Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Southampton - Poin

Stamford Bridge membuka tahun baru dengan menjadi tuan rumah laga antara tim posisi empat teratas melawan tim posisi empat terbawah. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton melanjutkan catatannya untuk menyambut laga dini hari nanti…


POIN-POIN

Dua kemenangan tandang the Blues sejak kalah dari tuan rumah Leicester menutup Desember dengan baik: enam kemenangan, satu kali imbang, dua kali kalah dari sembilan laga di semua kompetisi. Masih ada 54 poin yang diperebutkan dari malam ini hingga Mei nanti.

Meski pelatih Southampton, Ralph Hasenhuttl belum pernah melawan Chelsea bersama tim yang ia tukangi, ia sudah pernah berhadapan dengan tim besutan Maurizio Sarri, Napoli ketika masih menangani RB Leipzig di babak 32 besar Liga Europa tahun lalu. Saat itu Leipzig menang karena lebih produktif di kandang lawan.

Sejak menangani the Saints, Hasenhuttl menang dua kali dan kalah tiga kali. “Periode terpenting kami di musim ini akan datang pada Januari dan Februari, setelah laga kontra Man City dan Chelsea,” akunya akhir pekan lalu, “dan kami harus siap.”

Tim the Hampshire itu belum pernah meraih clean sheet di 10 laga di divisi utama, tetapi khusus untuk laga melawan the Blues sendiri, catatan tersebut menjadi 17 laga. Di laga ini, pasukan Sarri mengincar kemenangan kedelapan beruntun dari tim-tim yang bermarkas di Pesisir Selatan.

Chelsea selalu memenangi ketujuh pertarungannya dengan Southampton di semua kompetisi, dengan hanya sekali gagal mencetak lebih dari dua gol.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Di awal bulan Januari ini kami bisa membandingkan performa Chelsea di tahun 2018 dengan enam tahun sebelumnya. Selama 12 bulan ke belakang, kami memainkan laga terbanyak kami, dengan raihan kemenangan terbaik keempat, dan clean sheet terbanyak kedua.

Menurut catatan OPTA, Eden Hazard menutup tahun 2018 dengan predikat pemain yang paling banyak mengkreasikan peluang di Premier League untuk tahun tersebut, yaitu sebanyak: 101 peluang, 23 lebih banyak ketimbang pemain di urutan kedua, Christian Eriksen (Tottenham).

Si pemain Belgia mengemas 21 gol tahun lalu dan bahkan melakoni penampilan tertajamnya selama ini di liga. Ia memang sudah pernah mengemas dua digit gol di empat musim sebelumnya – di musim 2013/14, 2014/15, 2016/17, dan 2017/18 – tetapi catatan itu selalu baru tercapai pada Februari.


Top skor Premier League

Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) 13
Harry Kane (Tottenham) 13
Mohamed Salah (Liverpool) 13
Eden Hazard (Chelsea) 10
Sergio Aguero (Man City) 9
Richarlison (Everton) 9
Raheem Sterling (Man City) 9
 

Kepa Arrizabalaga mencatatkan clean sheet kesembilannya dalam laga di Selhurst Park, di laga ke-20nya di liga. Belum lagi ditambah dengan umpan ciamik yang ia lepaskan ke Ross Ross di wilayah pertahanan Palace ketika si kiper ditekan oleh pemain depan lawan dan sepakan sejauh 60 yard yang mendarat tepat ke jalur pergerakan Marcos Alonso.

Bursa transfer Januari kini dibuka hingga tanggal 31. Di bursa transfer musim dingin sebelum-sebelumnya, Chelsea mendatangkan pemain-pemain seperti Demba Ba, David Luiz, Nemanja Matic dan Fernando Torres, sementara tahun lalu mendaratkan Ross Barkley, Olivier Giroud dan Emerson Palmieri.

Di sisi lain, Juan Mata meninggalkan Stamford Bridge pada 2014, Branislav Ivanovic, John Mikel Obi dan Oscar pergi pada 2017, serta, tahun lalu, kepindahan Diego Costa ke Atletico Madrid diselesaikan.

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI DINI HARI NANTI…

Mengawali 2019 dengan kemenangan…

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA