Pratinjau Laga

CPP: Arsenal vs Chelsea - Poin

Untuk pekan kedua berturut-turut pasukan Maurizio Sarri berlaga pada Minggu tengah malam. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton sudah siap untuk menghadapi laga yang memungkinkan mereka untuk melakukan double di derbi ini…


POIN-POIN PENTING

Laga ini mempertemukan dua tim dari wilayah barat dan utara ibukota. Dengan baru bertandangnya Spurs ke Fulham pada hari Minggu, Chelsea berkesempatan untuk mengungguli the Lilywhites sebanyak dua poin dengan mengalahkan rival sekota dari London utara di Emirates Stadium.

The Blues, yang memiliki catatan terbaik ketiga di kandang lawan, akan menghadapi tim dengan catatan terbaik ketiga di kandang di Premier League. Bagi pasukan Maurizio Sarri, yang selalu menang di tiga laga tandang terakhirnya, ini adalah laga tandang pertama di liga pada 2019. Kemenangan di laga ini akan membuat kita melakukan double untuk kelima kalinya kepada the Gunners dalam 13 tahun terakhir.

Emirates Stadium bukanlah tempat yang angker bagi kami – tidak ada tim tamu yang meraih kemenangan di sana sebanyak tim London barat. Dalam periode itu, kami baru kalah sekali dari 14 pertemuan dengan the Gunners di liga, yaitu dengan rincian delapan kali menang dan lima kali imbang. Hanya Liverpool dan Manchester United yang lebih sering mengalahkan Arsenal di era Premier League.

The Gunners menelan kekalahan kedua beruntun mereka setelah kalah di kandang West Ham akhir pekan lalu, namun antara Natal dan Tahun Baru, penampilan apik mereka di kandang membuahkan kemenangan atas Burnley dan Fulham. Laga ini sangat penting bagi kedua tim karena memperebutkan posisi empat besar.

Chelsea baru kemasukan 17 gol di Premier League musim ini – 15 lebih sedikit ketimbang Arsenal (32).

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Pasukan Maurizio Sarri tak pernah kalah di empat laga terakhir di liga setelah sebelumnya kalah tiga kali dari enam laga. Arsenal malah belum pernah menang di lima laga tandang mereka di Premier League, tetapi, mereka tak terkalahkan di 10 laga kandang terakhir.

Hasil akhir pekan lalu memperlebar jarak antara the Blues dengan the Gunners menjadi enam poin, terbanyak sejak pertengahan September. Posisi tim London barat selalu berada di atas tim Unai Emery sepanjang musim ini, meski selisih poin dan selisih gol kedua tim mendekat menjadi empat poin di awal November.

Poin kedua klub sempat sama pada malam Natal, tetapi kemenangan di laga ini akan membuat pasukan Sarri menjauh hingga sembilan poin dan akan memberikan dampak psikologis dalam perebutan zona Liga Champions.


Ketika umpan Eden Hazard ke Willian dikonversi menjadi gol kemenangan ketika melawan Newcastle, catatan itu menjadikan si pemain Belgia sudah mengantongi jumlah assist dan gol sebanyak dua digit setelah liga berjalan 22 laga. Dia adalah pemain tercepat yang bisa melakukannya sejak pemain the Blues yang baru saja pergi, Cesc Fabregas mencatatkannya di musim 2009/10, ketika ia masih bermain untuk tuan rumah laga akhir pekan ini.

Gol-gol yang diciptakan oleh si pemain Belgia di liga musim ini telah membuahkan 10 poin, sementara di kubu lawan ada Pierre-Emerick Aubameyang yang telah memberikan 12 poin bagi Arsenal, terbanyak di antara pemain lain di Premier League musim ini.

Top skor Premier League 

Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal)  14
Harry Kane (Tottenham)  14
Mohamed Salah (Liverpool)  14
Eden Hazard (Chelsea)  10
Sergio Aguero (Man City)  10
Richarlison (Everton)   9
Raheem Sterling (Man City)  9
Calum Wilson (Bournemouth)  9


Pekan lalu, David De Gea berhasil menghentikan serangan-serangan Tottenham dengan melakukan 14 penyelamatan ketika Man United menang di liga akhir pekan lalu. Ia menyamai rekor yang dicatatkan oleh Tim Krul (saat Newcastle menghadapi Spurs pada 2013), yang juga dibukukan oleh kiper Sunderland Vito Mannone, yang membuat Chelsea frustasi dan kalah 1-2 pada April 2014.
 


KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI AKHIR PEKAN INI…

Enam menjadi sembilan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA