Blog

Duel Lintas Selat

Di fase grup Liga Champions, Chelsea sudah pernah berhadapan dengan lawan dari Prancis di empat edisi sebelumnya. Kini the Blues kembali menyeberangi Selat Inggris untuk menghadapi Lille, oleh karena itu mari kita lihat pertemuan lainnya melawan klub-klub Ligue 1 di fase grup.

Marseille - 1999/2000

Laga kompetitif pertama Chelsea dengan tim Prancis datang di musim perdana kita di Liga Champions dengan menghadapi Marseille dua kali berturut-turut di fase grup kedua.

The Blues memulai fase grup dengan apik dengan memetik kemenangan 3-1 di kandang atas Feyenoord dan imbang 0-0 dengan Lazio di Roma. Namun, Marseille, yang selalu kalah di dua laga pertama mereka, mengalahkan kita 1-0 di Velodrome lewat gol spekulatif Robert Pires yang masuk ke gawang Ed De Goey di menit ke-16.

Kekalahan itu kita balas di Stamford Bridge sepekan kemudian setelah Gianfranco Zola meneruskan umpan silang Tore Andre Flo ke Dennis Wise yang dikonversi menjadi gol kemenangan di menit ke-27. Kemenangan itu membawa kita ke puncak grup.

Paris Saint-Germain - 2004/05

Sebagai mantan pemain Marseille, Didier Drogba diolok-olok oleh pendukung Paris Saint-Germain ketika dia kembali ke Prancis untuk melakoni laga pertama Chelsea di Liga Champions pada September 2004. Namun, si pemain Pantai Gading itulah yang tertawa paling akhir setelah membantu tim barunya dengan mengemas dua gol untuk mengamankan kemenangan di ibu kota Prancis.

Setelah tandukan John Terry memberikan keunggulan di menit ke-29, Drogba mencetak gol kedua tim tepat sebelum turun minum, dengan memanfaatkan bola muntah hasil tembakan Mateja Kezman yang dimentahkan oleh kiper Marseille, Lionel Letizi. Skor pun berubah menjadi 3-0 ketika tendangan bebasnya menembus gawang lawan 15 menit sebelum bubar.

Laga berikutnya, di Stamford Bridge berakhir imbang tanpa gol namun sudah cukup untuk mengamankan posisi kita di puncak klasemen grup ketika masih menyisakan satu laga lagi.

Bordeaux - 2008/09

Setelah kalah tipis lewat adu penalti di final Liga Champions 2008, Chelsea memulai musim 2008/09 dengan membantai Bordeaux dengan skor 4-0 di Stamford Bridge.

Sundulan-sundulan Frank Lampard dan Joe Cole membuat the Blues unggul dua gol saat turun minum, yang kemudian ditambah dengan satu gol Florent Malouda dan satu gol lagi dari Nicolas Anelka di masa perpanjangan waktu setelah tendangan drive Juliano Belletti dari jarak 40 yard yang mengenai mistar gawang memantul ke dirinya.

Anelka juga mencetak gol dalam pertemuan berikutnya di Prancis, membuat Chelsea unggul setelah satu jam. Namun, tandukan Alou Diarra yang memanfaatkan sepak pojok tujuh menit sebelum laga usai membuat the Blues harus puas bermain imbang 1-1.

Marseille - 2010/11

Kita bersua Marseille di fase grup Liga Champions untuk kedua kalinya di musim 2010/11 dan kembali menang di laga pertama fase grup yang dimainkan di kandang.

John Terry berhasil memasukkan sepak pojok Gael Kakuta ketika laga baru berjalan tujuh menit dan Nicolas Anelka sukses mengonversi penalti di menit ke-28 namun skor tetap bertahan 2-0 hingga peluit akhir laga dibunyikan setelah tendangan-tendangan Alex dan Michael Essien di babak kedua sama-sama menerpa tiang gawang.

Memenangi lima laga pertamanya, Chelsea dipastikan sudah menjadi juara grup ketika bertandang ke Prancis di laga terakhir. Sebuah gol Brandao di penghujung laga memberikan Marseille kemenangan 1-0 sekaligus menggagalkan usaha kita untuk menyapu bersih kemenangan di fase grup.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA