Berita

Perjalanan Menuju Kesuksesan

Setelah berhasil mengangkat trofi FA Cup Mei lalu, kini Chelsea akan berusaha menjadi tim ketiga yang bisa menjuarai kompetisi ini sebanyak sembilan kali ketika mengawali perjalanan mempertahankan gelar juara di kompetisi sepak bola tertua di dunia ini dengan menghadapi Nottingham Forest akhir pekan ini.

Berkat kemenangan 1-0 atas Manchester United di final tahun lalu, kini kami sejajar dengan Tottenham Hotspur dengan delapan trofi FA Cup, hanya kalah oleh Arsenal (14) dan United (13).

Di tengah persiapan the Blues untuk menghadapi Forest dan mencapai babak keempat kompetisi ini untuk ke-21 kali berturut-turut, mari kita lihat bagaimana kesuksesan kami dalam mengawali kompetisi ini kandang lawan selama delapan musim terakhir yang berakhir dengan kesuksesan.

Birmingham City – 1969/70
Birmingham City menyingkirkan Chelsea di perempat final tahun 1968 namun kami bisa membalasnya di Stamford Bridge pada Januari 1970. Tandukan Peter Osgood membuat kami unggul hingga turun minum. Di babak kedua, pemain yang sama menjadi kreator bagi gol Ian Hutchinson yang diceploskan dari jarak dekat. Menjelang akhir laga, Hutchinson mencetak gol keduanya untuk menyempurnakan kemenangan menjadi 3-0 sementara Osgood mengukuhkan diri sebagai pemain terakhir yang selalu bisa mencetak gol di setiap babak dalam perjalanan kami mengangkat trofi FA Cup untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

West Bromwich Albion – 1996/97
Kami memulai musim yang sukses ini dengan melawan klub yang berlaga di kasta kedua, West Bromwich Albion pada Januari 1997 dan sudah unggul di menit ke-39 melalui sebuah penyelesaian apik dari kapten Dennis Wise. Craig Burley kemudian sukses memanfaatkan umpan terobosan cantik Roberto Di Matteo di menit ke-74 sebelum kemudian Gianfranco Zola mengubah kedudukan menjadi 3-0 dengan mensontek bola pantul hasil sepakan Gianluca Vialli yang mengenai mistar gawang.

Hull City – 1999/2000
Chelsea tampil di Liga Champions sedangkan Hull City berkompetisi di kasta keempat ketika keduanya berhadapan di Boothferry Park pada Desember 1999. The Tigers membuat pendukung mereka bersorak setelah David Brown memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 di fase akhir babak pertama. Keunggulan dua gol kami diperoleh dari Gustavo Poyet dan Chris Sutton. Di babak kedua, Poyet mencetak hat-trick dengan mengemas dua gol lagi. Di Matteo dan Wise masing-masing mencetak satu gol untuk menggenapi pembantaian 6-1.

Macclesfield Town – 2006/07
Para pendukung Macclesfield Town merasa seperti mimpi ketika John Murphy membuat klub League Two ini menyamakan kedudukan ketika menghadapi juara bertahan Premier League di Stamford Bridge pada Januari 2007. Namun, mereka harus menghadapi kenyataan pahit ketika Frank Lampard mencetak gol keduanya dan mengonversi tendangan penalti 90 detik kemudian yang menjadi hat-trick pertamanya di Chelsea. Shaun Wright-Phillips, John Mikel Obi dan Ricardo Carvalho juga mencatatkan namanya dalam kemenangan 6-1 itu.

Southend – 2008/09
Sebuah gol telat yang dicetak di Stamford Bridge membuat Southend memaksakan partai ulang melawan Chelsea dan tampil mengejutkan ketika Adam Barrett membuat mereka unggul cepat di Roots Hall. Namun demikian, kepercayaan diri para pemain the Blues terpulihkan setelah Michael Ballack menyamakan kedudukan lewat sebuah tendangan setengah voli yang menembus bagian atas gawang lawan di menit terakhir babak pertama. Kami akhirnya menjauh di babak kedua lewat gol-gol dari Salomon Kalou, Nicolas Anelka dan Lampard dan mengunci kemenangan 4-1.

Watford – 2009/10
Usai mengangkat trofi FA Cup pada 2009, kami memulai perjalanan mempertahankan gelar ini dengan membantai klub Championship, Watford. Laga ini sejatinya sudah usai di pertengahan babak pertama usai gol Daniel Sturridge, gol bunuh diri dari John Eustace dan sepakan Yuri Zhirkov yang mengenai Florent Malouda dan gol membuat kami unggul tiga gol dalam waktu 22 menit. Lampard mencetak sebuah gol ciamik di babak kedua lalu ditambah dengan sontekan Sturridge yang menjadi gol keduanya sekaligus mengunci kemenangan dengan skor 5-0.

Portsmouth – 2011/12
Dalam sebuah laga ulang di final tahun 2010, klub Championship, Portsmouth membuat the Blues frustasi hampir sepanjang laga di Stamford Bridge sebelum akhirnya kami berhasil memastikan kelolosan ke babak keempat. Juan Mata membelokkan umpan silang mendatar Florent Malouda untuk membuat kami unggul di menit ke-48 tapi John Terry harus mengumpankan kepalanya untuk menghalau bola sebelum akhirnya kemenangan bisa diamankan di menit-menit akhir, ketika Ramires menambah dua gol dan ditutup dengan sebuah gol Lampard di masa injury time untuk mengubah kedudukan menjadi 4-0.

Norwich – 2017/18
Tim Championship, Norwich berhasil memaksakan laga ulang dan penalti di babak ketiga musim lalu. Usai bermain imbang di Carrow Road, the Canaries membatalkan kemenangan kami di partai ulang dengan gol Jamal Lewis di akhir masa perpanjangan waktu di Stamford Bridge – meniadakan keunggulan kami dari gol Michy Batshuayi. Meski harus bermain dengan sembilan pemain – setelah Pedro dan Alvaro Morata diusir wasit di babak tambahan – Chelsea akhirnya maju ke babak keempat untuk tahun ke-20 beruntun usai menang 5-3 dalam adu penalti.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA