Berita

Apa Itu Jeda Musim Dingin, Bagaimana Pengaturannya, dan Bagaimana Jika Dibandingkan Dengan Jeda di Liga-Liga Lain di Eropa

Kami melihat latar belakang diberlakukannya jeda musim dingin yang akan datang, kapan terjadinya, dan pengaruhnya pada Chelsea…

Premier League akan mendapat jeda tengah musim (atau disebut juga jeda musim dingin) untuk pertama kalinya, yang akan dimulai pekan depan, di mana ke-20 klub akan mendapat libur selama dua pekan untuk mengurangi beban dari padatnya jadwal pertandingan di Inggris sekaligus memberikan kesempatan istirahat kepada para pemainnya.

Di artikel ini, situs resmi Chelsea mengulas alasan di balik diberlakukannya jeda ini dan bagaimana pengaturannya...

Apa itu jeda tengah musim pemain?

Jeda ini didesain untuk mengurangi beban dari tuntutan jadwal padat sepak bola Inggris. Berbeda dengan liga-liga besar Eropa lainnya, yang biasanya libur di masa Natal, jadwal pertandingan Premier League malah makin padat selama musim dingin, yang berjalan berbarengan dengan dua kompetisi piala domestik.

Manajer-manajer tim nasional juga akan berterima kasih karena para pemainnya akan mendapat waktu istirahat tambahan mengingat mereka akan berlaga di putaran final Euro 2020 musim panas nanti, yang digelar kurang dari sebulan setelah musim Premier League berakhir.

Bagaimana pengaturan jeda musim dingin ini?

Matchweek 26 di Premier League akan dibagi ke dalam dua akhir pekan, yang berarti ada empat pertandingan dalam tiap akhir pekan yang dimulai tanggal 8 Februari dan enam pertandingan lagi pada akhir pekan yang dimulai tanggal 15 Februari.

Dengan demikian, setiap klub akan mendapat jatah libur selama satu akhir pekan dan dua pekan secara keseluruhan. Ke-10 laga tersebut akan memiliki waktu kick-off yang berbeda-beda, yang berarti semuanya akan disiarkan secara langsung di televisi setempat.

Bagaimana dengan FA Cup?

Untuk mengakomodir jeda ini, putaran kelima FA Cup digeser ke tengah pekan pada pekan yang dimulai hari Senin tanggal 2 Maret, di mana Chelsea akan menjamu pemenang antara laga Liverpool vs Shrewsbury Town di Stamford Bridge.

Mulai putaran kelima, tidak akan ada lagi partai ulang. Namun, partai ulang putaran keempat FA Cup akan dimainkan di pekan pertama jeda tersebut, yang akan melibatkan Liverpool, Tottenham, Southampton, dan Newcastle.

Alasan di balik pembagian jadwal

Sehubungan dengan keterlibatan mereka di fase gugur sepak bola Eropa pada Februari, semua tim yang tampil di kompetisi Eropa pada pekan yang dimulai tanggal 17 Februari akan bermain pada pekan pertama. Ini untuk memastikan agar mereka mendapat waktu istirahat minimal 13 hari sebelum bertanding kembali.

Dengan demikian pasukan Frank Lampard punya waktu dua pekan untuk beristirahat sebelum menghadapi Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions, yang kedua legnya akan dimainkan pada 25 Februari dan 18 Maret, serta memiliki waktu untuk kembali ke ritme permainan terbaik mereka sebelum menjalani laga besar di Eropa itu.

Berapa lamakah jeda ini?

Semua klub dijamin mendapat jatah libur minimum 13 hari di Premier League meski bagi beberapa klub, partai ulang di kompetisi FA Cup akan mengurangi jatah mereka.

Chelsea dan Manchester United mendapat waktu istirahat terpanjang sebelum bertanding kembali. The Blues punya waktu istirahat selama 16 hari antara lawatan ke markas Leicester akhir pekan ini dan lawatan pasukan Ole Gunnar Solskjaer ke Stamford Bridge.

Bagaimana perbandingan antara jeda musim dingin di Premier League dengan di liga-liga lain di Eropa?

Musim ini, Bundesliga mampu memberi waktu istirahat yang panjang kepada tim-tim Jerman, tepatnya empat pekan. Ini dimungkinkan karena mereka memiliki jumlah kontestan yang lebih sedikit dan hanya memiliki satu kompetisi piala domestik yang tidak memberlakukan partai ulang atau pertandingan dua leg.

La Liga memiliki jeda dua pekan sebanyak dua kali di liga dan tim hanya tampil satu kali selama sebulan, mulai dari sebelum Natal hingga pertengahan Januari. Namun, kali ini mereka masih harus menjalani laga di Copa del Rey.

Serie A di Italia juga punya jeda dua pekan selama Natal dan Tahun Baru, sementara Ligue 1 di Prancis punya waktu libur selama tiga pekan, Prancis libur tiga pekan meski juga diselingi dengan pertandingan di kompetisi piala domestik.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA