Berita

Chelsea di Tahun Babi

Tahun Babi datang setiap 12 tahun sekali dalam penanggalan Tiongkok dan dalam kurun waktu tersebut telah terjadi banyak peristiwa penting di Chelsea Football Club, entah itu menantang gelar juara atau berjuang menghindarkan diri dari degradasi.

Untuk menyambut Hari Raya Imlek, kami mengingat kembali kesuksesan dan kekecewaan yang the Blues alami di Tahun Babi di lima kesempatan sebelum ini.

1959

Peremajaan sudah mulai bergulir di Stamford Bridge ketika bintang masa depan Chelsea, Barry Bridges dan Bobby Tambling melakukan debutnya di tim utama pada Februari 1959. Pemain 18 tahun itu mencetak gol dalam kemenangan 3-2 atas West Ham United di liga. Bridge kemudian mengoleksi 93 gol dari 205 penampilan untuk the Blues, sementara Tambling 202 gol, rekor klub yang baru terpecahkan oleh Frank Lampard pada 2013.

Greaves sedang panas-panasnya: Jimmy Greaves sedang tajam-tajamnya bagi the Blues dan Preston North End jadi korban yang paling sering ia jebol. Ia juga mencetak 10 gol dalam tiga laga kontra the Lilywhites pada 1959, salah satunya lima gol dalam kemenangan 5-4 pada Desember.

1971

Chelsea menikmati kesuksesan pertamanya di Eropa pada 1971, di ajang Piala Winners. Kemenangan atas klub Belgia Klub Brugge di perempat final dan juara bertahan Manchester City di babak empat besar membawa kami ke final untuk menghadapi Real Madrid di Athena. Peter Osgood membuat the Blues unggul di menit ke-56 sebelum klub Spanyol itu menyamakan kedudukan di menit terakhir. John Dempsey dan Osgood memberikan kemenangan 2-1 di partai ulang dilangsungkan dua hari kemudian di stadion yang sama.

Webb cetak gol: David Webb mempertontonkan keserbabisaannya pada Desember 1971 ketika ia menjadi kiper starter saat menghadapi Ipswich Town di liga menyusul cederanya Peter Bonetti dan John Phillips. Bek itu akhirnya sukses membukukan clean sheet dalam kemenangan 2-0.

1983

Setelah berhasil terhindar dari degradasi ke Divisi Tiga dengan selisih poin tipis di musim 1982/83, Chelsea mendatangkan beberapa pemain baru di musim panas 1983 antara lain kiper Eddie Niedzwiecki, gelandang Nigel Spackman, pemain sayap Pat Nevin dan striker Kerry Dixon. Nasib klub pun berubah dan langsung menang telak 5-0 atas Derby County di laga pertama dan hanya kalah sekali dari 17 laga pertama kami di liga dan berhasil promosi ke divisi utama sebagai juara Divisi Dua.

Gol krusial Walker: Ketika klub menghadapi ancaman degradasi, Clive Walker menciptakan gol kemenangan di menit-menit akhir ketika mengalahkan tuan rumah Bolton Wanderers 1-0 pada Mei 1983 yang sekaligus mempertahankan posisi puncak divisi dua, di atas the Trotters.

1995

Di musim perdana Chelsea di Eropa setelah menanti selama 24 tahun, pasukan Glenn Hoddle berhasil maju hingga babak empat besar Piala Winners usai melakukan comeback atas Club Brugge di perempat final. Tertinggal 1-0 di leg pertama di Belgia, the Blues membalas di Stamford Bridge lewat gol-gol Mark Stein dan Paul Furlong. Dua gol itu mengirim the Blues ke semifinal untuk berhadapan dengan Real Zaragoza. Namun, klub Spanyol itu menyingkirkan kami di semifinal dengan agregat 4-3 dan akhirnya menjadi juara setelah mengalahkan Arsenal di final.

Gullit datang: Menjadi sebuah pernyataan tegas dari klub, Chelsea mendatangkan mantan peraih Ballon d’Or, Ruud Gullit dengan status bebas transfer di musim panas 1995. Pria kelahiran Belanda itu kemudian menjadi pemain-manajer kami dan sukses memberikan trofi mayor pertama kami yang telah berpuasa selama 26 tahun dengan mengangkat trofi FA Cup pada 1997.

2007

Chelsea gagal meraih trofi Premier League ketiga beruntunnya di musim 2006/07 namun tidak dengan trofi piala domestik, dua sekaligus. Didier Drogba jadi pemain kunci di kedua kesuksesan tersebut dengan mengemas brace dan membantu comeback kami dengan skor 2-1 atas Arsenal di final League Cup. Ia kemudian mencetak gol di babak tambahan saat melawan Manchester United dan membawa the Blues menjadi klub pertama yang menjadi juara FA Cup di stadion baru Wembley.

Cedera parah JT: John Terry yang tak sadarkan diri ditandu keluar lapangan dan langsung dibawa ke rumah sakit setelah tertendang di bagian kepalanya di final League Cup. Kapten Chelsea melewatkan upacara penyerahan piala namun memaksakan diri untuk kembali ke stadion dan bergabung dengan rekan-rekan setimnya untuk melakukan selebrasi.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA