Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Newcastle 1 Chelsea 0

Chelsea dibungkam lewat sundulan Isaac Hayden yang tak mampu dihentikan Kepa di masa perpanjangan waktu di markas Newcastle dan pasukan Frank Lampard pun harus menelan kekalahan tandang pertama sejak awal Desember lalu.

The Blues sangat mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola sebesar 70 persen dan 19 tembakan selama 90 menit. Namun demikian, mereka gagal menjebol gawang lawan untuk kali pertama sejak laga pertama musim ini. Peluang terbaik kami datang dari N’Golo Kante di babak pertama, yang masih mengarah tepat ke kiper lawan. Sementara percobaan Tammy Abraham dengan kepalanya di babak kedua belum membuahkan hasil.

Malapetaka datang di masa waktu tambahan ketika kami gagal mengantisipasi sepak pojok lawan – setelah berhasil di sepak pojok sebelumnya – dan Hayden berhasil menanduk bola ke bawah dan melewati kiper kami, yang sebenarnya bisa menepis bola namun bola tetap melaju ke gawang. Dengan hasil ini, maka jarak kami dengan Manchester United tidak berubah – lima poin. United baru akan menyambangi Liverpool pada Minggu malam.

Kante yang telah bugar kembali dimainkan di posisinya dan jadi satu-satunya perubahan dari tim yang meraih kemenangan atas Burnley akhir pekan lalu, dengan menggantikan Barkley di lini tengah. Tidak ada perubahan dari empat bek yang membukukan clean sheet saat melawan the Clarets, di mana Andreas Christensen tetap diduetkan dengan Toni Rudiger di jantung pertahanan.

Laga dimulai dengan alot dan saling mematahkan alur bola lawan. The Blues langsung memegang kendali permainan sejak peluit ditiup dan terus menjajaki cara untuk menebus tembok pertahanan yang dibangun oleh pemain-pemain berkaus hitam-putih. Hanya sebuah sepakan kapten Cesar Azpilicueta yang diblok lawan dan setengah peluang dari Mason Mount yang tercipta di 15 menit pertama.

Fisio Newcastle selalu sibuk selama beberapa pekan terakhir di Tyneside dan tak berbeda dengan laga ini. Dia kembali masuk ke lapangan di awal pertandingan ketika bek sayap kiri Jetro Willems terpaksa meninggalkan lapangan.

Callum Hudson-Odoi sempat mendapat peluang tembak tak lama setelah Mount melambungkan umpan ke atas lini pertahanan the Magpies namun kiper Martin Dubravka dengan cepat keluar dari wilayahnya untuk mengamankan bahaya.

Pasukan Steve Bruce dengan cepat merapatkan barisan dan mulai menciptakan ancaman, terutama dengan melepas umpan-umpan ke kotak penalti. Kepa Arrizabalaga berhasil meninju salah satu umpan mereka namun pemuda asal Spanyol itu tak mampu berbuat apa-apa ketika Joelinton menyelinap ke ruang bebas delapan yard di depan gawang dan menyambar umpan silang Federico Fernandez, yang hanya menerpa mistar gawang.

Jorginho berupaya membongkar pertahanan tim tuan rumah

Di ujung lapangan lain, Abraham mendapat ruang tembak 30 yard di depan gawang namun sepakannya melambung ke tribun pendukung Newcastle. Tak lama kemudian, striker Inggris ini punya kesempatan yang lebih baik untuk memecah kebuntuan ketika menerima umpan silang Willian dan mem-flick bola ke gawang, namun masih digagalkan oleh tiang gawang. Namun demikian, sundulan flick Kante sudah lebih dahulu membuat si pemain bernomor punggung sembilan offside.

Tak lama kemudian, Kante punya peluang terbaik di babak pertama. Berlari dengan cerdik menghindari penjagaan bek-bek lawan untuk menerima umpan Reece James, Kante berada dalam sudut tembak yang kurang menguntungkan dan bola disepak ke arah Debravka. Fernandez menciptakan peluang terakhir sebelum jeda turun minum dengan tandukan yang masih melambung di atas mistar gawang Kepa.

Berdasar statistik, St. James’ Park bukanlah tempat yang mudah the Blues taklukkan, dengan persentase kemenangan hanya sebesar 29,2 – yang paling sulit kami jinakkan setelah Anfield, Old Trafford, Highbury/The Emirates-nya Arsenal. Frustrasi berlanjut setelah turun minum dengan ketidakmampuan kami untuk menyelesaikan peluang-peluang di sepertiga akhir lapangan.

Sundulan Joelinton menerpa mistar gawang, peluang Newcastle di babak pertama

Willian masih jadi jantung dari permainan kami dan si pemain Brasil itu kali ini jadi tumpuan serangan balik yang kami bangun di menit ke-53. Setelah Abraham dan Mount bekerja sama di sisi kanan lapangan, bola dialirkan ke pemain bernomor punggung 10 yang berlari di depan, di sisi yang berlawanan. Sayang sekali, sepakan kaki kirinya masih melebar.

Meski mendominasi penguasaan bola hampir dua pertiganya hingga satu jam permainan, kami hanya bisa beberapa kali melepas tembakan akibat rapatnya pertahanan dan kerja keras para pemain Newcastle. Azpilicueta mencoba menembak dari jarak 25 yard namun mudah diamankan oleh Dubravka, yang melakukan hal yang sama terhadap upaya Kante beberapa saat kemudian.

Lampard memasukkan Barkley untuk menambah kreativitas dan kehadiran pria 26 tahun itu berhasil memberikan ancaman tambahan. Ketika waktu menunjukkan menit ke-72, bola meluncur deras dan jatuh ke kaki Abraham. Berada di sudut yang sulit, striker muda itu akhirnya menendang dalam posisi yang tidak sempurna dan bola pun melebar.

Kesempatan terakhir Abraham di laga ini datang ketika laga tersisa 10 menit lagi, menyusul sebuah umpan tajam yang dilepaskan Jorginho dan sebuah sundulan bola ke kotak enam yard, namun ia tak mampu menjangkau bola yang kemudian diamankan oleh Dubravka. Michy Batshuayi masuk menggantikannya ketika the Blues mengupayakan segalanya untuk menciptakan gol kemenangan.

The Blues terus menguasai bola namun tak mampu menembus pertahanan lawan

Adalah pemain pengganti lainnya, Emerson Palmieri, yang nyaris membuat gol di menit-menit akhir. Willian, yang beroperasi di sayap kanan, melakukan tusukan berbahaya lalu melepas umpan rendah ke arah si full-back yang sudah menanti di depan kotak penalti. Bola disepak dengan baik namun sempat mengenai pemain lawan dan melebar tipis di samping gawang.

Tuan rumah punya kesempatan dua menit sebelum waktu normal berakhir ketika Miguel Almiron mengirim umpan ke dalam kotak penalti dan Allan Saint-Maximin meneruskannya dengan apik ke jalur pergerakan Joelinton, meski kemudian dieksekusi dengan buruk oleh si pemain depan.

Hudson-Odoi menusuk dari sayap kiri lalu menembak. Melambung. Kami mengira itu adalah serangan terakhir di laga ini, namun ternyata terjadi pukulan telak di masa perpanjangan waktu. Dengan kepalanya, Willian berhasil mengamankan sepak pojok yang dilepaskan lawan dari sisi kiri lapangan, namun Saint-Maximin kembali mengarahkan bola ke dalam kotak penalti dan sukses disundul Hayden masuk ke gawang Kepa.


Chelsea (4-3-3) Kepa; James (Emerson 75), Rudiger, Christensen, Azpilicueta (k); Jorginho, Kante, Mount (Barkley 68); Hudson-Odoi, Abraham (Batshuayi 80), Willian
Cadangan Caballero, Zouma, Kovacic, Pedro
Kartu kuning Emerson 84

Newcastle (5-4-1) Dubravka; Krafth (S Longstaff 71), Fernandez, Clark, Lascelles (k), Willems (Ritchie 12); Joelinton, Hayden, Shevley (M Longstaff 84), Saint-Maximin; Almiron
Cadangan Darlow, Schar, Lejeune, Atsu
Gol Hayden 90+4
Kartu kuning Hayden 55

Wasit Chris Kavanagh
Penonton 52.217

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA