Berita

Fikayo Tomori Tanda Tangani Kontrak Baru

Fikayo Tomori menyatakan komitmennya pada Chelsea Football Club dengan menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun di Stamford Bridge.

Si bek, yang akan berusia 22 tahun bulan ini, tampil 55 kali di bawah arahan Frank Lampard di Derby County, klub yang meminjamnya musim lalu, dan dipromosikan ke tim utama Chelsea pada musim panas lalu menyusul penunjukkan Lampard sebagai pelatih kepala kami yang baru.

Sejak itu, dia sudah bermain 16 kali bagi the Blues musim ini, dan sudah melakukan debut di Liga Champoins dan di tim nasional senior Inggris.

Untuk wawancara eksklusif pertama dengan Tomori, kunjungi aplikasi The 5th Stand.

Atas kontrak barunya ini, Tomori berkata, “Ini sungguh sebuah momen yang membanggakan bagiku dan keluargaku. Aku sudah ada di klub ini sejak berusia tujuh tahun jadi aku tidak terlalu tahu banyak selain Chelsea.”

“Klub ini sudah begitu baik kepadaku, merawat dan mengembangkan diriku selama kurun waktu itu hingga menjadi seorang pesepak bola dan pribadi seperti sekarang ini. Adalah sebuah mimpi yang terwujud bisa menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun. Bahagia sekali klub menunjukkan kepercayaannya kepadaku dan aku senang sekali untuk melanjutkannya.”

Direktur Chelsea, Marina Granovskaia, menambahkan, ”Kami senang sekali melihat pemain muda fantastis lainnya dari Akademi menembus tim senior. Fikayo sudah bersama kami sejak berusia tujuh tahun dan telah berkontribusi atas banyak kesuksesan Chelsea di level yunior."

“Setelah melalui masa peminjaman yang mengesankan di Derby musim lalu, Fikayo memulai musim ini dengan baik dan tumbuh menjadi pemain kunci kami. Kami senang dia berkomitmen pada klub untuk tahun-tahun mendatang.”

Tomori bergabung dengan Chelsea di kelompok usia Under-8 dan jadi bagian dari tim Akademi yang terus meraih gelar juara, bermain bersama Tammy Abraham selama hampir satu dekade.

Di musim perdananya sebagai mahasiswa, 2014/15, ia selalu jadi starter di setiap laga tim yunior kami yang berhasil mempertahankan gelar FA Youth, dan hanya absen dua kali saat tim Under-19 mengangkat UEFA Youth League di musim yang sama.

Jadi pemain reguler di tim Under-21 semusim kemudian, kemampuan Tomori dalam mencetak gol berkembang. Golnya di final Youth Cup dan UEFA Youth League sukses membantu tim yunior kami menjuarai kedua kompetisi itu lagi. Dia melakukan debutnya di tim senior the Blues di hari terakhir musim dengan menjadi pemain pengganti saat melawan Leicester City di Premier League dan kemudian terpilih sebagai Academy Player of the Year di acara penganugerahan penghargaan akhir musim tahunan klub.

Tomori memperoleh pengalaman berharga selama tiga periode peminjamannya di divisi Championship, pertama di bawah besutan Chris Hughton di Brighton & Hove Albion, yang ia bantu meraih tiket promosi dan dilanjutkan dengan peminjaman selama semusim penuh di Hull City pada musim 2017/18.

Di musim panas 2018, dia bergabung dengan Lampard dan eks bosnya di tim yunior, Jody Morris, di Derby, di mana dia menjadi pemain tetap dan jadi favorit ketika berhasil membantu the Rams ke final play-off Championship di Wembley. Dia kemudian terpilih sebagai Player of the Year Derby.

Di level internasional yunior, bek ini selalu tampil bagi tim Inggris yang menjuarai Piala Dunia Under-20 di musim panas 2017 lalu mewakili the Three Lions di level Under-21 sebelum kemudian melakukan debutnya untuk pasukan Gareth Southgate di laga kualifikasi Piala Eropa, di markas Kosovo, yang berakhir dengan kemenangan, bulan lalu.

Dia mencetak gol perdananya untuk Chelsea dengan cara yang patut dikenang saat menggasak tuan rumah dengan skor 5-2 pada September. Selain itu, dia juga tampil dalam kemenangan krusial atas tuan rumah Lille dan Ajax di kompetisi Liga Champions.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA