Blog

Kisah Lama di Kota Baru

Gonzalo Higuain sudah menunjukkan start menjanjikan di Chelsea dengan mencetak dua gol di debutnya di kandang di Premier League. Terlepas dari itu, Maurizio Sarri punya sejarah dalam mengeluarkan yang terbaik dari si striker.

Pemain internasional Argentina itu mengemas dua gol kala kami menggebuk Huddersfield Town 5-0 Sabtu lalu. Setelah mempertontonkan pergerakan luwes dan insting pembunuhnya ketika membuka catatan golnya, ia menambah satu gol lagi lewat tendangan first-time dari luar kotak penalti.

Kedua gol itu melanjutkan rentetan gol si striker yang telah dia ciptakan ketika bermain di bawah arahan Sarri di klub sebelumnya, Napoli, di musim 2015/16.

Jika memasukkan laga pertamanya sebagai pemain Chelsea, maka rekor Higuain selama bermain untuk pelatih kepala Italia itu kini adalah 40 gol dari 45 penampilan. Tapi, lebih luar biasa lagi ketika hanya mengkhususkannya di liga yaitu sebanyak 38 gol dari 37 penampilan di Premier League dan Serie A.

Rasio golnya di bawah besutan Sarri akan lebih mentereng lagi jika menghitung menit main di lapangan dengan rata-rata satu gol per 88 menit di semua kompetisi. Tidak mengherankan jika keduanya punya hasrat besar untuk bekerja sama lagi di London barat.

Meski rekornya tetap tinggi terlepas dari manajer yang menukanginya, dengan rata-rata satu gol per 137 menit dalam kariernya, ketika berada di bawah besutan Sarrilah Higuain mendapatkan rataan gol per menit terbaik.

Rekor terbaik berikutnya ia dapatkan kala bermain untuk pelatih asal Argentina, Manuel Pellegrini, dengan 29 gol dari 40 pertandingan di Real Madrid di musim 2009/10 atau satu gol setiap 102 menit, yang diikuti oleh dua manajer lain di dua klub pertamanya di Eropa, yaitu Jose Mourinho (satu gol setiap 120 menit) dan Bernd Schuster (satu gol setiap 126 menit).

Hanya dua kali ia punya rataan satu gol setiap dua laga, dan itu terjadi dalam periode yang singkat, bersama Fabio Capello di Real Madrid dan Gennaro Gattuso di AC Milan.

Tapi, ia selalu punya catatan apik bersama bos baru, dengan mencetak tiga gol di lima laga pertamanya bersama untuk Gattuso, lalu, setelah sempat absen sebentar lantaran cedera, ia berhasil membikin tiga gol dalam dua laga setelah kembali beraksi.

Ini bukanlah kali pertama Higuain langsung bisa mencetak gol di awal kariernya, terutama di liga. Ia bikin tiga gol di tiga laga setelah bergabung dengan Massimiliano Allegri di Juventus dan ketika bergabung dengan Sarri, ia mengemas empat gol dari empat laga pertamanya di Serie A di Naples.

Mungkin kita tidak akan terkejut jika melihat kerja sama Sarri dan Higuain di Stamford Bridge kembali membuahkan hasil. Mudah-mudahan catatan gol untuk pemain Italia ini akan tetap tinggi hingga akhir masa peminjamannya di SW6.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA