Pratinjau Laga

Gianfranco Zola Bicara Soal Bertahan pada Keyakinan dan Kenangan Laga Manchester United

Gianfranco Zola percaya bahwa meski perubahan kecil pada gaya main terkadang diperlukan, penting untuk tetap setia pada filosofi sepak bola kita.

The Blues akan menjamu Manchester United di Stamford Bridge di babak kelima FA Cup dini hari nanti dan mengincar kemenangan ketiga atas tim Setan Merah untuk musim ketiga berturut-turut.

Bisa dimengerti bila para suporter kecewa dengan beberapa hasil terakhir, namun Zola berkata bahwa implementasi sistem baru Maurizio Sarri ini membutuhkan waktu.

“Bagaimana Anda tahu kami tidak melakukan perubahan?” Tanya asisten pelatih tim utama kami ketika ditanya soal tidak adanya perubahan gaya permainan dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami melakukan penyesuaian pada beberapa hal, karena aku paham bahwa ini adalah Premier League, tetapi tanpa mengubah arah yang ingin kami tuju. Arahnya selalu sama. Dua tahun lalu Anda mungkin menanyakan hal yang sama kepada Pep Guardiola. Aku ingat. Karena aku ingat Anda menanyakan soal bermain dari belakang kepadanya. Aku ingat jawaban Pep. Dia berkata bahwa hal itu bukanlah untuk didiskusikan, itu adalah bagian dari permainanku, aku tahu bahwa aku akan menghadapi masa-masa sulit tapi aku tidak akan mengubahnya.”

“Mungkin dia telah mengubahnya. Kurasa Pep telah jauh berkembang karena dia bisa membuat timnya bertahan lebih baik, menekan lebih baik, dan menyerang lebih baik. Jadi, dia beradaptasi tapi tidak mengubah cara pandangnya terhadap sepak bola.”

“Kurasa kami berada di momen yang serupa. Muncul banyak pertanyaan seputar apa yang kami lakukan. Ada banyak keraguan tentang apa yang kami lakukan tapi kami berusaha beradaptasi dengan liga dan melakukan perubahan, tapi kami tidak akan mengubah cara pandang kami tentang sepak bola dan apa yang kami yakini akan baik bagi klub ini, jika tidak, kami tidak akan jadi apa-apa.”

“Jika Anda lihat evolusi Manchester City dari dua tahun lalu, Anda akan mengagumi hasil kerja Pep. Ini merupakan sebuah inspirasi yang bagus karena tidak semuanya bisa terjadi secara bersamaan dalam waktu singkat, terutama ketika Anda sangat ambisius dengan apa yang ingin Anda lakukan.”

Baca: Zola soal Man United, Giroud dan periode penting

Laga dini hari nanti akan mengawali empat laga penting kami di empat kompetisi berbeda dalam waktu 10 hari.

“Ini adalah babak kelima (FA Cup) dan final Carabao Cup, jadi keduanya target yang sangat bagus,” kata Zola.

“Tapi juga ada laga kontra Tottenham dan Liga Champions yang tentunya juga merupakan target penting bagi klub.”

Selama berseragam Chelsea, Zola menikmati pertandingannya dengan Man United. Salah satu laga yang menonjol di ingatannya adalah hasil imbang 1-1 di Stamford Bridge di musim 1996/97, ketika ia memecah kebuntuan di menit-menit awal lewat sebuah aksi individu menawan.

“Semua orang terus membicarakan laga melawan Manchester United dua pekan sebelumnya,” ingatnya.

“Melawan mereka selalu sulit. Kami tampil amat baik dan unggul 1-0. Kami memang tidak menang tapi di laga itu kami merasa kompetitif lagi dan hal itu sangat penting bagi klub secara keseluruhan.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA