Pratinjau Laga

Manchester City vs Chelsea - Statistik

Chelsea akan menyambangi markas juara bertahan pada Minggu tengah malam, dan persiapan kami untuk menyambut laga itu dimulai dengan sejumlah angka dan fakta yang perlu Anda ketahui...

Rekor pertemuan Manchester City vs Chelsea

Di antara tim-tim lain di Premier League, Man City paling sering kalah dari Chelsea (25).

Chelsea menang satu kali dan kalah tiga kali dari empat laga tandang terakhir dengan Man City di Premier League, salah satunya berupa kekalahan terbesar kami musim lalu.

Ini adalah kali kelima dari sembilan musim terakhir ketika Manchester City berhadapan dengan Chelsea yang posisinya lebih tinggi di klasemen Premier League. Selama kalah peringkat, the Citizens tidak pernah menang dari empat kali pertemuan (dua kali imbang, dua kali kalah).

City bisa membuat Chelsea tak mampu mencetak gol di lima dari enam pertemuan terakhir di semua kompetisi.

Pep Guardiola dan Frank Lampard akan saling berhadapan untuk pertama kalinya di laga kompetitif sebagai manajere.

Kemenangan terbesar untuk masing-masing tim

Man City 6-0 Chelsea 2018/19
Chelsea 6-0 Manchester City 2007/08

Kemenangan terbesar Chelsea di markas Man City: 4-1 di musim 1932/33 dan 1966/67

Penampilan Chelsea di kandang lawan

Di Premier League, Chelsea sudah menang lima kali beruntun di kandang lawan, mencetak total 18 gol (rata-rata 3,6 gol per pertandingan). Terakhir kali the Blues punya catatan kemenangan tandang beruntun adalah pada Desember 2016 (enam kemenangan).

Chelsea mengincar kemenangan tandang kedelapan beruntun di semua kompetisi untuk kali pertama dalam sejarah klub.

The Blues sudah menjebol gawang tuan rumah sebanyak 18 kali di Premier League di musim ini, terbanyak di antara tim-tim lainnya.

Namun, kami juga kemasukan 17 kali dari 12 laga di liga, terbanyak di antara tim sembilan besar.

Pasukan Frank Lampard punya catatan tandang terbaik kedua di Premier League musim ini dengan raihan 15 poin dari enam laga, terpaut satu poin dari Liverpool.

Catatan bersejarah Chelsea

Frank Lampard adalah manajer asal Inggris ketujuh yang bisa meraih enam kemenangan beruntun di Premier League, dan yang pertama sejak Alan Pardew mencatatkan hal serupa pada April 2012 bersama Newcastle.

Ini merupakan enam kemenangan pertama Chelsea di Premier League sejak Mei 2017 ketika berada di bawah arahan Antonio Conte, dalam musim yang berakhir dengan gelar juara. Terakhir kali kami mencatatkan kemenangan tandang beruntun di liga adalah antara Oktober dan Desember 2016, ketika kami menorehkan rekor baru klub, 13 laga beruntun.

Tammy Abraham, dengan koleksi 10 gol dari 14 penampilan di Premier League menjadikannya, di usia 22 tahun 38 hari, sebagai pencetak dua digit gol termuda sepanjang sejarah Chelsea setelah Arjen Robben (21 tahun 342 hari).

Abraham sudah mencetak gol pembuka di lima laga Premier League musim ini, minimal dua gol lebih banyak ketimbang pemain lain. Tammy juga adalah pencetak gol tandang terbanyak di liga musim 2019/20, dengan jumlah gol yang sama atau lebih banyak di kandang lawan dibanding 15 dari 19 klub lainnya di divisi utama (tujuh gol).

Christian Pulisic mengemas lima gol di tiga penampilan terakhir di Premier League, dan, jika dimainkan, dia akan berupaya menjadi pemain Amerika pertama yang bisa mencetak gol di empat laga beruntun di liga.

Rekor Frank Lampard melawan Man City saat masih bermain adalah 14 kali menang, sekali seri, dan enam kali kalah dengan torehan tujuh gol.

Ketika menjadi pemain City, Lampard tampil sebanyak 38 kali dan membikin delapan gol, salah satunya ke gawang Chelsea di Etihad pada September 2014.

Pencetak gol di Premier League

Abraham 10, Pulisic 5, Mount 4, Kante 2, Willian 2, Alonso 1, Batshuayi 1, Jorginho 1 (pen), Tomori 1

Catatan bersejarah

Penampilan berikutnya untuk N’Golo Kante akan jadi penampilan ke-150-nya untuk klub.

Jika dimainkan, Marcos Alonso akan jadi starter untuk ke-100 kali di Premier League dan Mateo Kovacic akan melakoni start ke-50-nya untuk Chelsea.

Michy Batshuayi membukukan penampilan ke-50 di Premier League (Chelsea 39, Crystal Palace 11) saat melawan Crystal Palace di laga sebelumnya.

Statistik Manchester City

Musim lalu
Premier League: Juara
FA Cup: Juara
Carabao Cup: Juara
Champions League: Perempat final
Community Shield: Juara
Top skor di semua kompetisi: Sergio Aguero 32

Statistik di Premier League musim lalu
Start terbanyak: Ederson 38, Laporte 34, Aguero, B Silva & Sterling 31
Gol terbanyak: Aguero 21, Sterling 17, Sane 10
Assist terbanyak: Sane 10, Sterling 10, Aguero & D Silva 8
Clean sheet terbanyak: Ederson 20

Pasukan Pep Guardiola meraih 25 dari maksimal 36 poin, sembilan poin di belakang pemuncak klasemen Liverpool.

Manchester City sudah kalah tiga kali di Premier League musim ini – satu lebih sedikit dari yang mereka catatkan musim lalu, dan satu lebih banyak ketimbang musim 2017/18.

Sejak tahun 2019, City sudah memenangi 13 dari 15 laga kandang di Premier League, mencetak 41 gol dan kemasukan delapan. Mereka bermain imbang dengan Tottenham pada Agustus dan kalah dari Wolves pada Oktober.

Dalam sejarah kompetisi ini, Sergio Aguero (10) adalah pemain yang paling sering membobol gawang Chelsea di Premier League. Pria Argentina itu mengoleksi delapan gol dari enam laga terakhir dengan the Blues, salah satunya berupa hat-trick di musim lalu.

Pasukan besutan Pep Guardiola baru membuat empat clean sheet dari 11 laga terakhir di liga.

Rekor manajerial Pep Guardiola vs Chelsea
Menang: 4
Seri: 5
Kalah: 4

Pencetak gol di Premier League

Aguero 9 (2 pen), Sterling 7, B Silva 5, Jesus 3, D Silva 3, De Bruyne 2, Mahrez 2, Gundogan 1, Otamendi 1, Rodrigo 1, Walker 1.

Wasit dan VAR Manchester City vs Chelsea

Wasit: Martin Atkinson
VAR: Andre Marriner

Satu-satunya laga the Blues yang Martin Atkinson tengahi di musim ini adalah laga di markas Norwich, Carrow Road, Agustus lalu, yang berakhir dengan skor 3-2 untuk kemenangan the Blues.

Indisipliner

Bernado Silva diskors.

Di Premier League, lima kartu kuning yang diterima sebelum laga ke-19 dimainkan akan berakibat pada skorsing satu pertandingan di liga.

Penerima kartu kuning di Premier League
Chelsea (23) Jorginho 5, Alonso 3, Abraham 2, Christensen 2, Kovacic 2, Tomori 2, Willian 2, Emerson 1, Hudson-Odoi 1, Kante 1, Mount 1, Zouma 1
Man City (24) Sterling 4, Ederson 3, Gundogan 3, Rodrigo 3, Otamendi 2, B Silva 2, Walker 2, Angelino 1, Cancelo 1, Fernandinho 1, Jesus 1, Laporte 1

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA