Internasional

Euro 2020: Siapa Saja Pemain Chelsea yang Lolos, Siapa Unggulan Teratas, dan Kapan Pengundian Putaran Final Dilakukan?

Chelsea akan punya banyak perwakilan di putaran final Piala Eropa musim panas mendatang dan berikut ini mari kita lihat siapa saja the Blues yang telah dipastikan lolos, yang masih berpeluang, dan bagaimana penentuan tim unggulannya, yang akan dilakukan pekan depan.

Sebagian besar tim nasional yang akan mengikuti putaran final Euro 2020 sudah diketahui kecuali empat tempat yang akan diperebutkan melalui babak play-off bulan Maret mendatang.

Bagaimana situasi babak kualifikasi Euro 2020 saat ini?

Fase kualifikasi telah diselesaikan di mana dua tim teratas dari 10 grup berhak maju ke putaran final. Dari tim-tim nasional yang diperkuat oleh pemain-pemain Chelsea, antara lain Inggris, Jerman, Kroasia, Spanyol, Prancis, Belgia, dan Italia, semuanya keluar sebagai juara grup, plus Wales dan Denmark sebagai runners-up.

Masih ada satu kesempatan untuk masuk ke putaran final yaitu melalui babak play-off yang akan dimainkan pada Maret tahun depan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta yang akan berlaga di play-off telah ditentukan sebelumnya berdasarkan penampilan mereka di Nations League UEFA perdana, musim 2018/19 lalu, dan bukan berdasarkan posisi di fase grup Euro 2020. Ada sebanyak 16 tim yang bersaing di play-off untuk memperebutkan empat tiket sisa.

Negara mana saja, dengan perwakilan pemain Chelsea, yang dipastikan lolos?

Inggris

Lima pemain Chelsea tampil bagi tim besutan Gareth Southgate untuk membantu the Three Lions lolos ke putaran final untuk keenam kalinya beruntun dengan memenangi tujuh dari delapan laga dan mencetak rata-rata hampir empat gol per pertandingan.

Callum Hudson-Odoi melakukan debutnya untuk Inggris di laga pertama Grup A, melawan Republik Ceko, di Wembley dan sepertinya homegrown kami akan bergantian menorehkan sejarah penting selama depan bulan ke depan.

Ross Barkley juga tampil sebagai pemain pengganti di laga pertama itu dan kemudian mengemas brace tiga hari kemudian dalam laga di Podgorica ketika Inggris menang 5-1. Keikutsertaan Inggris di putaran final Nations League membuat pasukan Southgate tidak perlu tampil di fase kualifikasi pada musim panas lalu. Pun demikian, mereka langsung panas pada September lalu dengan menggulung Bulgaria 4-0 dan Kosovo 5-3.

Mason Mount melakukan debut perdananya di tim nasional di laga pertama dan terus bermain hingga enam laga di babak kualifikasi. Untuk laga bulan Oktober, Tammy Abraham kembali ke skuat dan tampil untuk kali pertama – setelah hampir dua tahun menunggu – ketika diturunkan di fase akhir pertandingan di Praha.

Itulah satu-satunya kekalahan Inggris di fase kualifikasi, dengan skor 2-1 dari Republik Ceko. Sebulan kemudian, Abraham mencetak gol perdananya bagi tim nasional senior dengan menciptakan gol ketujuh dalam kemenangan telak atas Montenegro. Tiga hari kemudian, Mount mencatatkan sejarah kala melawan Kosovo, di malam yang sama ketika Fikayo Tomori melakukan debutnya untuk timnas.

Kelima pemain itu berharap masuk ke skuat final Southgate, yang akan diumumkan pada akhir Mei.

Jerman

Antonio Rudiger tidak tampil bagi tim Joachim Low sepanjang musim ini akibat cedera yang membuatnya hanya tampil selama 45 menit bagi klub sejauh ini. Bahkan, bek ini baru bermain satu kali dari delapan laga kualifikasi Jerman, di laga penting kontra Belanda di Amsterdam dan sukses membantu juara Eropa tiga kali itu menang 3-2.

Tiga poin itu terbukti sangat penting karena Jerman menjadi juara Grup C dengan keunggulan dua poin dari Belanda.

Denmark

Denmark memastikan kelolosan mereka di laga terakhir fase grup ketika Andreas Christensen merayakan keberhasilan mereka di Dublin usai meraih satu poin penting untuk mengamankan posisi kedua di Grup D, di atas Republik Irlandia.

Bek tengah berusia 23 tahun ini hanya sekali absen bagi Denmark selama babak penyisihan, ketika negaranya bermain imbang 3-3 dengan Swiss. Setelah itu, ia kembali memperkuat jantung pertahanan timnya dan berkontribusi dalam empat clean sheet berturut-turut.

Kroasia

Mateo Kovacic membantu runners-up Piala Dunia ini menjuarai Grup E dengan memetik lima kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan laga, hanya kalah satu kali dari Hongaria di Budapest. Gelandang ini tidak tampil saat timnya kalah pada Maret lalu dan total tampil lima kali untuk membantu Kroasia lolos ke putaran final Piala Eropa untuk kali kelima beruntun.

Mario Pasalic, yang musim lalu dan musim ini dipinjamkan ke Serie A, juga berkontribusi dengan dua kali tampil sebagai pemain pengganti dalam kemenangan atas Wales dan Slovakia. Dia berharap dapat kembali memperkuat tim nasionalnya di turnamen musim panas nanti.

Wales

Wales kalah dua kali di tiga laga pertama mereka di Grup E sehingga mereka punya tugas berat untuk lolos, namun mereka berhasil mengamankan peringkat dua klasemen di hari terakhir usai menaklukkan Hongaria di Cardiff. Kelolosan ini merupakan yang ketiga kalinya bagi mereka.

Ethan Ampadu tidak tampil di dua laga kualifikasi pertama namun setelah itu selalu tampil dan membantu pasukan Ryan Giggs meraih tiga kemenangan dan dua hasil imbang untuk mengejar posisi dua, selisih tiga poin dari Kroasia.

Spanyol

La Roja tak menemui rintangan berarti dengan memenangi keenam laga pertama mereka – Kepa, 25 tahun, yang bersaing dengan David De Gea untuk memperebutkan jersey bernomor punggung satu, jadi starter di empat laga di antaranya. Persaingan ini sepertinya akan terus berlanjut hingga putaran final nanti, hingga mantan manajer Barcelona, Luis Enrique, yang kembali ke kursi panas pekan ini, memutuskan susunan tim utamanya.

Spanyol tak terkalahkan di 10 laga dan melanjutkan catatan apik mereka yang selalu lolos ke setiap turnamen mayor sejak 1992. Alvaro Morata jadi salah satu top skor mereka.

Prancis

Olivier Giroud yang tak pernah absen dari tim memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Grup H dan Prancis pun berhasil meraih posisi tertinggi setelah memenangi persaingan dengan Turki. Kedua tim teratas itu terus bersaing hingga laga kualifikasi kedua terakhir, ketika penalti Giroud mengamankan comeback pasukan Didier Deschamps atas Moldova di malam yang sama ketika Turki bermain imbang dengan Islandia.

Sebagai hasilnya, Prancis unggul dua poin setelah total kehilangan empat dari 30 poin yang diperebutkan. Gol-gol Giroud sendiri berkontribusi atas lima poin di antaranya, antara lain gol kemenangan yang ia bikin ke gawang Islandia dan Moldova dan bangkit dari bangku cadangan untuk mengamankan hasil imbang melawan Turki di Paris.

Kurt Zouma juga menyumbang gol bagi juara dunia itu ketika memungkasi kemenangan 4-0 di Andorra pada Juni, dalam satu-satunya penampilannya di babak penyisihan.

Terus didera cedera, N’Golo Kante harus absen di lima dari delapan laga terakhir fase grup. Prancis tentunya berharap si gelandang dapat kembali bugar untuk membantu mereka menyandingkan trofi Piala Eropa dengan Piala Dunia yang mereka menangi pada 2018.

Belgia

Hanya Belgia dan Italia yang punya rekor kemenangan 100% di babak penyisihan. The Red Devils mengemas 40 gol dan hanya kemasukan tiga kali di grup mereka yang juga dihuni oleh Rusia dan Skotlandia. Hanya Eden Hazard dan Romelu Lukaku yang punya catatan gol lebih banyak dari Michy Batshuayi (empat gol dari enam penampilan) di 10 laga itu.

Italia

Italia secara mengejutkan gagal tampil di Piala Dunia 2018, namun kali ini pasukan Roberto Mancini tidak melakukan kesalahan lagi di babak penyisihan dan memuncaki Grup J dengan menyapu bersih semua laga dan hanya kemasukan empat gol dalam prosesnya.

Jorginho dengan eksekusi penaltinya yang khas tak pernah absen selama paruh kedua fase grup. Selain sukses mengonversi penalti saat melawan Finlandia, Yunani, dan ia juga berperan atas kemenangan besar 9-1 timnya atas Armenia pekan ini. Gelandang ini hanya absen sekali dalam perjalanan timnya meraih tiket ke putaran final, sementara Emerson Palmieri tampil lima kali di fase grup.

Bagaimana dengan negara-negara lainnya?

Juara grup lainnya: Ukraina, Swiss, Polandia

Runners-up lainnya: Republik Ceko, Portugal, Belanda, Swedia, Austria, Turki, Rusia, Finlandia

Bagaimana dengan play-off?

Ada 16 tim nasional yang masih punya harapan untuk maju ke putaran final Euro 2020 melalui babak play-off, yang akan dilakukan di akhir Maret. Mereka adalah Islandia, Bosnia & Herzegovina, Slovakia, Republik Irlandia, Irlandia Utara, Skotlandia, Norwegia, Serbia, Bulgaria, Israel, Hongaria, Rumania, Georgia, Makedonia, Kosovo, dan Belarusia.

Undian babak play-off akan dilangsungkan pada Jumat, 22 November.

Kapan pengundian Euro 2020 dilakukan?

Pengundian putaran final akan digelar di ibukota Rumania, Bucharest pada Sabtu 30 November. Karena baru ditemukan 20 negara untuk mengisi 24 tempat, sebelum putaran play-off selesai pada Maret mendatang, maka drawing lengkap baru akan dilakukan setelah pemenang play-off diketahui.

Inggris sudah dipastikan berada di Grup D sebagai tuan rumah dan akan memulai turnamen dengan bermain di Wembley pada Minggu 14 Juni. Christensen dan Batshuayi akan saling berhadapan di Grup B dalam laga yang akan digelar di Copenhagen.

Siapa saja tim unggulannya?

Enam tim dengan poin terbanyak di kualifikasi Euro 2020 akan masuk dalam tim unggulan, termasuk Inggris, Italia, dan Spanyol.

Unggulan Pot A – Belgia, Italia, Inggris, Jerman, Spanyol, Ukraina
Unggulan Pot B – Prancis, Polandia, Swiss, Kroasia, Belanda, Rusia
Unggulan Pot C – Portugal, Turki, Denmark, Austria, Swedia, Republik Ceko
Unggulan Pot D – Wales, Finlandia, plus empat pemenang play-off

Kapan dan di mana Euro 2020 diselenggarakan?

Untuk memperingati 60 tahun sejak Piala Eropa pertama digelar, edisi ke-16 ini akan diselenggarakan di 12 kota di 12 negara di Eropa. Turnamen ini akan dimulai pada 12 Juni 2020 dan laga final dimainkan tepat sebulan kemudian, 12 Juli 2020.

Berikut kota dan stadion yang akan digunakan:
• Johan Cruyff Arena (Amsterdam, Belanda)
• Olympic Stadium (Baku, Azerbaijan)
• San Mames (Bilbao, Spanyol)
• Arena Nationala (Bucharest, Rumania)
• Puskas Arena (Budapest, Hongaria)
• Parken Stadium (Copenhagen, Denmark)
• Aviva Stadium (Dublin, Republik Irlandia)
• Hampden Park (Glasgow, Skotlandia)
• Wembley Stadium (London, Inggris)
• Allianz Arena (Munich, Jerman)
• Stadio Olimpico (Rome, Italia)
• Krestovsky Stadium (Saint Petersburg, Rusia)

Setiap stadion akan menggelar tiga laga fase grup, dimulai di Roma sedangkan semifinal dan finalnya di Wembley.

Berita pengundian Euro 2020 dapat diikuti di aplikasi The 5th Stand.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA