Wawancara

Gianfranco Zola: Alasan Mengapa Piala FA adalah Kompetisi yang Luar Biasa

Gianfranco Zola merasakan keajaiban Piala FA masih sangat hidup saat menjelang pertandingan putaran kelima kami melawan Manchester United di Stamford Bridge pada Selasa dini hari WIB.

Pelatih asal Italia itu memenangi kompetisi ini dua kali sebagai pemain Chelsea, pada tahun 1997 dan 2000, dan berharap dia dapat membantu skuat the Blues musim ini mengalami kesuksesan yang sama dalam perannya saat ini sebagai asisten pelatih tim utama, dan sekaligus membantah anggapan bahwa daya tarik Piala FA telah berkurang pada tahun-tahun berikutnya.

"Saya harap tidak," kata Zola. "Saya mengerti bahwa Premier League, Liga Champions, mereka mewakili banyak hal untuk klub, untuk para pemain, tetapi saya adalah salah satu yang saya percaya bahwa ini adalah kompetisi yang hebat. Ini adalah salah satu yang terbaik yang pernah saya mainkan dan saya sangat berharap itu akan tetap dianggap penting oleh semua orang."

"Awalnya, saya menganggap kompetisi ini memiliki nilai yang sama dengan piala Italia dan sampai kami benar-benar memenanginya, saya tidak menyadari betapa pentingnya kompetisi ini bagi orang-orang, untuk semua orang yang terlibat dengan klub. Itu adalah kejutan, salah satu kejutan terbaik yang pernah saya alami di sepakbola."

"Saya sangat menyukainya, bukan hanya karena saya memiliki catatan bagus di sini, tetapi hanya dengan mempertimbangkan bahwa setiap tim dapat bersaing dalam kompetisi ini, bahkan tim non-liga, dan semua tim dapat mencoba untuk mencapai impian mereka. Luar biasa, memiliki impian dalam sepakbola sungguh luar biasa, dan itulah yang saya hargai tentang kompetisi ini."

Dia juga senang melihat tim kembali ke jalur kemenangan di kandang Malmo pada ajang Liga Europa, tetapi masih menuntut lebih banyak dari tim sebagai satu kesatuan di hari-hari dan minggu-minggu mendatang, karena kami terus bersaing untuk mendapatkan trofi di empat kompetisi.

"Karakter dalam skuat ini, seperti yang saya miliki pada waktu saya sebagai pemain, juga tidak ingin kalah. Mungkin mereka menunjukkannya dengan cara yang berbeda, tetapi membuat perbandingan seperti itu salah. Kami tidak suka kalah dan mereka bereaksi pada hari Kamis dan mereka terus bereaksi."

"Akan lebih baik jika kami bisa bereaksi lebih sebagai tim, daripada individu, karena saya pikir bahkan melawan Manchester City kami bereaksi, ya, tapi kami bereaksi secara individual. Ada pemain yang mengambil tanggung jawab dan mereka ingin mengubah situasi sendirian, tetapi apa yang kami bangun di sini adalah filosofi bermain dan kami harus belajar untuk bereaksi bersama."

"Tidak cukup bahwa satu pemain mendapatkan bola dan mencoba untuk mengalahkan dua pemain. Itu bukan cara kami memenangi pertandingan seperti yang kami coba mainkan. Kami hanya perlu mendapatkan pemahaman tentang bekerja bersama, bereaksi bersama, menekan bersama. Itulah cara untuk memenangi pertandingan dengan cara bermain kami."

- Baca: Gianfranco Zola membahas Man United, Olivier Giroud, dan periode penting

Zola juga menjelaskan bagaimana gagasan kolektif itu adalah bagian dari ciri khas sepakbola positif yang coba diterapkan Maurizio Sarri di Chelsea, dengan semua orang memiliki keyakinan yang sama bahwa mereka dapat mencapai tingkat kinerja yang mereka tuju.

"Itulah filosofi yang diinginkan pelatih kami. Untuk memiliki kendali atas permainan, untuk memainkan sepakbolanya sendiri sepanjang waktu, dan menjadi lebih baik dari lawan. Sangat ambisius, apa yang dia coba lakukan, terutama ketika Anda bermain di liga seperti Premier League, di mana ada dua atau tiga tim yang sudah dua atau tiga tahun di depan Anda. Saya tahu ini sangat ambisius, tetapi ambisi adalah hal yang penting."

"Anda harus percaya pada apa yang Anda lakukan dan berusaha dan bekerja keras. Mungkin sesuaikan beberapa hal agar menjadi kompetitif sebanyak yang Anda bisa lakukan, tetapi kemudian apa yang Anda dapatkan harus ada di depan Anda. Saya pikir manajer ini selalu mengatakan bahwa kami telah melalui masa-masa sulit, tetapi keyakinan bahwa kami dapat mencapai yang kami inginkan masih kuat dan kami menuju ke arah itu."

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA