Blog

Salvo Pertama – Gol-Gol Top di Laga Pembuka Kompetisi

Selama lebih dari 20 tahun terakhir, Chelsea telah banyak mencetak gol-gol hebat di laga pertama Premier League.

The Blues punya rekor meyakinkan di laga pembuka liga sejak 1999 (16 kali menang, 3 kali seri, 1 kali kalah) yang terbantu dengan penampilan tajam di depan, dengan koleksi lebih dari 50 gol.

Di tengah upaya Frank Lampard untuk melanjutkan rentetan hasil mengesankan itu ketika bertandang ke markas Manchester United akhir pekan ini, mari kita ingat lagi enam gol terbaik yang kami ciptakan di laga pembuka Premier League.

Gustavo Poyet - 1999

Tim promosi Sunderland sulit menyadari apa yang memukul mereka di hari pertama musim 1999-2000 saat digebuk dengan skor 4-0 di Stamford Bridge yang dua di antaranya dibikin oleh Gus Poyet. Setelah tandukannya di menit ke-20 berhasil menggetarkan jala lawan, pria yang nantinya menjadi manajer Black Cats itu menutup pembantaian 12 menit menjelang laga berakhir. Berlari ke kotak penalti untuk menyambut umpan cungkilan manis Zola, tendangan voli sambil melayang yang ia lepaskan nyaris merobek jaring gawang lawan.

Mario Stanic - 2000

Mario Stanic memang hanya punya koleksi 10 gol selama berkarier di Stamford Bridge, di tengah cedera yang menderanya, tetapi pesepak bola asal Kroasia ini telah meninggalkan kesan dengan sebuah gol mengagumkan di laga debutnya untuk Chelsea saat melawan West Ham. Menerima bola di sayap kanan, ia mem-flicknya dengan sentuhan pertama sambil memutar badan  dan terus menjaga bola tetap berada di udara dengan dua sentuhan lainnya. Setelah itu, ia menuntaskannya dengan sebuah tendangan voli keras yang menembus sudut atas gawang Shaka Hislop dan membuat kami unggul 3-1.

Hernan Crespo - 2005

Di laga perdananya di Premier League, tim yang baru saja meraih promosi, Wigan Athletic tampaknya akan bisa mencuri satu poin dari juara bertahan Chelsea hingga sebuah tendangan geledek dari pemain berseragam biru, Hernan Crespo, tercipta di menit-menit akhir masa perpanjangan waktu. Pemain asal Argentina ini menerima umpan flick Didier Drogba di sudut kanan kotak penalti Wigan dan melakukan beberapa sentuhan sebelum melepas tendangan keras dengan kaki kirinya yang menembus sudut atas gawang kiper Mike Pollit sekaligus memberikan kemenangan di menit-menit akhir.

Didier Drogba - 2009

Kala menjamu Hull City di laga kandang pertama kami di musim 2009/10,  sepertinya laga akan berakhir mengecewakan hingga Didier Drogba bertukar umpan dengan Deco lalu menusuk ke kiri lapangan dan, dari sudut yang nyaris mustahil, mengangkat bola ke atas kiper Boaz Myhill dan masuk ke sudut jauh. Terlepas dari apakah striker Pantai Gading itu memang berniat menembak atau mengumpan rekannya, akhirnya bola cungkilannya itu memberikan kemenangan 2-1 bagi the Blues dalam proses menjuarai Premier League dengan selisih satu poin.

Andre Schurrle - 2014

Chelsea mengirim pesan serius di laga pembuka musim 2014/15 ketika membalikkan ketertinggalan dan menang 3-1 di markas tim promosi, Burnley. Laga itu dihiasi dengan sebuah pergerakan brilian tim di pertengahan babak pertama yang melibatkan 25 operan yang memporak-porandakan pertahanan Burnley dan dipungkasi dengan umpan terobosan Cesc Fabregas ke jalur pergerakan Andre Schurrle yang tengah berlari, yang kemudian menuntaskannya menjadi gol kedua kami.

Diego Costa - 2016

Laga pembuka Chelsea kontra West Ham di musim 2016/17 tampaknya akan berakhir imbang 1-1 ketika Diego Costa menerima bola dengan membelakangi gawang dalam jarak 25 yard dari gawang. Situasi itu memang tidak membahayakan tim tamu namun setelah itu mereka gagal menutup ruang si striker bertubuh besar itu, yang memungkinkannya berputar dan melepaskan tembakan drive rendah dengan kaki kanannya yang masuk ke sudut bawah gawang sekaligus memberikan kemenangan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA