Blog

Kandang yang Angker - Chelsea vs Klub-Klub Spanyol di Stamford Bridge

Chelsea akan berupaya mempertahankan catatan apiknya ketika menjamu klub-klub asal Spanyol di kandang di fase grup Liga Champions ketika menjamu Valencia di Stamford Bridge pada Rabu dini hari besok, yang merupakan laga pembuka petualangan kita di kompetisi ini.

The Blues sudah pernah menjamu enam klub La Liga di Stamford Bridge selama fase grup turnamen terbesar antar klub-klub Eropa ini dan tak pernah pulang dengan tangan hampa.

Real Betis – Oktober 2005

Chelsea berhasil mengalahkan Real Betis dengan skor agregat 5-2 di ajang Piala Winners pada 1998 dan kami pun kembali memetik kemenangan melawan klub asal Sevilla ini dalam satu-satunya keikutsertaan mereka di Liga Champions, di musim 2005/06.

Didier Drogba dan Ricardo Carvalho tak menyia-nyiakan kesalahan pemain lawan untuk memberi the Blues keunggulan dua gol saat turun minum. Akhirnya, laga berakhir dengan skor 4-0 berkat sebuah serangan balik yang diselesaikan oleh Joe Cole dan sebuah sundulan Hernan Crespo di babak kedua.

Barcelona – Oktober 2006

Sudah bersua dengan Barcelona di tujuh edisi Liga Champions, satu-satunya pertemuan di mana Chelsea bermain di Stamford Bridge di laga pertama terjadi di musim 2006/07 ketika the Blues tak diperkuat oleh Petr Cech dan Carlo Cudicini yang harus dilarikan ke rumah sakit seusai memenangi laga di Reading di liga, akhir pekan sebelumnya.

Kiper pilihan ketiga, Hilario, berhasil menggagalkan serangan-serangan sang juara bertahan dan Drogba sukses menciptakan satu-satunya gol di laga itu lewat sebuah aksi spektakuler di awal babak kedua. Setelah melewati Carles Puyol dengan memutar badan, dia melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau kiper Victor Valdes.

Valencia – Desember 2007

Setelah mengeliminasi Valencia dengan skor agregat 3-2 di perempat final musim 2006/07, Chelsea bertemu mereka kembali di fase grup musim berikutnya. Sempat tertinggal, mereka mampu membalikkan keadaan dan menang 2-1 di Mestalla berkat gol-gol dari Joe Cole dan Drogba.

The Blues sudah mengamankan posisi puncak grup kala menjamu Valencia di laga terakhir fase grup. Tiga poin gagal diraih akibat apiknya penampilan kiper Santiago Canizares yang melakukan sejumlah penyelamatan memukau plus sepakan Salomon Kalou dan Joe Cole sama-sama menerpa tiang gawang. Laga pun berakhir sama kuat 0-0.

Atletico Madrid – Oktober 2009

Dalam pertemuan pertama kami dengan Atletico Madrid di Liga Champions, Chelsea tampil luar biasa dan menang telak 4-0 atas klub Spanyol itu.

Salomon Kalou gagal mengonversi peluang emas di awal pertandingan namun si pria asal Pantai Gading itu menebusnya dengan menyambar umpan silang Ashley Cole tepat sebelum babak pertama berakhir dan menanduk sepak pojok Frank Lampard di awal babak kedua. Gol ketiga dicetak oleh Lampard lewat tendangan drive rendah dari jarak 25 yard. Pembantaian digenapi ketika tendangan bebas Florent Malouda disundul bek Atletico, Luis Perea, ke gawangnya sendiri di masa perpanjangan waktu.

Valencia – Desember 2011

Chelsea harus meraih kemenangan dalam laga hidup-mati kontra Valencia di laga terakhir fase grup musim 2011/12 dan berkat aksi heroik Drogba kita berhasil maju ke fase gugur.

Pemain kelahiran Pantai Gading ini meredakan ketegangan publik Stamford Bridge dengan memecah kebuntuan di menit ketiga dan menyuplai umpan yang diselesaikan oleh Ramires untuk menggandakan keunggulan kami di pertengahan babak pertama. Setelah itu, dia mencetak satu gol lagi untuk mengubah kedudukan menjadi 3-0 14 menit sebelum laga berakhir. Dalam perjalanannya, the Blues terus melaju dan sukses mengangkat trofi Liga Champions untuk kali pertama.

Atletico Madrid – Desember 2017

Atletico Madrid adalah tim terakhir yang menyambangi Stamford Bridge di fase grup, tepatnya di musim 2017/18 ketika hasil imbang 1-1 menggagalkan peluang the Blues untuk memuncaki grup.

Klub asal Spanyol itu unggul di awal babak kedua ketika mantan pemain the Blues, Fernando Torres, mem-flick sebuah tendangan sudut ke Saul Niguez, yang tak terkawal, yang menanduknya dari depan gawang.

Tekanan demi tekanan yang dilancarkan the Blues membuahkan hasil ketika umpan silang Eden Hazard dibelokkan oleh bek lawan, Stefen Savic, ke gawangnya sendiri. Gagal memenangi pertandingan, Chelsea pun harus puas berada di peringkat kedua grup di bawah Roma.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA