Wawancara

Eksklusif Cesar Azpilicueta Bagian Kedua: Menjadi Kapten, Frank Lampard, dan Akademi Chelsea

Dalam wawancara eksklusif bagian pertama kami dengan Cesar Azpilicueta kemarin, sang kapten mengutarakan pemikirannya tentang menjadi kapten tim dan mengingat saat menjadi kapten di level internasional yunior. Hari ini, dia bicara lebih banyak tentang sosok berpengaruh di masa lalu dan tentang memimpin tim muda Chelsea musim ini…

Belajar dari Frank Lampard dan John Terry

“John Terry adalah bagian dari karierku di sini, Chelsea. Dia adalah kaptennya dan aku mendapat kesempatan untuk bertemu dengannya setiap hari di dalam dan luar lapangan, melihat caranya berlatih dan caranya menghidupkan tim. Pengaruhnya sangat besar dan ini sesuatu yang perlu dipelajari dan diingat. Ini sangat membantu.”

Ada nama Frank Lampard di antara nama-nama besar pada masa itu, yang kala itu adalah wakil kapten tim. Sudah tak perlu dijelaskan lagi jika hal itu membuat Azpilicueta tahu benar apa yang menjadikan pelatih kepala kami sekarang ini sebagai seorang pemain yang luar biasa pada masanya.

Cara Lampard yang selalu siap berlatih selalu terpateri di ingatan si pria Spanyol. Dia ingat ketika melihat (mantan) rekan setimnya itu tetap berlatih seusai sesi latihan. Menendang bola lagi dan lagi untuk mengasah penyelesaiannya.

“Itu sesuatu yang bisa kulihat ketika kami berada di ruang ganti yang sama, sekarang aku bisa melihat itu dalam dirinya sebagai manajer,” imbuhnya. “Gairahnya, hasratnya untuk menang. Dia adalah seorang pemenang.”

“Aku merefleksikan hal itu dalam diriku, caraku datang kemari, Cobham. Aku mengenal klub ini dengan baik, ada banyak orang di sini, dan aku benar-benar merasa terlibat dalam keseharian klub. Aku bergairah ketika menuju lapangan latihan. Aku selalu ingin memenangi setiap bola atau apa saja dalam latihan. Aku ingin menunjukkan itu dalam pertandingan sehingga membuatku sangat bangga dapat memimpin tim.”
 

Akademi Chelsea

Dengan tim termuda sepanjang sejarah Chelsea di Premier League, peran seorang kapten yang berpengalaman menjadi lebih penting lagi di era yang baru ini.

“Ini merupakan sebuah tantangan baru dan mendapat embargo transfer adalah sesuatu yang tidak biasa,” ucap Azpilicueta.

“Kami punya banyak pemain dari Akademi dan ini sebuah tanggung jawab besar dan aku menikmati peran ini. Kami punya kesempatan untuk bermain di banyak pertandingan dan memenangi trofi, jadi tanggung jawabku adalah untuk membantu mereka semua, membuat mereka nyetel dengan tim dan percaya diri untuk menunjukkan apa yang telah tunjukkan di Akademi atau selama masa peminjaman mereka, yang mana sangat sukses.”

“Aku selalu siap membantu mereka ketika dibutuhkan. Mereka tahu aku ada untuk membantu mereka namun yang selalu kupunyai adalah gairah dan rasa lapar untuk terus menang. Dan ini tak boleh hilang dari kami.”

Bicara soal kekalahan, ini adalah salah satu tugas kapten yang harus dijelaskan ketika menghadapi awak media seusai hasil mengecewakan di lapangan.

“Sulit,” katanya.

“Terkadang aku tidak ingin berada di sana karena emosi atau perasaannya, tapi aku punya pengelaman, aku punya karakteristik untuk selalu menghadapi realita. Pada waktu ketika aku tidak ditunjuk sebagai kapten, aku menjalankan tugasku dengan baik dan sekarang kami punya tim yang muda, terkadang kita harus hadir dan ini adalah bagian dari pekerjaan.”

Itu adalah bagian dari pekerjaan, yang tak sekadar untuk mengangkat trofi di akhir musim, seperti yang dia katakan dalam wawancara bagian sebelumnya.

“Aku selalu merasa menjadi bagian dari tim baik ketika segala sesuatunya berjalan dengan baik maupun tidak,” jelasnya.

“Pertama-tama, aku akan menganalisis dan melakukan perbaikan, pertama-tama pada diriku sendiri karena aku tipe orang yang suka menang dan berusaha untuk berada sedekat mungkin dengan kesempurnaan.”

“Dengan kepribadianku, gairahku, karakterku, aku berusah memberikan pengaruh kepada siapa saja yang ada di sebelahku dalam setiap sesi latihan dan di setiap pertandingan. Ketika kami menghadapi momen-momen sulit, akulah yang pertama ada di antara penggemar dan membantu siapa saja. Kami tahu kami adalah Chelsea dan kami punya banyak tanggung jawab, baik di dalam maupun di luar lapangan, dan kita harus selalu siap setiap saat.”


- Klik untuk membeli kaus Cesar Azpilicueta di toko resmi daring  kami
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA