Berita

Cudicini: Ikut Untuk Menjadi Juara

Jelang laga kontra Tottenham di leg pertama semifinal Carabao Cup, asisten pelatih kami, Carlo Cudicini menegaskan tekad Chelsea untuk menjadi kampiun di kompetisi ini musim ini…

Pernah membela kedua tim semasa masih menjadi pesepak bola, pria Italia ini tahu benar intensitas derbi London antar kedua tim ini dan ia pun sadar betul ancaman yang bisa diberikan oleh pasukan Maurizio Sarri. Tapi, mudah-mudahan kemenangan atas Nottingham Forest di FA Cup bisa menambah motivasi kami untuk meraih hasil positif di Wembley pada Rabu dini hari.

“Di periode ini, laga demi laga datang begitu cepat dan ini bagus karena ini berarti kami masih bermain di semua kompetisi,” ungkap Cudicini usai kemenangan 2-0 Sabtu lalu. “Dalam beberapa hari, kami punya laga yang sangat penting, kami perlu istirahat sebentar untuk mengembalikan energi kami lalu bermain lagi karena ini jelas merupakan sebuah kompetisi yang ingin Anda lalui sejauh mungkin ketika sudah mencapai semifinal. Tentu saja kami tahu level lawan kami (di tahap ini).”

Cudicini jadi bagian dari skuat Chelsea yang menjuarai League Cup 2005 dan 2007. Trofi yang disebut pertama menjadi pembuka jalan dalam meraih trofi Premier League pertama kami. Ia pun paham benar dampak positif yang diperoleh dari raihan gelar juara.

“Selalu penting untuk memenangi trofi pertama di musim kompetisi,” ungkapnya. “Anda berkesempatan memenanginya pada Februari dan ini bisa membantu dalam mengakhiri musim dengan lebih baik lagi. Sebagai sebuah klub, kami menganggap semua trofi adalah penting dan kami punya peluang untuk maju ke final dan tentunya kami ingin tampil dengan baik.”

Cudicini – kini menjabat sebagai asisten kepala pelatih tim utama – membagikan pemikirannya tentang bagaimana kinerja Maurizio Sarri di paruh pertama musim ini bersama Chelsea dan juga menjelaskan bagaimana manfaat yang ditawarkan oleh sosok sepertinya dan Gianfranco Zola dari pengalaman mereka terhadap sepak bola level teratas di Inggris.

“Selalu sulit bagi manajer untuk datang, mengubah, dan menjadi bagian dari Premier League,” katanya. “Divisi ini adalah salah satu dari begitu banyak laga dan tantangan di kompetisi ini sangat tinggi.”

“Aku beruntung bisa bekerja bersama Antonio Conte sebelum ini dan sekarang bersama Maurizio Sarri. Inilah perbedaan besar dari negara lain, jadi dibutuhkan sedikit waktu untuk memahami cara kerjanya dan inilah yang sedang dilakukan oleh Maurizio.”

“Tentu, adanya Gianfranco di sampingnya sangatlah membantu – semua orang di staf yang memiliki sedikit pengalaman di liga ini berusaha melakukan yang terbaik guna mempermudah kerjanya di sini. Kurasa tim tengah dalam performa yang baik dan ini bisa lebih baik lagi. Kami berada di jalur yang benar.”

Pria yang dulunya bermain sebagai kiper ini – 216 kali untuk the Blues – juga memberikan pandangannya untuk Kepa Arrizabalaga yang baru saja direkrut Chelsea musim panas lalu.

“Sama seperti yang kukatakan tentang Maurizio. Terutama bagi seorang kiper, Premier League berbeda. Aku ingat, ketika pertama kali bergabung di sini, sangat berbeda. Permainan fisiknya, kecepatan permainannya – sama sekali berbeda dari gaya mainmu – dan kurasa ia beradaptasi dengan sangat baik.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA