Analisis

Maurizio Sarri Mencari Spesialis Tetapi Melihat Potensi dari Dua Pemain Muda

Menyusul kepergian Cesc Fabregas, pelatih kepala kami mengungkap apa yang dibutuhkan oleh skuatnya, keseimbangan yang diberikan oleh Eden Hazard, dan bagaimana penilaiannya tentang Ethan Ampadu dan Callum Hudson-Odoi sejauh ini…

Dalam konferensi pers pasca pertandingan kontra Newcastle yang dimenangi oleh Chelsea kemarin, Maurizio Sarri bicara soal Jorginho yang “berada dalam masalah” selama laga kemarin, dan tidak adanya pengganti sepadan untuk posisi itu di bangku cadangan. Hal itu dijelaskan lebih terperinci oleh sang pelatih kepala kami.

Sarri berterus terang bahwa posisi gelandang tengah – yang merupakan titik tumpu permainannya – membutuhkan opsi lain setelah Cesc Fabregas pindah ke Monaco pekan lalu. Meski pemain Spanyol itu tampil sebagai starter sebanyak 10 kali musim ini, Jorginho, yang baru bermain di tahun pertamanya di sepak bola Inggris, sudah jadi pemain regular dengan 25 start, di mana 21 di antaranya dari 22 laga Premier League.

“Setelah menit ke-20, dia (Jorginho) kehilangan banyak bola dan ini sesuatu yang tidak biasa,” analisa Sarri tentang laga kontra Newcastle itu. “Jadi, rasanya ia tengah bermasalah. Mungkin dia lelah, entahlah. Tapi jika Fabregas ada di bangku cadangan rasanya Fabregas akan tampil di babak kedua menggantikan Jorginho.”

Bos kami ini menjelaskan bahwa tidak banyak area yang perlu diperkuat dan ia membenarkan bahwa Ethan Ampadu berpotensi bermain dengan cara seperti Jorginho.

“Mungkin, nanti di kemudian hari, tapi kami harus melatihnya terlebih dahulu,” tegasnya. “Pemain yang bermain di posisinya biasa menyentuh bola sekitar 120 hingga 130 kali (dalam satu pertandingan) dan kurasa kami butuh seorang spesialis di posisi itu.”

“Kami bukannya kekurangan pemain cadangan. Pada saat ini kami hanya kekurangan di satu posisi karena Hudson-Odoi sudah mengalami peningkatan. Dalam satu atau dua bulan, Hudson-Odoi akan berada di level yang sama dengan pemain-pemain lain. Saya mengharapkan hal yang sama dengan Ampadu. Tentu, bermain sebagai gelandang tengah di tim kami tidaklah mudah, kami harus terus mencoba di dalam latihan.”
 

Satu aspek yang memuaskan Sarri adalah memainkan Eden Hazard sebagai penyerang tengah.

“Bukan di babak pertama, melainkan di babak kedua, perasaanku mengatakan bahwa dia (Hazard) menikmati peran itu. Saya ingin melihat solusi dengan tiga pemain bertubuh kecil dan ini menjadi solusi yang sangat baik untuk saat ini, karena kami hampir sama berbahayanya saat menyerang dan lebih seimbang saat bertahan.”

“Kami hanya kebobolan tiga gol di enam laga terakhir, dan salah satunya dari penalti. Jadi, pada saat ini, pertahanan kami berjalan dengan sangat baik. Dan, menurut pendapat saya, salah satu alasannya adalah karena Eden bermain di posisi itu.”

“Untuk karakteristiknya yang, jelas, ia bergerak ke arah bola. Kami perlu belajar menyerang ruang atau menyerang kotak penalti dengan pemain lain. Sabtu lalu lebih baik, dengan pemain-pemain sayap yang lebih banyak menyerang ruang daripada menyerang kotak penalti. Kami mencetak gol di 10 menit pertama dengan menyerang ruang kosong di belakang lini (pertahanan lawan) melalui Pedro. Saya ingat benar, satu waktu di awal babak kedua, Willian punya situasi yang sama.”

“Jadi, sekarang sudah lebih baik. Kami perlu meningkatkan serangan di dalam kotak penalti ketika bola keluar dari sisi kotak penalti. Mustahil bagi Eden untuk tetap tinggal di kotak penalti.”
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA