Analisis

Maurizio Sarri: Bekerja Seperti Biasa

Maurizio Sarri menegaskan bahwa tidak ada waktu untuk meratapi kekalahan di kandang Arsenal kemarin karena tim harus sudah mempersiapkan diri menghadapi Tottenham di leg kedua semifinal Carabao Cup.

Bos the Blues mengekspresikan kekecewaannya menyusul kekalahan 2-0 dari the Gunners, tetapi ia sudah menjelaskan apa yang ia harapkan dari para pemainnya dan ia akan mengerahkan semua kemampuannya untuk memastikan suasana yang baik di Cobham menjelang laga penting beberapa hari lagi.

"Saya cukup konsisten dengan pendekatan saya, dalam arti saya senang ada atmosfer yang baik," ujar si pria Italia. "Saya suka ketika para pemain permainan mereka karena saya rasa jika mereka menikmati permainan mereka di atas lapangan, maka peluang kami untuk menang akan lebih besar dan itu juga merupakan sebuah pengalaman yang bisa dinikmati."

"Namun, saya juga menuntut dalam arti kami harus memiliki sikap dan pendekatan yang benar dan hampir pasti kami harus menunjukan tekad di level yang sama persis atau di atas tekad lawan."

Sarri menjelaskan bagaimana ia tak pernah meragukan talenta para pemain di skuatnya, meski telah kehilangan beberapa pemain kami yang paling berpengalaman dan paling sukses dalam beberapa tahun terakhir. Dan, ia akan melakukan segalanya untuk mengeluarkan yang terbaik dari mereka.

“Ketika saya datang ke sini, saya menyadari bahwa kelompok ini punya potensi besar, itu tak diragukan lagi, jadi rasanya tidaklah benar jika saya bicara bahwa tidak puas dengan apa yang saya temukan ketika datang,” tegasnya.

“Saya tahu tim ini baru saja melewati musim yang cukup mengecewakan dan dalam beberapa tahun terakhir, mereka kehilangan beberapa pemain yang sangat penting, yang bisa saya sebut sebagai titik acuan klub ini. Jelas, menurut saya, tim ini punya potensi besar dan itulah yang perlu saya latih.”

Sarri kemudian bicara soal potensi kemunculan pemimpin baru di skuatnya, yang dapat membantunya menularkan ide-idenya ke rekan-rekannya.

“Saya rasa kami punya pemimpin-pemimpin,” katanya. “Saya rasa kami bahkan punya seseorang yang mampu mewujudkan karakteristik yang saya katakan. Tetapi, saya rasa kami harus mengubah mental kami dan saya rasa kelompok pemain yang kami punyai memiliki kemampuan dan karakteristik untuk berubah.”

Merujuk kembali pada komentar yang ia utarakan setelah kekalahan kemarin, Sarri menjelaskan bagaimana caranya untuk selalu membagikan pikirannya dan mengharapkan respons yang benar dari para pemain di tengah usaha untuk membalikkan ketertinggalan satu gol dari Spurs di leg pertama dan di sisa musim ini.

“Saya tidak merasa ini berisiko karena pemuda-pemuda ini adalah orang-orang yang cerdas,” katanya. “Pertama-tama, saya berkata para pemain sulit dimotivasi, tetapi di saat bersamaan, saya merasa ada pemain-pemain yang bijaksana, yang akan mendengar dan tidak akan salah tangkap. Mungkin ada sedikit risiko, tetapi saya pikir tidak ada.”

“Inilah karakter saya. Saya bicara langsung ke poinnya dan inilah cara bicara saya. Terkadang ketika Anda berbicara seperti ini bisa menimbulkan sedikit kekecewaan, tetapi tidak menyebabkan kepahitan yang berkepanjangan atau semacamnya.”

Soal apakah ia melihat perlunya perubahan besar-besaran, Sarri menambahkan: “Saya seorang pengajar yang baik untuk sepak bola ini dan saya rasa itu bukan ide yang baik jika aku berusaha mengajar pemain-pemainku untuk memainkan gaya sepak bola yang berbeda. Mungkin akan ada sejumlah perubahan, tetapi tidak aka nada perubahan besar dalam cara main kami.”
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA