Berita

Reece James Sepakati Kontrak Jangka Panjang dari Chelsea

Reece James baru saja menandatangani perpanjangan kontrak jangka panjang dari Chelsea Football Club yang mengikatnya di Stamford Bridge hingga setidaknya tahun 2025.

Si bek, yang bulan lalu baru berulang tahun yang ke-20, tampil sebanyak 18 kali untuk the Blues musim ini, dan mencetak gol perdananya dalam kemenangan telak kami atas Grimsby Town di ajang Carabao Cup. Yang lebih berkesan lagi, gol penyeimbangnya yang tercipta secara dramatis membuahkan satu poin saat berhadapan dengan Ajax di Liga Champions, laga yang berkesudahan dengan skor 4-4 di Stamford Bridge pada November lalu.

James hanya absen satu kali di liga selama masa peminjamannya di Wigan, yang bersaing di divisi Championship musim lalu, dan sukses menyapu bersih penghargaan individu dalam ajang malam penganugerahan di akhir musim sebelum kembali ke SW6.

Dia mengalami cedera engkel pada musim panas lalu ketika membela Inggris Under-20 di Toulon Tournament namun tetap masuk dalam rencana Frank Lampard meski harus menepi selama tiga bulan. Ia pun selalu jadi starter di tiga laga terakhir kami di semua kompetisi.
 

Simak video wawancara kami dengan Reece James secara eksklusif di aplikasi The 5th Stand.

Berapa lama durasi kontrak baru Reece James ini?

Setelah menandatangani kontrak berdurasi lima setengah tahun, bek ini berkata, “Adalah mimpiku untuk berada di sini, di Chelsea, dan bermain setiap pekan. Mendapat kontrak untuk lima setengah tahun ke depan ini menghidupkan lagi mimpi itu.”

“Aku selalu ingin ada di sini dan lima setengah tahun lagi sangat berarti bagiku dan keluargaku.”

Direktur Chelsea Marina Granovskaia berkata: “Mulus dan cepatnya Reece melebur dengan tim meski melewatkan awal musim jelas diketahui oleh semua orang, dan fakta adanya pemain muda lain menjadi bagian dari masa depan klub merupakan hasil dari kerja keras Akademi kami, departemen pemain pinjaman kami, staf pelatih kami yang baru, dan tentunya si pemain itu sendiri.”

“Reece memulai edukasi sepak bolanya bersama kami saat berusia enam tahun dan performanya di Wigan musim lalu memberikan landasan untuk awal yang meyakinkan dalam kariernya di tim Chelsea. Kami senang sekali kini dia memiliki kesempatan yang sempurna untuk bertolak dari situ dan menjadi pemain besar kami untuk tahun-tahun mendatang.”

Kapan Reece James menyatakan komitmennya kepada Chelsea?

Berlatih di Cobham sejak usia enam, James membubuhkan tanda tangannya saat berada di kelompok usia Under-9. Dia terus lulus dengan mantap dari berbagai kelompok usia Akademi. Awalnya bermain sebagai striker, ia kemudian digeser ke belakang menjadi gelandang lalu bek. Di posisi itulah dia menemukan tempatnya dan mengukuhkan dirinya sebagai full-back petarung dan energik dengan tak kehilangan insting menyerangnya.

Dia adalah pemain kunci kesuksesan tim Under-18 dalam meraih Treble di musim 2016/17, dengan keserbabisaannya yang menjadi atribut utama bagi pelatih Jody Morris, yang memainkannya sebagai bek kanan, bek sayap, dan salah satu dari tiga bek tengah di musim itu. FA Youth Cup sekali lagi berhasil dipertahankan dan James tak pernah absen satu pertandingan pun, bahkan mencetak sebuah tandukan brilian di semifinal yang digelar di White Hart Lane.

Pemuda kelahiran London ini terus tampil apik di musim selanjutnya, menjadi kapten tim yunior yang kembali berhasil menjadi yang terbaik di Youth Cup dan terpilih sebagai Academy Player of the Year. Pada Juni 2018, dia menandatangani kontrak baru berdurasi empat tahun dari Chelsea lalu dipinjamkan ke Wigan yang berkompetisi di kasta kedua liga Inggris dan sangat sukses di sana.

Di bawah arahan Paul Cook, James jadi sosok instrumental bagi the Latics yang berhasil bertahan di divisi Championship dan bahkan mendapat suara sebesar 96 persen dari para suporter Wigan dalam pemilihan Player of the Year mereka.

Dia bermain di posisi bek kanan dan gelandang tengah, hanya sekali absen di liga sepanjang musim perdananya di sepak bola profesional. Dia juga meraih penghargaan Players’ Player of the Year dan Goal of the Season berkat gol briliannya ke gawang Bristol City.

Kapan Reece James melakukan debutnya untuk Chelsea?

Setelah pulih dari cedera engkel yang dideritanya di laga internasional, James melakukan debutnya untuk klub yang dia idolakan sejak kecil di Stamford Bridge saat melawan Grimsby pada September lalu dan mencetak gol kelima kami dalam laga yang berakhir dengan kemenangan telak 7-1 itu. Sepekan kemudian, dia dimainkan sejak menit pertama di Liga Champions saat kami menekuk Lille di Prancis, yang menunjukkan mentalnya yang tak pernah gentar meski dimainkan di laga besar sekalipun.

Catatan bersejarah terus ditorehkan dan akhirnya dia melakukan debutnya di Premier League saat diturunkan sebagai pemain pengganti dalam laga kontra Newcastle sebelum kemudian melakoni start pertamanya dalam kemenangan 2-0 atas Crystal Palace pada November lalu. Bek muda ini mendapat banyak pujian karena berhasil meredam Wilfried Zaha sepanjang pertandingan. Di antara kedua laga tersebut, dia menciptakan sebuah gol penyeimbang yang sangat dramatis saat melawan Ajax, menutup comeback kami setelah tertinggal 4-1 dan membuat seisi Stamford Bridge menggila.

Di panggung internasional, dia baru saja membela Inggris Under-21 dan telah mengoleksi medali juara dari Toulon Tournament 2017 dan Piala Eropa Under-19 2019.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA