Berita

Chelsea versus Liverpool di Piala Super UEFA: Kapan, di Mana, dan Persiapannya

Chelsea akan berhadapan dengan Liverpool di panggung Eropa dalam ajang Piala Super UEFA, yang untuk pertama kalinya mempertemukan dua klub Inggris, di Turki tengah pekan ini.

The Blues berniat bangkit dari kekalahan di Old Trafford Minggu lalu dan tak ada kesempatan yang lebih baik dari laga besar di Eropa. Berikut ini kami sajikan pratinjau mengenai hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang laga ini…

Kapan Piala Super UEFA ini digelar?

Laga ini akan dilangsungkan pada Kamis, 15 Agustus pukul 02.00 WIB.

Apa itu Piala Super UEFA?

Piala Super digelar di awal setiap musim, mempertemukan juara Liga Europa dan juara Liga Champions. Liverpool mendapat tiket ke laga ini setelah menang atas Tottenham di Madrid, sementara the Blues berhak berlaga di Turki usai menang telak 4-1 atas Arsenal di Baku.

Jika skor tetap berimbang setelah 90 menit, maka permainan akan dilanjutkan dengan babak tambahan, dan adu penalti jika diperlukan.

Bagaimana sejarah kompetisi ini?

Pertama kali diadakan pada 1973, penutup kompetisi sepak bola Eropa ini pada awalnya menggunakan sistem dua leg hingga 1997. Kontes pertama diadakan di San Siro, Milan. Dari 1998 hingga 2012, Piala Super selalu diselenggarakan di Stade Louis II, Monaco. Chelsea tampil di kedua tahun tersebut.

Laga final tahun ini digelar di mana?

Besiktas jadi tuan rumah untuk Piala Super tahun ini, yang digelar di Istanbul, kota perbatasan antara Eropa dan Asia yang melintasi Selat Bosphorus. Stadion yang berkapasitas 41.000 tempat duduk itu resmi dibuka pada April 2016.

Video Assistant Referee (VAR) akan digunakan untuk pertama kalinya di Piala Super. Stephanie Frappart akan jadi perempuan pertama yang menjadi penengah laga final kompetisi sepak bola pria UEFA.

Bagaimana persiapannya?

Persiapan untuk pertandingan sesama klub Inggris kedua ini akan dilanjutkan di Besiktas Park Stadium pada Selasa sore dalam sebuah sesi latihan terbuka di ibu kota Turki. Sebelum itu, Lampard dan dua pemainnya akan mengadakan konferensi pers di stadion tersebut.

Pertemuan terdahulu antara Chelsea dan Liverpool di Piala Super

The Blues sudah tiga kali tampil di final Piala Super, terakhir pada 2013 ketika Bayern Munich mengalahkan kami lewat adu penalti di Praha. Semusim sebelumnya, menyusul kemenangan kami atas klub Jerman itu di Liga Champions, kami dipertemukan dengan Atletico Madrid, di mana hat-trick Falcao memberikan kemenangan 4-1 bagi klub asal Spanyol itu.

Satu-satunya penampilan kami sebelumnya, pada 1998, berakhir dengan kemenangan. Kala itu kami terbang ke Monaco di bawah komando Gianluca Vialli untuk berhadapan dengan Real Madrid-nya Guus Hiddink. Gol Gus Poyet tujuh menit jelang bubar sudah cukup untuk mengamankan trofi.

Liverpool akan bermain di ajang ini untuk kali keenam. Sebelum di Istanbul, mereka tampil pada 1977, 1978, 1984, 2001, dan 2005. Piala Super 2019 ini adalah partai pertama yang mempertemukan dua klub asal Inggris dan kedelapan secara keseluruhan yang menghadapkan dua klub dari negara yang sama.

Kabar tim

N’Golo Kante mungkin bisa tampil sejak menit pertama untuk Chelsea setelah dalam laga di Old Trafford pria Prancis itu tampil selama 17 menit. The Blues juga mendapat tambahan amunisi dengan kembalinya Antonio Rudiger dan Willian. Mendekati akhir pekan lalu, kedua pemain ini sudah makin sering berlatih di Cobham.

Sepertinya Frank Lampard akan lebih banyak berbicara soal kebugaran pemain ketika menghadiri konferensi pers di Besiktas Park Stadium pada Selasa malam pukul 21.15 WIB.

Jurgen Klopp juga mengonfirmasikan bahwa kiper Alisson dipastikan absen selama pekan depan menyusul cedera betis yang dialaminya saat menggebuk Norwich City dengan skor 4-1 di Premier League Jumat lalu waktu setempat. Nathaniel Clyne juga akan absen lama akibat cedera. Selain itu, seluruh pemain the Reds diperkirakan bugar.

Statistik Piala Super

Jika dihitung sejak awal tahun 2000an, laga hari Kamis dini hari ini akan jadi pertemuan ke-60 antara Chelsea dan Liverpool di semua kompetisi, yang merupakan pertemuan terbanyak antar tim Inggris di semua kompetisi di abad ke-21. Klik di sini untuk fakta dan angka selengkapnya.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA