 245 penampilan. Namun, di musim 2019/20 ini, catatan tersebut sepertinya akan dilewati oleh Cesar Azpilicueta yang hanya berjarak 10 penampilan dengannya. Willian ada di urutan berikutnya dengan 198 penampilan, lalu David Luiz (160), Pedro (126), dan Kante (105).

Siapa pemain tertajam kami di Premier League?

Dari 147 gol Lampard di liga sebagai pemain Chelsea, banyak di antaranya berupa gol yang mengesankan. Bracenya saat melewati Jussi Jaaskelainen sukses mengamankan titel pada 2005, tembakan geledek di Goodison Park pada 2006, cungkilan indah ke sudut atas gawang Hull City dua tahun kemudian, dan gol ke-200-nya untuk the Blues yang diciptakan ke gawang eks klubnya, West Ham, di Stamford Bridge.

Dia unggul jauh di puncak daftar pencetak gol terbanyak kami di Premier League, terpaut 43 gol dari Drogba (104) dan Hazard (85) di peringkat tiga. Di skuat saat ini, Pedro dan Willian jadi pemegang gol terbanyak dengan sama-sama mengoleksi 28 gol.

Lampard juga pemain Chelsea yang paling banyak mencetak hat-trick di Premier League yaitu tiga kali, sama dengan yang ditorehkan oleh Jimmy Floyd Hasselbaink dan Drogba.

Siapa kiper Chelsea yang memiliki clean sheet terbanyak?

Tidaklah mengejutkan jika nama Cech muncul sebagai pemuncak daftar peraih clean sheet terbanyak selama 27 tahun keikutsertaan the Blues di Premier League. Dia masih memegang rekor clean sheet terbanyak dalam satu musim (24) dan memenangi penghargaan Sarung Tangan Emas empat kali.

Kepa Arrizabalaga langsung tampil memukau di musim perdananya di SW6 dengan torehan 14 clean sheet sepanjang musim lalu.

Warisan Lampard

Sosok dengan penampilan terbanyak ketiga sepanjang masa dan pencetak gol terbanyak keempat sepanjang masa, catatan Lampard di Premier League sangatlah baik dan dia masih jadi salah satu pemain terbaik yang pernah bermain di kompetisi ini.

Selama membela Chelsea, dia terus mencetak dua digit gol selama 10 musim berturut-turut dan jadi salah satu dari tiga pemain (bersama Ryan Giggs dan Wayne Rooney) yang punya torehan 100+ gol dan 100+ assist dalam sejarah Premier League.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA