Wawancara

Cesar Azpilicueta Menyebut Sekarang Sebagai Periode Krusial

Cesar Azpilicueta meminta setiap orang di Chelsea menunjukkan jati diri yang sebenarnya, mengingat serangkaian laga penting selama dua pekan ke depan bisa menentukan nasib kami di empat kompetisi yang kami ikuti.

Dengan laga kontra Manchester United di babak kelima FA Cup di Stamford Bridge pada Selasa dini hari waktu Indonesia, yang diikuti dengan final League Cup versus Manchester City, lalu menjamu rival empat besar, Tottenham di Premier League serta leg kedua Liga Europa melawan Malmo yang semuanya akan kami hadapi hingga akhir Februari ini, si pria Spanyol tahu benar pentingnya periode ini.

Sehubungan degan itu, ia ingin melihat tim kembali ke level konsistensi yang ditunjukkan seperti pada awal musim.

“Kami tidak konsisten dan ini bukanlah cara untuk mencapai target karena kami tahu, betapa sulitnya ini, terutama di Premier League,” terang Azpi.

“Kami harus konsisten. Memang benar kita tidak selalu bisa bermain seperti yang kita inginkan di setiap laga, terkadang kita menghadapi lawan yang berat, tapi kami terlalu banyak mengalami naik-turun.”

“Bagi Chelsea, ini bukanlah level kami dan kami tahu itu. Kami harus memperbaikinya, bergerak kea rah yang benar, karena dalam dua pekan ke depan, kami akan memainkan (penentu) semusim penuh dan kami harus siap untuk itu.”

“Dalam 15 hari kami bisa meraih trofi, kami bisa maju ke babak berikutnya di FA Cup. Tentunya akan semakin dekat dengan final. Kami berhadapan dengan Man United di perempat final. Di Liga Europa, kami akan bermain hingga jeda internasional, jika kami lolos. Jadi, setiap laga seperti final.”

“Kami tahu bahwa kami tidak punya ruang untuk melakukan kesalahan di Premier League, jadi di laga besar berikutnya, yaitu menjamu Tottenham di kandang, laga derbi, laga yang spesial, dan kami harus siap. Tapi kami akan menghadapinya selangkah demi selangkah, dimulai dari hari Senin.”

- Baca: Azpilicueta: Yang ada di Chelsea hanyalah kemenangan

Namun demikian, ia merasa bahwa momen-momen seperti inilah yang memungkinkan timnya menunjukkan jati diri mereka yang sebenarnya, dan ingin agar pasukan the Blues keluar dari kesulitan dan meraih kemenangan saat dibutuhkan.

“Ini adalah momen di mana kita bisa menunjukkan kepribadian kita yang sebentarnya. Jika menang, akan lebih mudah untuk bergerak ke arah yang benar, tetapi jika menelan hasil buruk maka itu adalah saatnya untuk menunjukkan kepribadian kita, karakter kita. Caranya adalah tetap kompak dan berjuang demi klub, demi fans.”

Tentunya, rentetan laga penting ini akan dimulai dengan lawatan Manchester United ke Stamford Bridge di ajang FA Cup, dan Azpilicueta tahu benar bahwa mereka harus berada dalam kondisi terbaiknya untuk bisa mengalahkan tim Setan Merah yang tengah bangkit, terlepas dari kemenangan atas mereka untuk mengangkat trofi di Wembley musim lalu.

“Kami tahu (laga) Senin nanti akan berat. Laga FA Cup dan kami tahu seberapa besar laga itu, dan kami harus menunjukkan level dan ada di kondisi terbaik kami karena kami akan membutuhkan itu.”

“Kami tahu bahwa pada saat ini kita sudah hampir tiba di akhir musim jadi setiap laga seperti final dan kami harus menghadapinya laga demi laga dimulai dari hari Senin. Kami tahu betapa pentingnya laga melawan Manchester United di FA Cup. Kami adalah juara bertahan (kompetisi itu), jadi ini laga yang sangat berarti dan kami harus siap.”

“Di final tahun lalu, kami berhadapan dengan Man United. Laga kandang, atmosfernya luar biasa, laga besar, kami harus siap karena mereka tengah berada dalam momen yang bagus terlepas dari kekalahan mereka dari PSG. Tapi, kuharap laga ini akan sangat seru dan kami bisa lolos.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA