Berita

Akil Balig - Mason Mount Kini Berusia 21 Tahun

Mason Mount, salah satu talenta paling cemerlang yang muncul dari Akademi Chelsea, merayakan ulang tahunnya yang ke-21 hari ini (10 Januari).

Meski masih muda, gelandang ini telah mencapai prestasi hebat dalam karier sepak bolanya dan hari bahagianya ini kami rayakan dengan melihat kembali momen-momen terbaiknya sejauh ini sebagai seorang pesepak bola.

Karier Akademi yang Mengilap

Mount bergabung dengan Chelsea saat masih berusia enam tahun, pada 2005, dan kemudian meraih banyak kesuksesan bersama tim Akademi selama 12 tahun berikutnya. Ia juga tampil saat mengalahkan Paris Saint-Germain di final UEFA Youth League pada musim 2015/16 lalu semusim kemudian mengapteni tim Under-18 untuk meraih trofi FA Youth Cup untuk keempat kalinya beruntun. Karier juniornya ditutup dengan terpilih sebagai Chelsea’s Academy Player of the Year musim 2016/17

Juara Eropa

Setelah musim yang sukses bersama tim yunior, Mount bertolak ke Georgia untuk membela Inggris di UEFA European Under-19 Championship 2017 dan menarik perhatian berkat penampilan impresifnya untuk tim Singa Muda. Dia lebih memilih mengoper Lukas Nmecha – ketimbang menyelesaikan peluang sendiri – yang berhasil dikonversi menjadi gol kemenangan atas Portugal di final yang berkesudahan dengan skor 2-1 dan terpilih sebagai pemain terbaik kompetisi itu, menyempurnakan gelar juara yang diperoleh Inggris.

Ke Belanda

Menyusul kesuksesan di level junior, Mount menaikkan levelnya ke sepak bola senior di musim 2017/18 dengan dipinjamkan ke klub Belanda Vitesse Arnhem selama semusim penuh. Masih berusia 18 tahun, dia sudah popular di Eredivisie dengan mencetak 14 gol, membantu Vitesse lolos ke Liga Europa dan meraih penghargaan Player of the Year di klub tersebut.

Mentereng di Derby

Setelah tampil mengesankan di Belanda, Mount kembali ke Inggris dan tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bergabung dengan klub Championship, Derby County, dengan status pinjaman dan bekerja di bawah arahan legenda Chelsea, Frank Lampard, di sana. Meski sempat menepi selama dua bulan akibat cedera hamstring, dia membuktikan diri bisa menjadi sosok penting bagi the Rams yang berhasil mencapai final play off Championship dan selangkah lagi bisa meraih tiket promosi ke Premier League.

Kembali ke rumah sendiri

Kesuksesan Mount di Vitesse dan Derby membuatnya diganjar kontrak baru berdurasi lima tahun dari the Blues pada Juli lalu dan bahkan mendapat tempat di skuat kami, pas dengan prinsip kepala pelatih kami Lampard untuk memberi kepercayaan kepada pemain-pemain home-grown muda. Dia memanfaatkan benar sebagian besar kesempatannya, dan membuka catatan golnya di Chelsea hanya dalam waktu lima menit ketika melakukan debut di Stamford Bridge lewat sebuah sepakan oportunis ke gawang Leicester City.

Mengaum bersama Tiga Singa

Start apik Mount bersama the Blues musim ini membuatnya dipanggil untuk memperkuat Inggris di babak kualifikasi Euro 2020. Penampilan pertamanya bagi tim nasional senior dilakukan saat turun sebagai pemain pengganti dalam laga kontra Bulgaria di Wembley pada 7 September. Dua bulan kemudian dia berhasil menyarangkan gol perdananya untuk tim Tiga Singa saat menggasak tuan rumah Kosovo dengan skor 4-0, yang menjadikannya sebagai kandidat kuat untuk masuk ke line-up Inggris untuk turnamen yang akan digelar pada musim panas mendatang.

Seberapa dalam pengetahuan Anda tentang Mason Mount? Uji pengetahuan Anda tentang pemuda yang baru berulang tahun ini di kuis spesial kami.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA