Wawancara

Cesar Azpilicueta Tentang Pelajaran dari Hasil yang Sulit Diterima

Cesar Azpilicueta menekankan bahwa Chelsea tidak mendapat hasil yang sepantasnya di Old Trafford usai takluk 4-0 dari Manchester United.

Brace dari Marcus Rashford dan dua gol lain dari Anthony Martial dan Daniel James membuat the Blues harus menelan kekalahan di pekan pertama Premier League, meski kapten kami yang kelahiran Spanyol ini merasa ada banyak alasan untuk tetap optimis terlepas dari hasil laga ini.

Tim tamu tampil lebih tajam dan lebih enerjik dibanding United di sepanjang babak pertama. Hingga laga usai pun kami lebih unggul dalam penguasaan bola dan peluang. Namun, tuan rumah lebih tajam di depan gawang dan kesalahan lini belakang kami pun mendapat hukuman yang seberat-beratnya.

“Kami tentu sangat kecewa dengan hasil ini karena kami mengendalikan permainan, terutama di babak pertama, dan menciptakan banyak peluang namun gagal mencetak gol,” kata Azpilicueta.

“Skor yang sulit diterima tapi kami tidak tajam di kotak penalti dan setelah kami kemasukan dua gol dalam dua menit, segala sesuatunya menjadi sulit untuk kami.”

“Sejak titik itu, kami bermain lebih terbuka dan lebih banyak memberi mereka ruang, mereka jadi lebih percaya diri dan pada akhirnya kami mendapat hasil yang sulit diterima. Kami layak mendapatkan hasil yang lebih baik tapi inilah hasilnya dan kami harus segera melupakannya.”

Bermain dengan pemain-pemain starter dengan rata-rata usia termuda di Premier League sejak bertahun-tahun lalu, Frank Lampard memberikan kesempatan kepada pemain-pemain seperti Tammy Abraham dan Mason Mount menyusul penampilan positif mereka di pramusim. Ini jelas sebuah awal yang luar biasa namun Azpilicueta menekankan bahwa ini adalah pendekatan yang benar, di tahap ini, dalam rangka membuat talenta-talenta muda kami nyetel dengan tim.

“Kami percaya pada mereka dan mereka ada di sini karena memang layak ada di sini,” sambungnya. “Mereka berjuang di setiap sesi latihan dan sekarang kami punya kesempatan yang sangat bagus untuk menciptakan grup yang fantastis. Setiap orang ingin memulai musim ini dengan cara yang lebih baik tetapi kami harus belajar dari setiap laga dan kembali lagi dengan lebih kuat.”

Kini perhatian langsung tertuju ke laga tengah pekan di laga penutup kompetisi Eropa yang diselenggarakan setiap tahun, antara juara Liga Champions dan Liga Europa. Liverpool sudah menanti di Istanbul dan Azpilicueta tahu bahwa mereka harus cepat mengambil pelajaran dari laga di Manchester selagi mempersiapkan diri untuk menghadapi pasukan Jurgen Klopp.

“Chelsea selalu berjuang untuk segalanya jadi ketika kami tidak memang maka kami tahu akan ada banyak pertanyaan di sekitar kami tapi kami harus menghadapi itu,” sambung si bek.

“Kami harus belajar dari laga itu, kami tahu bahwa kami bisa lebih baik lagi dan kami harus mengambil tanggung jawab. Ada trofi untuk diperjuangkan pada Rabu, melawan tim yang bagus, jadi kami harus siap.”

BACA: PANDANGAN FRANK LAMPARD TENTANG LAGA DI OLD TRAFFORD

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA