Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Chelsea 2 Nottingham Forest 0

The Blues berhasil maju ke putaran keempat FA Cup untuk ke-22 kalinya beruntun.

Gol-gol yang diciptakan oleh pemain-pemain internasional Inggris Callum Hudson-Odoi dan Ross Barkley di babak pertama sudah cukup untuk memastikan kelolosan tim kami yang mengalami banyak perombakan. Hudson-Odoi menyuplai assist untuk gol kedua dan menciptakan beberapa peluang lainnya, terutama bagi penyerang tengah yang diturunkan malam ini, Michy Batshuayi, dan di babak kedua, ketika sepakan Barkley menerpa tiang gawang.

VAR juga punya andil, yang tentu tak akan diikuti oleh keluhan dari para pendukung Chelsea karena keputusan yang diambil berupa pembatalan pemberian hadiah penalti kepada tim tamu karena dinyatakan offside. Setelah itu, gol the East Midlanders di babak kedua pun dianulir dengan alasan yang sama.

Selain menghadapi rintangan lain di babak ketiga, laga FA Cup kami di tahun 2020 ini juga menandai dimulainya musim historis 50 tahun silam, ketika the Blues-nya Dave Sexton berhasil melaju hingga Wembley, lalu ke Old Trafford untuk melakoni partai ulang yang berakhir dengan raihan trofi ikonik tersebut untuk kali pertama.

Hari ini Chelsea mengenakan seragam retro spesial untuk memperingati peristiwa tersebut, dan beberapa bintang dari tim 1970-an, plus kerabat yang sebagian di antaranya tidak dapat hadir, masuk ke lapangan saat turun minum. Mereka tentunya senang dengan yang mereka saksikan selama 90 menit.

Laga ini mempertemukan tim peringkat empat Premier League dengan peringkat empat Championship, meski kedua tim sama-sama tidak menurunkan pemain-pemain reguler mereka. Chelsea dan Forest sama-sama melakukan sembilan pergantian dari tim yang tampil di laga Tahun Baru.
 

Salah satu pemain yang diturunkan adalah Hudson-Odoi, dan pemuda 19 tahun itu memulainya dengan cara yang sempurna dengan mencetak gol pembuka di menit keenam.

Chelsea menggerakkan bola dengan cepat di antara pemain-pemain di lini depan, dan ketika Pedro mengoper ke lebar lapangan, Hudson-Odoi, beroperasi di kanan, melihat adanya celah dan langsung menembak ke antara kedua kaki full-back Ribeiro dan masuk ke pojok tiang dekat. Simpel namun jitu.
 

Hudson-Odoi menemukan ruang tembak yang membuahkan gol pertama

Reece James dan Hudson-Odoi kembali menguji Forest dengan umpan-umpan silang berbahaya namun the Blues sedang tidak beruntung sehingga skor tidak berubah menjadi 2-0 ketika mencoba menuntaskan sebuah serangan balik di menit ke-19. Sepakan Pedro mengenai Batshuayi yang tengah berlari di depan si pria Spanyol.

Di pertengahan babak pertama, awalnya Forest diberikan hadiah penalti setelah Fikayo Tomori dianggap melanggar Alexander Mighton, keputusan yang kemudian dibatalkan setelah VAR melihat tidak adanya pelanggaran. Dalam tayangan video, bukannya mendapat hadiah penalti, pemain Forest malah terlihat berdiri di posisi offside ketika menerima bola.
 

Cegatan Tomori yang akhirnya ditinjau menggunakan VAR

Chelsea kembali menekan untuk mencari gol kedua. Batshuayi sedikit lagi bisa memaksimalkan umpan silang James, namun kemudian gol pun lahir dari kaki Ross Barkley, yang berada di tempat yang tepat untuk mensontek bola hasilan sepakan Hudson-Odoi yang dimentahkan oleh kiper Forest, Jordan Smith.

Mateo Kovacic terlihat tajam dan waspada ketika merebut bola dan kemudian bola dioper ke lebar lapangan oleh Barkley ke Hudson-Odoi yang akhirnya mendapat kesempatan menembak.
 

Loading OPTA feed
Barkley melompat usai menggandakan keunggulan menjadi 2-0

Tepat sebelum turun minum, James dan Batshuayi kembali bekerja sama namun sundulan si pria Belgia masih belum membuahkan gol.

Unggul dua-nol saat interval, kami merasa nyaman. Sebuah bola dari Mighten yang meluncur di muka gawang kami dan hadiah penalti untuk Forest yang dibatalkan itu jadi satu-satunya ancaman.

Smith mampu menghalau sepakan James di awal babak kedua. Sundulan Barkley atas umpan silang Hudson-Odoi masih mengenai tiang gawang.

Di pertengahan babak pertama, Forest berhasil menyarangkan bola ke gawang namun Ryan Yates sudah lebih dulu berdiri di posisi offside ketika menanduk bola hasil tendangan bebas. Lagi-lagi VAR berpihak kepada Chelsea.
 

Pemain forest dinyatakan offside saat menjebol gawang kami di babak kedua

Batshuayi kehilangan kontrol atas sepakannya ketika mendapat umpan manis Hudson-Odoi di muka gawang. Dua tahun lalu, di Carabao Cup, melawan tim yang sama di stadion yang sama pula, Michy mencetak trigol. Namun, kali ini berbeda.

Tariq Lamptey masuk – melakoni penampilan keduanya – di babak kedua, dan diturunkan dalam posisi yang lebih maju ketimbang ketika melawan Arseal. Ia menggantikan Pedro dan langsung nyaris bisa menyelesaikan sebuah pergerakan yang diakhiri dengan umpan tarik James. Namun, ada Michael Dawson di sana.

Emerson, yang tampil untuk ke-50 kali bagi Chelsea, mencoba menembak namun melebar. Hudson-Odoi kemudian membuat tembakan terakhir di laga itu, sekaligus menutup kemenangan the Blues.

Undian babak keempat akan dilangsungkan pada hari Selasa pukul 02.35 WIB.

Sepak mula laga hari ini dimulai satu menit lebih lambat, yang merupakan suatu hal yang dilakukan di semua laga putaran ketiga tahun ini, untuk mendukung kampanye Heads Up FA yang berkaitan dengan menjaga kesehatan mental. Sebuah video spesial dimainkan di layar lebar selama semenit itu, yang menampilkan Frank Lampard, Callum Hudson-Odoi, dan Joe Cole.

Chelsea (4-3-3): Caballero; James, Christensen, Tomori, Emerson; Barkley, Jorginho (k), Kovacic (Mount 69); Hudson-Odoi, Batshuayi, Pedro (Lamptey 75).
Cadangan Cumming, Azpilicueta, Rudiger, Willian, Giroud.
Gol Hudson-Odoi 6, Barkley 32
Kartu kuning James 65

Forest (4-3-3): Smith; Jenkinson, Dawson (k), Figueiredo (Benalouane h-t), Ribeiro; Yates, Carvalho, Semedo (Fornah 69); Adomah, Mighton, Johnson (En-Neyah 81).
Cadangan Shelvey, Sole, Hefele, Gabriel.
Kartu kuning Yates 77

Penonton
40.492
Wasit Peter Bankes
 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA