Pratinjau Laga

CPP: Malmo vs Chelsea - Poin

Kompetisi Liga Europa berlanjut dengan laga di Skandinavia. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik, Paul Dutton memberikan pratinjau mereka untuk leg pertama babak 32 besar ini…

Poin-poin

Persis seperti saran dokter: liburan tengah pekan ke wilayah yang indah di Skandinavid. Mudah-mudahan kesamaan dengan Manchester hanyalah berupa kaus biru langit tuan rumah dan kehadiran eks pemain favorit Man City, Uwe Rosler di dugout.

Musim kompetisi di Swedia baru akan bergulir mendekati musim panas, jadi juara 2017, Malmo (peringkat tiga di musim 2018) masih berada dalam periode pramusim. Pelatih mereka, Uwe Rosler baru saja menerbangkan skuatnya ke Spanyol untuk menjalani latihan selama 10 hari di wilayah bersuhu hangat sambil memainkan beberapa laga persahabatan dengan sesama partisipan Liga Europa di sana.


Klub asal Rusia, Krasnodar, yang berada di bawah juara grup Sevilla di Grup J Liga Europa, mengalahkan Malmo 2-0, di mana kedua gol dicetak di periode akhir laga. Di pertemuan berikutnya, mereka bermain imbang 1-1. Klub asal Ukraina, Dynamo Kiev, juara Grup K, di atas Rennes, juga bermain imbang tanpa gol dengan klub asal Swedia ini Jumat lalu.

Ini adalah laga ke-15 Malmo di kompetisi Eropa sejak pertengahan Juli tahun lalu, namun demikian mereka masih tergolong pemula di fase gugur kompetisi ini. Kemenangan kandang dan tandang berharga atas klub asal Turki, Besiktas – peringkat tiga Super Lig Turki – mengamankan langkah kub Swedia ini ke babak berikutnya. Mereka pun melewati fase grup dengan catatan tak pernah kalah di kandang mereka.

Malmo akan memainkan laga kompetitif pertama mereka sejak 63 hari lalu.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Penampilan Chelsea di fase grup nyaris sempurna dan hanya kehilangan dua poin ketika berhadapan dengan Vidi di laga terakhir fase Grup L.

Malmo finis di peringkat kedua Grup I, di belakang Genk, yang kini tak tersaingi di liga Belgia.

Pemain depan sekaligus kapten Malmo, Markus Rosenberg sangat bersemangat menjelang pertemuan mereka dengan juara Liga Europa 2013. “Kami tak punya beban,” katanya. “Mereka adalah salah satu tim yang paling banyak dibicarakan di Eropa. Kalau saya sendiri, saya lebih suka berhadapan dengan lawan yang lebih mudah. Di saat yang bersamaan, menarik untuk melihat bagaimana kami menampilkan permainan terbaik kami.”


Hasil undian babak 32 besar Liga Europa menghadapkan klub-klub kuat, antara lain Fenerbahce dan Zenit, Galatasaray dan Benfica, Lazio dan Sevilla, Olympiacos dan Dynamo Kiev, serta Sporting dan Villarreal.

- Baca: Catatan Pra Pertandingan - Angka


Bursa transfer Januari menjadi masa yang sibuk bagi klub-klub yang memperbaiki diri untuk memperjuangkan tiket final di Baku. Hal ini juga berlaku bagi Malmo, yang kini diperkuat oleh Anel Ahmedhodzic, yang duduk di bangku cadangan Nottingham Forest saat kami kalahkan di FA Cup belum lama ini, Adi Nalic (pemain depan 21 tahun dari klub kasta ketiga, Landskrona), kiper veteran Dusan Melicharek (dari klub divisi dua Ceko, Zbrojovka Brno) dan kiper muda berusia 17 tahun, Lamin Sarr.

Chelsea sendiri diperkuat oleh pemain baru, striker pinjaman Gonzalo Higuain dan gelandang Danny Drinkwater (tidak pergi). Cesc Fabregas, yang tampil di lima laga di fase grup, Alvaro Morata, yang bermain empat kali dan mencetak dua gol, serta Victor Moses, yang dua kali jadi pemain pengganti, kini sudah meninggalkan klub.

Sehubungan dengan adanya perubahan peraturan yang diberlakukan oleh UEFA, kini klub-klub diizinkan untuk mendaftarkan hingga tiga pemain baru – yang memenuhi syarat – yang didatangkan di bursa transfer Januari dan tidak masalah apakah pemain-pemain tersebut sudah pernah bermain di kompetisi ini untuk tim lain, atau untuk tim lain yang masih bersaing di Liga Europa.

Dengan demikian, Higuain tetap bisa bermain meski sudah pernah tampil bagi Milan di kompetisi ini. UEFA juga memperbolehkan pemain pinjaman untuk bermain melawan klub induknya, dalam kasus kami Moses, jika kami dipertemukan dengan Fenerbahce.

KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI BESOK PAGI…

Tiket ke babak selanjutnya terbuka lebar sebelum menjalani leg kedua di Stamford Bridge...

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA