Analisis

50 Gol Willian

Dengan kesuksesannya mengeksekusi penalti kemarin, Willian kini sudah mengoleksi lima puluh gol untuk Chelsea, dan di akhir laga kompetisi piala domestik yang berakhir dengan kemenangan di Stamford Bridge, ia bahkan menambah satu gol lagi lewat tembakan first-time.

Pas sekali jika prestasinya itu dengan gol dari bola mati dan penyelesaian dari jarak jauh. Saat membayangkan gol-gol yang dicetak oleh Willian, pada umumnya gol tersebut berupa tendangan jarak jauh, terutama tendangan bebas.

Dari 50 gol yang ia ciptakan untuk Chelsea, 22 di antaranya dilesakkan dari luar kotak penalti. Gol pertamanya dicetak di kandang, melawan Stoke City, sementara gol keduanya lahir di ajang FA Cup, melawan Watford pada Januari 2015. Ketika musim gugur berubah menjadi musim dingin tahun itu, keenam gol yang ia ciptakan pada periode itu berasal dari tendangan bebas.

Kini Willian sudah mencetak 10 gol di FA Cup dan menjadikannya sebagai pemain dengan koleksi terbanyak keempat sejak pertama kali tampil di kompetisi itu pada 2014. Gol yang paling berkesan adalah tendangan bebas dan penalti melawan Spurs di semifinal dua tahun lalu. Selain itu, ada Brentford, Hull, dan Manchester City juga merupakan korban lainnya dari pria 30 tahun ini di kompetisi piala domestik. Kini Sheffield Wednesday bisa ditambahkan ke daftar tersebut.

“Permainan yang bagus dari kami. Kurasa kami layak lolos ke babak berikutnya,” kata Willian menyusul kemenangan kemarin.

“Kami harus melanjutkan dengan cara yang sama. Kami tidak bisa tidak konsisten. Kami harus stabil dan terus seperti itu.”

Willian sempat menawari Gonzalo Higuain, yang melakoni debutnya, untuk mengambil tendangan penalti tetapi ditolak dan akhirnya si pemain Brasil itu sendiri yang mengeksekusinya.

Gol keduanya tercipta lewat kombinasi dengan Olivier Giroud yang menggantikan Higuain. Memiliki dampak mematikan di ruang sempit sudah lama jadi ciri khas dari permainan Willian. Meski dikepung oleh banyak pemain lawan, ia masih bisa memasukkan bola ke sudut bawah gawang lawan.

Sejak bergabung dengan the Blues, Willian semakin tajam dari tahun ke tahunnya dan musim lalu mengemas total 13 gol di semua kompetisi. Tahun ini, koleksi golnya masih jauh untuk melewati catatan golnya itu, karena baru mengemas tujuh gol sejauh ini. Tetapi dengan tiga gol yang sudah ia bukukan di tahun 2019, peluangnya untuk menciptakan lebih banyak gol sangat terbuka.


Rincian ke-51 gol Willian untuk Chelsea

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA