Pratinjau Laga

CPP: Man City vs Chelsea - Poin

Laga besar akhir pekan ini jatuh pada hari Minggu. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik Paul Dutton bersemangat menyambut laga ini…

POIN-POIN PENTING

Dua klub dominan di Premier League selama sembilan musim terakhir saling berhadapan. Kedua tim sama-sama memenangi tiga titel dan akan kembali berhadapan di final Carabao Cup, dan diawali dari laga di Manchester timur akhir pekan ini.

Berkat kemenangan di kandang Everton pada Kamis dini hari, Manchester City berhasil merebut puncak klasemen. Terakhir kali mereka bertengger di puncak adalah dari 29 September hingga 8 Desember – hari di mana laju tak terkalahkan the Citizens yang sudah berjalan selama 22 laga terhenti di Stamford Bridge dengan menelan kekalahan 2-0 dari Chelsea. Sejak itu, mereka tak pernah berhenti mencetak gol.

The Londoners akan membawa bekal kemenangan telak 5-0 dari Sabtu lalu, dan Maurizio Sarri memiliki waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan diri. Namun, akhir pekan ini tim mendapat ujian berat dari tim yang sudah mencetak 100 gol lebih banyak di semua kompetisi ketimbang yang dibuat oleh lawan kami akhir pekan lalu, Huddersfield.

Namun demikian, Pep Guardiola akan memilih untuk menunda laga di Goodison Park itu, untuk mempersiapkan timnya tampil di final Carabao Cup, lagi-lagi berhadapan dengan Chelsea again, terutama mengingat the Blues punya waktu seminggu penuh untuk beristirahat dan mempersiapkan diri menghadapi laga krusial hari Minggu nanti.

Sepanjang karier kepelatihannya, Pep Guardiola paling sering menelan kekalahan dari Chelsea (tiga kali).

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Jadwal kami di bulan Februari ini akan didominasi laga di London dan Manchester. Ini adalah laga pertama dari tiga pertemuan vital Chelsea melawan klub-klub dari Manchester, dan merupakan kali jamuan kedua City berturut-turut terhadap klub London.

Kekalahan 3-1 Arsenal memperlebar keunggulan selisih gol the Blues dengan the Gunners menjadi tujuh dan ini menguntungkan kami dalam memperebutkan tempat di zona Liga Champions (kami unggul tiga poin). Pesaing terdekat kami adalah Manchester United, yang akan berhadapan dengan the Blues di laga berikutnya di FA Cup. Mengalahkan rival terdekat akan jadi hasil yang krusial di sepertiga akhir liga musim ini.


Hari Minggu nanti, the Londoners juga akan mengincar sapu bersih ke-11 di liga atas City di laga kandang dan tandang. Tidak ada tim yang bisa melakukan itu pada mereka sejak Premier League mulai bergulir pada 1992/93.

The Blues memasuki akhir pekan ini sebagai tim tertinggi ketiga di divisi utama untuk kategori penciptaan peluang, namun terbawah ketiga untuk konversinya. Kemenangan atas Huddersfield jadi hasil paling besar di bawah arahan Maurizio Sarri, dan kemenangan dengan margin lima gol pertama sejak Stoke menyambangi Stamford Bridge pada Desember 2017. Kemenangan 5-0 itu menyamai kemenangan terbesar kami atas the Terriers, yang diciptakan 70 tahun lalu, tepatnya pada April 1949 di Stamford Bridge.

Di laga itu, Kante mengemas assist keempatnya di liga, empat lebih baik ketimbang dua musim pertamanya bersama the Blues; catatan golnya bahkan sudah tiga kali lipat dari torehannya di Inggris.

Sementara itu, Kepa Arrizabalaga masih ada di urutan kedua untuk meraih sarung tangan emas, dengan jumlah clean sheet yang sama dengan kiper City Ederson, namun dengan jumlah pertandingan lebih sedikit.

Clean sheet di Premier League

Lawan kami akhir pekan ini, Man City besutan Pep Guardiola, akan berupaya mengangkat trofi juara Premier League untuk kedua kalinya berturut-turut, sesuatu yang umum disaksikan hingga musim 2008/09.

Kala itu, Chelsea adalah juara dua kali beruntun pada 2004/05 dan 2005/06, yang diikuti oleh United pada 2007-2009.

Liverpool, yang saat ini bercokol di peringkat dua, yang masih memiliki satu laga lebih sedikit dari Man City, bisa kembali ke puncak dan member tekanan pada City dengan mengalahkan Bournemouth sehari sebelum laga Chelsea.


KEMUNGKINAN TERBAIK YANG BISA TERJADI AKHIR PEKAN INI…

Citizens dikantongi.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA