Pratinjau Laga

CPP: Chelsea vs Tottenham - Poin

Bulan Februari yang hangat ditutup dengan laga panas antar klub ibu kota. Sejarawan klub, Rick Glanvill dan ahli statistik klub, Paul Dutton menyiapkan detail untuk laga derbi ini…

POIN-POIN

Hari ini adalah ulang tahun ke-25 dari salah satu laga terhebat antara Chelsea-Tottenham, ketika eksekusi penalti Mark Stein di menit-menit akhir memastikan kemenangan the Blues besutan Glenn Hoddle dengan skor 4-3.

Sejak musim itu, tim kami punya peruntungan yang berbeda-beda, namun yang pasti adalah kali ini Tottenham datang dengan keunggulan 10 poin di klasemen Premier League dan bisa menyelesaikan musim sebagai tim terbaik di London untuk musim kedua beruntun, meski mungkin tanpa raihan trofi.

Laga dini hari nanti adalah laga pertama dari dua laga derbi London untuk kedua tim. Minggu nanti, Chelsea akan bertandang ke Fulham untuk melakoni laga London barat laut, sementara sehari sebelumnya, the Lilywhites akan menjamu Arsenal. Empat dari 11 laga yang tersisa bagi Spurs adalah menghadapi sesama tim London.


 

Eden Hazard sudah mencetak enam gol dari 13 laga terakhirnya dengan Tottenham di semua kompetisi.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Hazard sudah dilanggar 74 kali di liga musim ini, terbanyak di divisi utama. Di semua kompetisi, ada sebanyak 24 pemain yang dikartu akibat melanggar di pemain Belgia, 17 lebih banyak dari pemain di urutan kedua.

Dengan penampilan yang sudah jauh lebih baik, the Blues tinggal selangkah lagi untuk mengangkat trofi mayor ke-25nya sepanjang sejarah di final Carabao Cup hari Minggu lalu, namun apa boleh buat, hasil berkata lain. Sebagai hasilnya, salah satu jalan untuk mendapatkan tiket ke kompetisi Eropa musim depan pun lepas.

Selamat kepada Manchester City yang menjadi juara, yang juga sudah mengamankan tiket ke Liga Champonis. Dengan demikian, posisi mereka di babak kualifikasi Liga Europa (sesuai dengan hasil laga hari Minggu kemarin) diberikan kepada tim yang finis di urutan keenam Premier League.

City, juga tim peringkat lima Manchester United, masih berpeluang menjuarai FA Cup dan memastikan tiket ke Liga Europa. Jika salah satu dari mereka berhasil menjadi juara, maka slot ke kompetisi UEFA akan dioper ke tim peringkat tujuh.

Tentu saja, Chelsea masih menarget kompetisi elit Eropa itu, yang bisa disegel dengan menjuarai Liga Europa atau finis di urutan empat.

Pelatih The Lilywhites, Mauricio Pochettino menerima tuntutan dari FA atas perilaku yang tidak benar dan telah meminta maaf kepada Mike Dean atas protesnya yang berlebihan kepada sang wasit usai Spurs menelan kekalahan di markas Burnley akhir pekan lalu.

Pria Argentina ini masih bisa berdiri di touchline dini hari nanti karena dia masih punya waktu hingga Kamis waktu setempat untuk merespons tuntutan tersebut. (Dean, yang didaulat untuk bertugas sebagai ofisial keempat di laga dini hari nanti, dialihtugaskan ke laga lain.)

Rasa frustasinya terlihat jelas seusai Spurs menelan kekalahan ketiga beruntun mereka di kandang lawan di semua kompetisi, yang dimulai dari kekalahan di Stamford Bridge di leg kedua semifinal Carabao Cup.

Di setiap laga dari empat laga di liga, antara kekalahan di tangan Man United hingga di laga di Turf Moor, Spurs selalu bisa mencetak gol di menit-menit akhir, tiga di antaranya berupa gol kemenangan. Sebagai hasilnya, hingga sekarang mereka sama sekali belum pernah meraih hasil imbang dan belum pernah ada klub yang bisa menjuarai liga dengan kekalahan sebanyak Spurs (tujuh) sejak pertandingan di liga berubah dari 42 menjadi 38 laga pada 1995.


KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI BESOK SUBUH …

The Blues kembali ke empat besar.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA