Pratinjau Laga

Catatan Pra Pertandingan: Chelsea vs Nottingham Forest

Aksi di FA Cup akhir pekan ini mempertemukan dua tim dari dua divisi, namun Nottingham Forest bukan tim yang asing bagi kami. Sejarawan klub Rick Glanvill dan ahli statistik Paul Dutton mengarahkan fokusnya ke putaran ketiga turnamen ini…

Stamford Bridge akan menjadi tuan rumah laga ulangan babak pembuka FA Cup musim lalu, menjamu Forest di kandang, yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Chelsea. Kedua klub juga bersua di League Cup 2017/18, berkesudahan 5-1 untuk kemenangan the Blues, dan ini adalah pertemuan ketiga kedua tim di tiga musim terakhir.

Kemenangan di laga ini akan jadi yang ketujuh kalinya beruntun atas Forest, yang selalu gagal mencetak gol di empat pertemuan sebelumnya di kompetisi ini.

Chelsea berupaya memperpanjang rekor tak terkalahkan klub di putaran ketiga FA Cup menjadi 22 musim beruntun.

photo of Statistik Kunci Statistik Kunci

Gelar juara terbanyak di FA Cup

Arsenal 13
Manchester United 12
Chelsea 8
Tottenham Hotspur 8
Liverpool 7
Aston Villa 7
Manchester City 6
Newcastle United 6
Blackburn Rovers 6

Membawa perubahan

Kedua klub sama-sama menghadapi tiga laga di liga masing-masing selama tujuh hari, dan tentunya akan menarik melihat kekuatan starting 11 yang diturunkan kedua tim.

Pada pertemuan musim lalu, pelatih kepala Chelsea kala itu, Maurizio Sarri, menurunkan pemain-pemain muda seperti Callum Hudson-Odoi dan Ethan Ampadu, dan akhir pekan ini pun kesempatan terbuka bagi pemain-pemain muda seperti Marc Guehi, Billy Gilmour, dan Tariq Lamptey.

NOTTINGHAM FOREST (K) FA CUP 2019


Forest, di bawah besutan Sabri Lamouchi tampil berani musim ini. Lewis Grabban mengemas dua gol saat menaklukkan tim tamu Blackburn Rovers dengan skor 3-2 pada Tahun Baru, kemenangan ketiga beruntun mereka, dan merupakan gol ke-14 bagi eks striker Bournemouth itu.

Karena pria 31 tahun itu selalu mengisi lini serang Forest, tentu prioritas mereka menjadi jelas ketika dia tidak menjadi starter dalam formasi 4-2-3-1 hari Minggu nanti.

Kembali ke jalur Wembley

The Blues selalu mencapai final di dua dari tiga musim terakhir dan melesat sebagai tim tersukses dan dengan penampilan terbanyak selama 25 tahun terakhir. Terakhir kali Forest bermain di Wembley adalah pada 1991, ketika ditukangi oleh Brian Clough.

Penampilan di final FA Cup dalam 25 musim terakhir
JuaraRunner-upTotal
Chelsea729
Manchester United448
Arsenal718
Liverpool224
Everton112
Manchester City213
Portsmouth112
Aston Villa22
Newcastle22
Wigan11
Cardiff11
Crystal Palace11
Hull11
Middlesbrough11
Millwall11
Southampton11
Stoke11
Watford11
West Ham11

Meski partai ini merupakan partai ulangan dari babak yang sama musim lalu, klub yang kami hadapi ini tengah berada dalam tren positif setelah melewati dua dekade penuh keputusasaan.

Forest terdegradasi pada 1999 dan terjerembap ke kasta ketiga pada 2005. Namun demikian, sekarang mereka bercokol di peringkat empat divisi Championship, tertinggal sembilan poin dari dua tim pemuncak klasemen, Leeds dan West Brom. Pemilik mereka, orang Yunani, pun punya rencana besar untuk membangungkan raksasa yang sedang tidur ini.

Pemilik Forest, Evangelos Marinakis

Pemilik Forest, Evangelos Marinakis, baru berusia tiga tahun pada 21 Mei 1971 ketika Chelsea mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 di stadion Karaiskakis yang terletak di kota kelahirannya, Piraeus, yang merupakan pelabuhan Athena, dan menjadi jawara Piala Winners. Empat puluh tahun kemudian raja jasa pengiriman yang kaya raya ini menjadi pemilik dan presiden Olympiacos, yang menggunakan stadion yang sama sebagai kandang mereka.

Marinakis membeli Nottingham Forest pada Mei 2017 dan sebulan setelah the Reds takluk 2-0 di Stamford Bridge pada Januari 2019, dia mengumumkan rencananya untuk membangun kembali City Ground. Setahun kemudian, Forest telah menuntaskan fase pertama dari pembangunan kembali itu, Peter Taylor Stand, yang akan jadi “investasi terbesar di klub sejak 20 tahun terakhir”.

Pelatih Forest, Sabri Lamouchi

Regulasi FA Cup 2019/20

Meski Video Assistant Referees baru mulai digunakan pada perempat final FA Cup, semua tim yang bermain di markas tim-tim Premier League di putaran ini dan di putaran-putaran selanjutnya akan menggunakan VAR termasuk (tidak seperti musim lalu) Chelsea versus Forest.

Kartu kuning dan merah yang diberikan kepada pemain hanya akan dihitung pada kompetisi di mana kartu tersebut dikeluarkan. Dua kartu kuning di FA Cup akan mengakibatkan skorsing satu pertandingan.

Lebih jauh lagi, putaran kelima FA Cup akan dilangsungkan pada tengah pekan, tanpa partai ulang, dan semua partai akan diselesaikan pada hari itu.

Jika skor di Stamford Bridge berimbang setelah 90 menit maka akan diadakan partai ulang di City Ground pada Kamis 16 Januari, mengikuti jadwal siaran TV setempat.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA