Pratinjau Laga

Catatan Pra Pertandingan: Wolves vs Chelsea

Liga bergulir kembali akhir pekan ini, kali ini di West Midlands. Sejarawan klub, Rick Glanvill, dan ahli statistik, Paul Dutton, sudah menyiapkan pratinjaunya...

Chelsea menang tujuh kali dari delapan pertemuan dengan Wolverhampton Wanderers di era Premier League, namun selalu gagal mengalahkan tim Old Gold ini dalam dua pertemuan terakhir di musim lalu. Sebagai hasilnya, kemenangan pada akhir pekan ini akan melipattigakan raihan poin the Blues dari tim-tim asuhan Nuno Espirito Santos, yang jarang menyulitkan.

Kekalahan di Molineux pada Desember lalu datang di akhir laju tim promosi tersebut, yang hanya bisa mencuri satu dari 18 poin yang diperebutkan. Pasukan Maurizio Sarri unggul saat turun minum namun harus membayar ketidakefektifan mereka dalam memanfaatkan peluang, dan kebobolan dua gole di fase akhir laga dari hanya dua sepakan ke arah gawang Wolves di laga itu.

Berbekal kemenangan di Carrow Road, Frank Lampard berharap timnya dapat mematahkan rentetan hasil yang kurang maksimal di kandang lawan sekaligus mengakhiri rentetan 10 laga tak terkalahkan tuan rumah di Molineux di liga – catatan terbaik mereka di kasta teratas dalam 40 taun terakhir.

Frank Lampard adalah pemain terakhir Chelsea yang mencetak gol kemenangan di markas Wolves, tepatnya pada Januari 2012, lewat sebuah penyelesaian di menit-menit akhir untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Si pencetak dua gol, Tammy Abraham

Pencetak gol terbanyak the Blues, Tammy Abraham, jadi pemain kedua yang paling banyak mencetak lebih dari satu gol untuk Chelsea dalam dua musim terakhir (80 laga). Eden Hazard pernah mengemas dua gol atau lebih sebanyak delapan kali dari 71 penampilan, sedangkan Alvaro Morata melakukannya dua kali dari 47 kali tampil.

Jika bisa mencetak lebih dari satu gol lagi akhir pekan ini, maka Abraham akan jadi pemain ketiga Premier League yang berusia 21 tahun atau kurang yang dapat mencetak dua gol atau lebih di tiga laga berturut-turut (dua pemain lainnya adalah Dele Alli, pada Januari 2017, dan Ronaldo, pada Desember 2006). Rekor si pemuda saat melawan Wolves juga impresif – tiga gol dalam dua perjumpaan dengan Wolves, semasa masih bermain untuk Bristol City.

Dua Gol Tammy di Kandang - Chelsea 2-2 Sheffield United - Unseen Extra

Mari kita lihat liputan di balik layar dari laga Chelsea kontra Sheffield United di Stamford Bridge, termasuk liputan eksklusif dari pinggir lapangan!

Rata-rata usia starting 11 the Blues yang bermain imbang dengan Sheffield United adalah 24 tahun 158 hari – tim termuda sepanjang masa yang diturunkan Chelsea di Premier League – di mana pemain asli Inggris berusia 21 tahun atau kurang pun sudah mendapat lebih banyak menit ketimbang pemain-pemain sebelumnya sejak musim 2004/05.

Mengubah peluang menjadi gol

Meski Frank Lampard senang dengan performa pemain-pemain mudanya, terutama Abraham dan Mason Mount, dia tentu akan mendorong skuatnya untuk lebih efisien dalam memanfaatkan peluang. The Blues adalah tim dengan tembakan ketiga terbanyak di liga (68) – setelah Manchester City (77) dan Liverpool (70) – namun hanya berada di peringkat lima untuk gol yang diciptakan (enam). Pengaruh Jorginho dalam mengatur serangan musim ini makin kentara dengan memulai 11 pergerakan yang berujung pada terciptanya kesempatan tembak – terbanyak di liga.

Tuan rumah laga Sabtu nanti, Wolves baru menciptakan 39 peluang, satu lebih banyak daripada tim di bawahnya, Sheffield United.

Di sisi lain lapangan, the Blues adalah tim keempat yang paling jarang menerima tembakan namun punya catatan kebobolan terburuk kedua di liga, setelah Norwich. Mungkin lawan-lawan kami makin pintar dalam menciptakan peluang tembak bersih atau di jarak dekat, dan mungkin daftar cedera pemain telah memengaruhi kesolidan dan pertahanan di lini tengah.

Wanderers direpotkan dengan Liga Europa?

Kekalahan 3-2 di markas Everton dua pekan lalu adalah laga kompetitif ke-10 Wolves musim ini. Mereka berhasil menyapu bersih keenam laga kualifikasi Liga Europa – kompetisi Eropa pertama mereka dalam 38 tahun terakhir – namun perjalanan mereka di divisi utama amatlah berbeda.

Setelah empat pertandingan Premier League, mereka belum pernah sekalipun memimpin, dengan catatan tiga kali imbang dan sekali kalah. Awal yang buruk membuat tiga dari lima gol lawan bersarang ke gawang mereka di lima belas menit pertama.

Musim lalu, Chelsea memulai liga dengan sempurna, menyapu bersih lima laga sebelum laga pertama di Liga Europa, di Yunani. Setelah itu, kami kehilangan poin di setengah dari 12 laga berikutnya di liga hingga pertengahan Desember, ketika Liga Europa istirahat.

Wolves tentu berterima kasih dengan adanya jeda internasional yang baru saja berakhir, mengingat begitu banyaknya pertandingan mereka di panggung internasional. Musim lalu, Raul Jimenez membobol gawang the Blues kandang-tandang, dan si pemain pun dalam kondisi puncak saat bergabung dengan tim nasionalnya, Meksiko. Akan tetapi, partai mereka di Argentina baru berakhir pada Rabu siang. Namun, Leander Dendoncker, yang absen di laga pertama Belgia akibat cedera, sudah bisa bermain kembali untuk menggantikan si pemain Skotlandia.

Wolves akan ditinggalkan pemain kunci mereka akhir pekan ini, yaitu bek tengah kiri Willy Boly dan bek sayap Matt Doherty. Sepertinya Adama Traore akan ditugaskan mengisi posisi Doherty, sementara pemain yang biasa menggantikan Boly, Romain Saiss, cedera, jadi Jesus Vallejo diperkirakan akan melakukan debutnya di Premier League.

Pemain Wolves, Raul Jimenez, beraksi

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA