Blog

Laga-Laga Besar the Blues Dalam Balutan Warna Hitam

Meski Chelsea baru menggunakan seragam warna hitam setelah milenium baru, warna ini cukup sering digunakan akhir-akhir ini, di antaranya dalam laga-laga penting.

Dengan diluncurkannya seragam ketiga warna hitam yang akan dipakai oleh pasukan Frank Lampard di musim 2019/20 ini, mari kita lihat kembali lima laga terbesar the Blues dalam dua dekade terakhir ketika memakai seragam hitam.

September 2002 – Blackburn Rovers

Pada laga pertama Chelsea dalam seragam hitam, brace Gianfranco Zola membantu kita mengejar ketertinggalan hingga akhirnya menang atas Blackburn Rovers di Ewood Park dalam ajang Premier League.

Keunggulan tuan rumah 2-1 saat turun minum sirna setelah sundulan si pria Italia dari jarak dekat merobek gawang mereka di awal babak kedua. Akhirnya, sebuah sepakan berpilin yang dilepaskannya 10 menit menjelang bubar berhasil menyegel kemenangan 3-2.

Chelsea menggunakan seragam ini selama dua musim, dari 2002 hingga 2004, memenangi tujuh dari sembilan laga, salah satunya mengalahkan Manchester City dengan skor 3-0 dalam lawatan terakhir kita ke Maine Road.

Agustus 2005 – Wigan Athletic

Seragam hitam berikutnya juga kita gunakan selama dua musim dan langsung digunakan di laga pertama kita musim 2005/06 ketika bertandang ke klub promosi Wigan Athletic dengan status  sebagai juara bertahan.

Namun, pertandingan tidak berjalan seperti yang direncanakan karena the Latics membuat the Blues frustrasi dengan skor kacamata hingga menit ke-92. Hernan Crespo muncul dan mengeluarkan kemampuan terbaiknya di detik-detik terakhir masa perpanjangan waktu dengan mengontrol bola di depan kotak penalti Wigan lalu melepas tendangan geledek kaki kiri yang menembus sudut atas gawang lawan.

Chelsea menang tujuh kali dari 11 laga ketika mengenakan seragam itu dan selalu menjadi juara Premier League di akhir musimnya.

Oktober 2006 - Reading

Seragam ketiga kita di musim 2006/07 berwarna hitam bergaris perak. Ini dikenakan empat kali di Premier League, yang semuanya berakhir dengan kemenangan, salah satunya berupa kemenangan susah payah dengan skor 1-0 di Reading.

Gol bunuh diri Ivan Ingimarsson jadi pembeda di laga yang lebih diingat dengan cederanya dua kiper kita. Petr Cech mengalami cedera kepala akibat berbenturan dengan Stephen Hunt sedangkan Carlo Cudicini terkapar tak sadarkan diri usai berduel dengan Ibrahima Sonko saat memperebutkan bola atas.

John Terry menggantikan peran mereka di bawah mistar gawang selama beberapa menit terakhir dalam laga di mana kedua tim harus bermain dengan 10 orang menyusul dikeluarkannya John Mikel Obi dan pemain pengganti Reading, Andre Bikey, dari lapangan.

Mei 2013 – Aston Villa

Seragam ketiga untuk musim 2012/13, yang menampilkan desain mencolok yang dideskripsikan sebagai kombinasi dari “matahari menyala kuning dan hitam”, dikenakan di laga pertama kita musim itu, di markas Wigan. Di laga itu, Eden Hazard menyempurnakan debutnya di Premier League dengan menyuplai bola bagi gol Branislav Ivanovic dan menghasilkan hadiah penalti yang dikonversi dengan sempurna oleh Frank Lampard. Chelsea pun menang 2-0.

Namun, yang paling dikenang adalah laga terakhir musim itu, di Villa Park, pada 11 Mei 2003 ketka Lampard mencatatkan namanya dalam buku sejarah Chelsea dengan menyamai kemudian memecahkan rekor 202 gol Bobby Tambling, gol terbanyak klub yang telah bertahan sangat lama. The Blues menang 2-1 di laga itu.

Mei 2017 – West Bromwich Albion

Seragam tandang Chelsea di musim 2016/17 punya desain tajam yang menampilkan warna hitam dengan strip horizontal abu-abu dan kuning menyala.

Meski bukan desain yang populer, seragam ini sangat disukai oleh para penggemar Chelsea dan terbukti memberi keberuntungan di mana kita tak pernah kalah dalam tujuh pertandingan dan memenangi enam di antaranya.

Kenangan paling mengesankan tercipta di the Hawthorns pada 12 Mei 2017 ketika Michy Batshuayi membelokkan umpan silang Cesar Azpilicueta delapan menit menjelang bubar untuk mengamankan kemenangan 1-0 atas West Bromwich Albion yang mengunci gelar juara Premier League keenam kita.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA