Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Manchester United - Sejarah

Mari kita tinjau lagi pertemuan kami dengan Man Utd di FA Cup edisi terdahulu lewat catatan sejarawan, Rick Glanvill dan ahli statistik, Paul Dutton...

SEJARAH KAMI

Ini adalah pertandingan Piala FA ke-14 antara Chelsea dan Manchester United. United telah memenangi delapan di antaranya dan the Blues lima - termasuk empat ertemuan terakhir di tahun 2007, 2013, 2017, dan 2018.

Setan Merah adalah lawan ketiga yang paling sering dijumpai Chelsea di Piala FA di belakang Arsenal (20 pertandingan) dan Sheffield Wednesday (17), yang dikalahkan the Blues 3-0 bulan lalu untuk mencapai babak ini.

Ini akan menjadi pertandingan Chelsea-Manchester United ke-16 dalam kompetisi ini dan keenam di Stamford Bridge; empat dari lima pertemuan Piala FA terakhir kami di luar Old Trafford telah berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk the Blues.

Meskipun kedua tim sudah sering bertemu di liga sejak 1905, pertandingan Piala FA pertama di London Barat tiba pada Maret 1950; Matt Busby, pemain tamu the Pensioners selama Perang Dunia Kedua, adalah manajer tim Mancunians.

Adalah pasukan Billy Birrell yang berhasil meraih kemenangan, dengan pemain sayap Bobby Campbell menjadi ancaman utama. Campbell mencetak gol pembuka, sedangkan gol kedua diciptakan oleh Roy Bentley, di hadapan 70.362 penonton.

Pada Maret 2013, dan pertandingan ulang perempat final di London Barat berada di tengah jadwal padat termasuk pertandingan Liga Europa (yang kemudian dimenangi the Blues musim itu).

Kami telah bangkit dari ketertinggalan 0-2 dan menyamakan skor menjadi 2-2 di Old Trafford tetapi di Stamford Bridge, dua momen kunci memastikan kemenangan 1-0: gol kemenangan luar biasa yang dicetak Demba Ba, dan penyelamatan spektakuler Petr Cech untuk sepakan jarak dekat Javier Hernandez. Hasilnya mengakhiri harapan manajer Sir Alex Ferguson untuk menutup musim terakhirnya dengan gelar ganda.

Empat tahun kemudian pada babak yang sama, sepakan berjarak 20-yard dari N 'Golo Kante mengulang skor yang sama melawan tim yang dilatih oleh Jose Mourinho. Ander Herrera dikeluarkan dari lapangan karena dua pelanggaran keras terhadap Eden Hazard.

Tak perlu diingatkan lagi soal dua pertemuan Piala FA terakhir kami di stadion netral: final Piala FA 2007 dan 2018. Dalam kedua kesempatan itu satu gol saja sudah cukup. Yang pertama di New Wembley diciptakan oleh Didier Drogba, yang meneruskan umpan Frank Lampard di masa perpanjangan waktu.

Final musim lalu ditentukan dengan penalti Eden Hazard pada menit ke-22 setelah Phil Jones menjatuhkan pemain Belgia itu secara keras. Untuk membuat Anda bersemangat, berikut adalah beberapa gol Piala FA terbaik Chelsea melawan Setan Merah.

Catatan The Blues

Gianluca Vialli dan para pemainnya merayakan posisi pemain-manajer barunya dengan sampanye sebelum pertandingan, kemudian membuat Arsenal kalah 3-1 di leg kedua perempat final Piala Liga pada 18 Februari 1998, membalikkan defisit 1-2 dari pertandingan di Highbury.

Man United menggagalkan harapan Chelsea dua kali di Stamford Bridge pada 1990-an. Pada 1998 the Blues mencetak tiga gol melalui Graeme Le Saux dan Gianluca Vialli (dua) - tetapi United memimpin 5-0 sebelum kami mencetak tiga gol itu.

Setahun kemudian, hasil imbang perempat final 0-0 di Old Trafford (terlepas dari kartu merah Roberto Di Matteo) diikuti dengan penampilan buruk di Bridge dan kekalahan 0-2, Dwight Yorke mencetak kedua gol.

Kemenangan terakhir Man United dalam kompetisi apa pun di Stamford Bridge terjadi pada Oktober 2012 ketika Sir Alex Ferguson masih menjadi manajer. Branislav Ivanovic dan Fernando Torres dikeluarkan dari lapangan pada babak kedua ketika skor dalam posisi 2-2. Javier Hernandez mencetak gol kemenangan di 15 menit terakhir untuk melawan sembilan pemain the Blues.

Pertandingan Premier League kami di Stamford Bridge pada Oktober berakhir 2-2 dengan gol-gol diciptakan oleh Antonio Rudiger (menit ke-21) dan Ross Barkley (90 + 6). Anthony Martial (55 dan 73) membuat tim tamu sempat unggul.

Pertemuan piala lainnya

Kemenangan terbesar di Stamford Bridge untuk setiap tim:

03/10/1999 Premier League Chelsea 5-0 - Manchester United

29/11/1947 Divisi Satu Chelsea 0-4 Manchester United

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA