Blog

Umpan Home Run

Chelsea memang baru saja kehilangan seorang pengumpan hebat dalam diri Cesc Fabregas tapi, dalam laga kontra Newcastle United Minggu tengah malam lalu, David Luiz membuktikan bahwa kami masih punya pemain-pemain yang dapat melepas umpan panjang akurat.

Setelah menyuplai gol kemenangan yang diselesaian oleh N’Golo Kante di markas Crystal Palace bulan lalu dengan sebuah umpan lambung manis ke atas lini pertahanan the Eagles, pria Brasil ini kembali menciptakan assist brilian yang dilepaskannya tanpa melihat sejauh 50 meter. Umpannya membelah barisan pertahanan the Magpies dan jatuh ke kaki Pedro yang mengonversinya menjadi gol pembuka dalam laga yang kami menangi dengan skor 2-1 itu.

Meski bola-bola panjang tidak lagi sering digunakan oleh tim-tim Premier League, cara ini masih cukup efektif untuk membongkar rapatnya pertahanan lawan seperti yang ditunjukkan oleh pemain-pemain Chelsea berikut ini.

Frank Leboeuf

Sebagai pemain Prancis pertama yang dimiliki Chelsea, Frank Leboeuf adalah seorang bek cerdas yang juga mampu mencetak gol untuk the Blues, yang sebagian besar berasal dari titik putih.

Ia juga mampu melepas umpan-umpan panjang, seperti yang ia pertontonkan dan berhasil memberikan dampak mematikan di White Hart Lane pada Desember 1997. Umpan lambung panjang yang ia lepaskan dari tengah lapangan mengarah ke kotak penalti Tottenham Hotspur dan jatuh ke kaki Dan Petrescu, yang memvolinya ke gawang Ian Walker dan menjadi gol ketiga kami di laga yang kami menangi telak dengan skor 6-1.

Frank Lampard

Selain andal dalam mencetak gol, Frank Lampard juga jago dalam membuat assist – terutama untuk Didier Drogba di semifinal FA Cup 2009. Ia menciptakan assist untuk gol kemenangan kami di menit-menit akhir saat melawan Arsenal dengan melambungkan bola di 20 meter wilayah permainannya sendiri ke Drogba, yang berhasil menang adu lari dengan bek the Gunners, melewati kiper Lukasz Fabianski dan membobol gawang lawan.

Tiga tahun kemudian, melawan Tottenham, ia bahkan berada lebih jauh lagi di wilayah pertahanan ketika melepaskan umpan panjang spektakuler ke Drogba. Setelah mengontrol bola dengan dadanya, si pemain kelahiran Pantai Gading itu berbalik badan dan melepas tembakan keras yang menjadi gol pembuka dari kemenangan 5-1 kami.

Ashley Cole

Umpan ini memang tidak ia sengaja, tetapi assist dari Ashley Cole ini adalah salah satu assist paling dikenang di klub, di Nou Camp pada April 2012. Di tengah hujan serangan Barcelona di menit-menit akhir laga semifinal Liga Champions, bola jatuh ke kaki Cole yang langsung melambungkan bola, dari wilayah pertahanannya, ke Fernando Torres yang berdiri di garis tengah lapangan. Torres menerima bola di 20 meter terakhir, tanpa ada pemain Barca di sana, berlari sendirian, melewati kiper Victor Valdes dan sukses mengunci tiket ke final.

Cesc Fabregas

Setelah bergabung dengan the Blues pada 2014, Cesc Fabregas dan Diego Costa menciptakan pemahaman yang sangat apik dan menghasilkan beberapa gol yang membantu kami menjuarai Premier League. Salah satu yang terbaik datang saat melawan eks klub Fabregas, Arsenal, pada Oktober 2014. Melihat pergerakan rekannya, Fabregas melepas umpan lambung jitu dari 10 meter di wilayah pertahanannya sendiri ke arah Diego Costa. Setelah mengontrol dengan dada, Costa mengangkat bola ke atas kiper Wojchiech Szczesny untuk menyegel kemenangan 2-0.

Nemanja Matic

Sekarang ia memang bermain untuk Manchester United, tetapi Nemanja Matic memegang peran kunci saat Chelsea menggulung the Red Devils di Stamford Bridge pada Oktober 2016. Ketika pertandingan belum genap berjalan 30 detik, pria kelahiran Serbia ini mengirim bola dari sisi kiri tengah lapangan Chelsea ke depan kotak penalti lawan. Bek-bek United dan David De Gea yang ragu-ragu memberikan peluang bagi Pedro untuk mengambil bola dan meceploskannya ke gawang yang kosong.

N'Golo Kante

N’Golo Kante mencatatkan assist pertamanya sebagai pemain Chelsea dengan sebuah umpan panjang brilian ke Eden Hazard yang menjadi gol kedua kami saat menundukkan Bournemouth dengan skor 3-1 pada April 2017.

Ketika the Cherries mencoba merespons ketertinggalan mereka dua menit kemudian, pemain asal Prancis ini berhasil merebut bola lalu melepas umpan lambung akurat dari wilayah pertahanannya ke Eden Hazard yang berada di sisi kiri lapangan. Setelah berlari dan melewati bek-bek lawan, Hazard mengecoh kiper Artur Boruc dan gol.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA