Laporan Pertandingan

Laporan Pertandingan: Hull 1 Chelsea 2

The Blues dipastikan mengikuti drawing putaran kelima FA Cup Senin malam waktu setempat berkat satu gol di tiap babak dalam laga di Humberside yang digelar pada Minggu tengah malam.

Michy Batshuayi membawa kami unggul cepat dan diikuti oleh dominasi pasukan Frank Lampard kemudian. Menjelang turun minum, Hull mulai bisa keluar dari tekanan dan melancarkan serangan demi serangan di babak kedua.

Lagi-lagi, the Blues terlihat seperti harus membayar mahal ketidakefektifan serangan kami di sepertiga akhir lapangan. Namun, kekhawatiran tersebut mereda setelah, dari situasi bola mati, tandukan Fikayo Tomori, ke gawang klub yang pernah dibelanya selama setahun, mengubah kedudukan menjadi 2-0 di pertengahan babak kedua.

Namun kemudian, lewat sebuah tendangan bebas, Hull berhasil mencetak satu gol dan menyulitkan kami selama 15 menit terakhir. Tidak seperti saat melawan Arsenal pada tengah pekan, mereka gagal menciptakan gol penyeimbang.

Dengan kemenangan ini maka para pemain akan memiliki libur musim dingin selama dua pekan penuh, yang akan dimulai bulan depan. Ini tentunya tidak akan terjadi jika harus melakukan duel ulang dengan Hull.

Satu gol tercipta dari dominasi di babak pertama

The Londoners hanya membutuhkan waktu enam menit untuk unggul dan membungkam sorak-sorai pendukung tuan rumah di East Yorkshire. Serangan berbahaya dimulai ketika Cesar Azpilicueta mendapat banyak ruang untuk melepas umpan silang, yang jatuh ke kaki Mason Mount. Sepakan gelandang kami itu bisa diblok namun akhirnya bola datang mendekati Batshuayi yang sukses mengonversinya menjadi gol setelah sempat mengenai bek the Tigers.

Michy buka keunggulan 1-0

Setelah mencetak gol dengan tendangan pertamanya di laga ini, si pria Belgia kembali mendapat peluang namun sepakannya dari sudut sempit hanya menerpa sisi samping gawang. Peluang lebih menjanjikan diciptakan oleh Ross Barkley, yang mendapat umpan terobosan Mount dari tengah lapangan, namun sepakan pemain bernomor punggung delapan itu mengarah tepat ke kiper Hull George Long.

Ketika mendapat peluang, tuan rumah mencoba menyerang lewat pemain cepat mereka di kiri lapangan, Mallik Wilks, dan si pemain yang sama beberapa kali menguji pertahanan kami dengan beberapa umpan silang yang dilakukannya. Namun, di sisi yang sama, Callum Hudson-Odoi makin meningkatkan pengaruhnya.

Batshuayi sempat menggertak pemain-pemain Hull di dua kesempatan namun tak bereaksi ketika Mount mengirim umpan silang ke muka gawang ketika laga berjalan sepertiga waktu.

Mount tampil apik di babak pertama dan seharusnya bisa mencetak gol ketika mendapat umpan ciamik Kovacic. Salah satu sentuhannya terlalu kuat sehingga Long dapat mendekat dan memblok bola. Tak lama kemudian kami kembali melakukan pergerakan di dalam area penalti Hull.

Sepakan Mount digagalkan

The Humberside memaksa the Blues terus bertahan menjelang turun minum, yang memberi mereka harapan untuk babak kedua. Namun Chelsea, melalui Azpilicueta, juga memaksa Long melakukan penyelamatan sesaat sebelum interval.

Lampard pastinya cukup puas dengan penampilan pasukannya di babak pertama, namun mengingat hasil beberapa pertandingan terakhir, dia tentu berharap dapat memperbesar keunggulan.

Tekel Kovacic

Menahan serangan

Kami memberi the Tigers peluang di awal babak kedua lewat sebuah tendangan bebas yang meski melebar tentu menjadi sebuah peringatan tersendiri.

Jarrod Bowen berhasil melewati Marcos Alonso dan menghasilkan sepak pojok. Momen miskomunikasi dan kecerobohan nyaris membuat penyerang tengah Hull Tom Eaves mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan.

Tim tamu terus ditekan dan 15 menit pertama babak kedua jadi milik Hull.

Bowen berhasil melepaskan diri dari pengawalan Alonso dan menusuk melalui sisi tengah lapangan namun sepakannya masih melambung. Itulah peluang terbaik Hull sejauh ini.

Lima menit kemudian melahirkan momen yang membuat tuan rumah dan para pendukungnya frustrasi. Kami meredakan tekanan dengan mencetak gol kedua kami di laga ini lewat sebuah eksekusi tendangan bebas. Barkley yang jadi eksekutornya melambungkan bola keras-keras ke tiang jauh ke arah Tomori yang sukses menanduknya ke tiang dekat.

Tomori - 2-0!

Setelah unggul 2-0, Pedro dua kali nyaris memperbesar keunggulan dan sepertinya akan menyesali kegagalannya dalam mengonversi peluang kedua setelah Hull memperkecil ketertinggalan via tendangan bebas Kamil Grosicki yang sempat mengenai tembok pertahanan kami sebelum masuk ke gawang.

Alonso nyaris mengembalikan keunggulan dua gol namun gagal. Memasuki fase akhir pertandingan, kami harus bertahan dari serangan-serangan lawan. Akhirnya, sebuah gol masing-masing dari Batshuayi dan Tomori sudah cukup untuk mengantarkan kami ke putaran selanjutnya.

Melewati rintangan di putaran keempat

Biasanya, putaran keempat FA Cup jadi tahap yang ramah pada Chelsea, setidaknya dalam tahun-tahun belakangan, dan ini adalah kali ke-24 kami berhasil maju ke babak berikutnya – dari 27 percobaan terakhir. Kini the Blues punya rekor delapan kemenangan beruntun atas Hull baik di liga maupun kompetisi piala domestik.

Merayakan gol pembuka Batshuayi

Susunan pemain

Kemarin bos kami mengonfirmasikan bahwa Willy Caballero dan Michy Batshuayi akan mengisi lini belakang dan depan timnya. Ada sebanyak delapan perubahan dari tim yang meraih hasil imbang dengan Arsenal di Premier League. Duet bek tengah Kurt Zouma dan Fikayo Tomori, yang selalu tampil bersama di awal musim, dimainkan kembali bersama dengan Marcos Alonso yang telah bugar. Alonso sendiri baru tampil lagi sejak kemenangan kami atas Tottenham di laga terakhir sebelum Natal.

Tiga pos di lini depan masih diisi oleh pemain-pemain yang tampil melawan Forest di putaran sebelumnya.

Siapa saja yang mendapat keuntungan di sini?

Lampard berkata bahwa laga ini merupakan kesempatan bagi semua pemain yang diturunkan, yang belum tampil reguler, untuk mendapatkan menit main, dan tampaknya dia puas dengan kontribusi yang diberikan oleh si pencetak gol kemenangan, Tomori, di kedua sisi lapangan. Dia juga bisa memberi menit main kepada Billy Gilmour, 18 tahun, dan si pemain pun menampilkan kebolehannya dengan penuh percaya diri.

Tomori saat akan merayakan golnya bersama para pendukung

Tantangan selanjutnya

Tidak ada laga tengah pekan sebelum bertandang ke Leicester dalam laga penting di Premier League Sabtu depan. Kini the Foxes duduk satu peringkat dan delapan poin di atas kami di klasemen.

Chelsea (4-3-3): Caballero; Azpilicueta (k), Zouma, Tomori, Alonso; Barkley, Kovacic, Mount (Willian 68); Hudson-Odoi (Gilmour 68), Batshuayi, Pedro (Lamptey 90+1).
Cadangan Cumming, Christensen, Emerson, Maatsen.
Gol Batshuayi 6, Tomori 64
Kartu kuning Kovacic 46, Zouma 90

Hull (4-2-3-1): Long; Lichaj (k), Tafazolli, Burke, McKenzie; Kane, Da Silva Lopes; Wilks (Grosicki 60), Bowen, Honeyman (Samuelsen 68); Eaves (MacEnnis 68).
Cadangan Ingram, Mclaughlin, Kingsley, Irvine. 
Gol Grosicki 78    
Kartu kuning Lichaj 63

Penonton 24.109
Wasit 
Craig Pawson

 

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA