Laporan Pertandingan

Laporan: Chelsea 7 Grimsby 1

Stamford Bridge yang terisi penuh menjadi saksi kelolosan kami ke babak keempat Carabao Cup dan kemenangan kandang pertama yang diraih oleh Chelsea yang menurunkan banyak pemain muda berkualitas sekaligus membuktikan kualitas kedalaman skuat kami.

Sebanyak sebelas perubahan dilakukan pada susunan pemain dan meski gol-gol lahir dari pemain yang telah sering tampil, di antaranya dari Ross Barkley dan Michy Batshuayi di awal pertandingan juga Pedro dari titik putih dan Kurt Zouma yang mengemas gol keempat di babak kedua.

Tiga pemain yang menjadi starter untuk pertama kalinya bagi Chelsea menjalankan tugas mereka dengan baik.

Salah satunya adalah Reece James, yang menciptakan gol kelima kami. Meski Grimsby bisa membikin gol di babak pertama untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1, kemenangan besar ini disempurnakan oleh Michy Batshuayi dengan gol keduanya, untuk mengubah skor menjadi 6-1, dan kemudian dipungkasi oleh Callum Hudson-Odoi.

Selain itu, ada dua pemain debutan alumni Akademi yang diturunkan di babak kedua.

Di starting line-upnya, Frank Lampard memberi kesempatan kepada Reece James untuk melakukan debutnya, yang membayar kepercayaan itu dengan menyuplai dua gol dan mencetak satu gol. Selain dia, Guehi juga melakukan debutnya. Billy Gilmour juga melakoni start pertamanya di lini tengah. Hudson-Odoi juga sudah kembali beraksi sejak menit pertama usai pulih dari cedera.

Pemain-pemain senior juga turut dilibatkan di laga ini dengan adanya Willy Caballero di bawah mistar gawang dan Pedro yang memerankan tugas pemain no.10. Christian Pulisic juga diberi kesempatan menjadi starter. Di babak kedua, pemain Akademi, Maatsen dan Tino Anjorin, juga diturunkan.

Pekan ini klub League Two telah memakan korban klub London lainnya di Carabao Cup namun di laga ini terlihat sekali perbedaan kekuatan antara kedua tim, di mana Chelsea hanya butuh waktu empat menit untuk unggul. Gol tercipta secara simple dan efektif. Mendapat bola di luar kotak penalti, pemain internasional Inggris ini berlari melewati barisan pertahanan Grimsby dan tak mampu ditahan pemain lawan. Dengan target yang terbuka, dia dengan mudah memasukkan bola ke gawang, yang tak mampu dihentikan James McKeown.

Ross Barkley memulai hujan gol

Tiga menit kemudian kami unggul 2-0. Batshuayi menjebol gawang lawan lewat sebuah sepakan keras usai James menyerang dari sisi kanan dan mengoper si pemain Belgia. James mencatatkan assist pertamanya sementara Michy gol ke-20nya.

Giliran Alonso yang menembak gawang lawan di menit ke-16 lewat sebuah tendangan bebas yang masih melayang di atas mistar gawang. Setelah itu, the Mariners memperkecil ketertinggalan dengan gol terbaik malam ini. Pemain sayap, Matt Green, adalah pencetak golnya, menyelesaikan sebuah operan flick dengan menendang bola melewati Caballero.

Clean sheet dipastikan hilang. Setelah itu, Chelsea membuat peluang terbaiknya. Pencetak gol lawan, Green, mendapat kartu kuning ketika Christian Pulisic dilanggar dan menghasilkan tendangan bebas. Tendangan bebas dieksekusi oleh Pedro dan disundul Batshuayi, namun melebar.

Pulisic menguji pertahanan Grimsby dengan dua operan berbahaya dari sisi kanan. Tujuh menit menjelang turun minum, Gilmour, yang tampil rapi dan terus terlibat dalam pemainan, melepas sebuah umpan manis ke Hudson-Odoi yang, hari ini beroperasi di sisi kiri dan menembak dengan kaki dominannya, sepakannya masih bisa diblok.

Sebuah back-heel Hudson-Odoi setelah menerima umpan silang Pedro diarahkan ke Alonso yang kemudian meneruskannya dengan mengirim bola ke zona berbahaya. Chelsea berhasil mencetak gol ketiga sebelum turun minum lewat titik putih.

Kurt Zouma ditarik oleh Green saat sepak pojok dilakukan. Barkley, yang gagal mengeksekusi penalti akhir pekan lalu, namun kali ini Pedro yang jadi eksekutor. Skor pun berubah menjadi 3-1.

Pedro cetak gol dari titik putih

Peluang pertama untuk menjadikan kedudukan 4-1 di babak kedua meleset ketika sepakan Batshuayi melebar. Kami seharusnya mendapat hadiah penalti kedua namun akhirnya wasit bersikap lunak terhadap pelanggaran kepada Alonso.

Zouma, yang lima tahun lalu mencetak gol di laga debutnya, berhasil memperbesar kedudukan dengan membelokkan umpan silang James dengan kakinya yang panjang. Bek kanan ini kini sudah mengoleksi dua assist.

Sepakan produk Akademi lainnya, Hudson-Odoi, masih bisa dimentahkan oleh kiper Grimsby. Di menit ke-66, pemain debutan turun. Maatsen masuk menggantikan Alonso sebagai bek kanan dan Anjorin menggantikan Pedro sebagai gelandang. Keduanya berhasil mengancam gawang Grimsby di menit-menit akhir pertandingan.

Adalah James, dengan sebuah sepakan berpilin di menit ke-82, usai Grimby menghalau sepak pojok, yang mengubah kedudukan menjadi 5-1. Setelah itu, Batshuayi mencetak sebuah gol cantik. Masih ada waktu untuk Hudson-Odoi memberi kesan baik. Ini memang bukan malam yang menyenangkan buat pemuda 18 tahun itu karena dua situasi satu lawan satu dengan kiper gagal membuahkan gol. Namun kemudian, dia tidak memberi McKeown kesempatan dengan tendangan drive keras.
 

Tembakan Hudson-Odoi yang membuahkan gol ketujuh

Skor menjadi 7-1 dan kembali menjadi bukti atas kepercayaan Lampard kepada pemain-pemain muda.

Chelsea (4-2-3-1): Caballero; James, Guehi, Zouma, Alonso (Maatsen 66); Barkley, Gilmour; Hudson-Odoi, Pedro (k) (Anjorin 66), Pulisic, Batshuayi.
Cadangan Cumming, Tomori, Jorginho, Mount, Abraham.
Gol Barkley 4, Bathsuayi 7, 86, Pedro 43 pen, Zouma 56, James 82, Hudson-Odoi 89

Grimsby (4-4-1-1): McKeown (k); Hendrie, Davis, Pollock Gibson (Cook 70); Hewitt, Clifton (Wright 56), Hessenthaler, Green (Ogbu 63); Whitehouse; Hanson.
Cadangan Russell, Rose, Cardwell, Vernam.
Gol Green 19
Kartu Green 28

Penonton 39.674
Wasit Keith Stroud
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA