Indonesia

Tikus Emas Chelsea – Branislav Ivanovic

Kami tutup seri tentang pemain-pemain Chelsea yang lahir di Tahun Tikus dengan membahas Branislav Ivanovic, yang telah memenangi hampir semua trofi mayor selama membela the Blues. Bacalah biodatanya, tonton gol-gol terbaiknya untuk Chelsea, dan beri tahu kami mana gol favorit Anda dalam poling di bawah.

Bek asal Serbia ini didatangkan ke Stamford Bridge dari Lokomotiv Moscow pada Januari 2008 saat masih berusia 23 tahun, namun dia baru melakukan debutnya sembilan bulan kemudian, dalam laga kontra Portsmouth di League Cup. Pada saat itu dia buka pemain starter regular namun langsung menjadi pahlawan Chelsea dengan mencetak dua gol sundulan yang membuahkan kemenangan 3-1 atas Liverpool di Anfield di perempat final Liga Champions pada April 2009.

Ketika Jose Bosingwa mengalami cedera lutut parah di musim berikutnya, posisi Ivanovic dipindah dari bek tengah menjadi bek kanan dan percobaan ini terbukti berhasil karena dari posisi itulah namanya masuk dalam PFA Team of the Year di musim yang berakhir dengan gelar juara ganda: Premier League dan FA Cup untuk pertama kalinya dalam sejarah kami.

Ivanovic, bek yang solid dan serbabisa ini juga mumpuni dalam membantu serangan baik dengan berlari dari lini tengah maupun dari sayap kanan, sementara kebolehannya dalam duel bola atas di kotak penalti dalam situasi bola mati kerap menyulitkan bek-bek lawan.

Dia juga beberapa kali mencetak gol di saat-saat krusial dalam perjalanan kami memenangi sejumlah trofi selama sembilan tahun masa baktinya di Stamford Bridge, antara lain tiga titel Premier League, tiga FA Cup, satu Liga Champions, dan satu Liga Europa.

Sebelum meninggalkan klub untuk bergabung dengan Zenit Saint Petersburg pada awal 2017, dia mengucap salam perpisahan dengan penuh gaya dalam laga terakhirnya untuk klub, melawan Brentford di ajang FA Cup, dengan mencetak gol ke-34 di penampilan ke-377-nya untuk the Blues.

Momen-Momen Besar Bersama the Blues

Sulit untuk memilih satu momen terbaik dari karier cemerlang Branislav Ivanovic bersama Chelsea, oleh karena itu kami pilihkan lima momen dan silakan pilih mana yang jadi favorit Anda dalam poling di bawah.

1. Liverpool, Anfield, April 2009 – Sepasang sundulan keras membawa the Blues membalikkan keadaan untuk mengalahkan Liverpool dengan skor 3-1 di perempat final Liga Champions.

2. Napoli, Stamford Bridge, Maret 2012 – Gol kemenangan di babak tambahan memungkasi comeback mengagumkan atas Napoli di Liga Champions musim 2011/12 yang berakhir dengan kesuksesan.

3. Benfica, Amsterdam Arena, Mei 2013 – Sebuah sundulan melambung yang membuahkan gol dramatis di penghujung waktu tambahan berhasil mengamankan kemenangan di final Liga Europa dengan skor 2-1.

4. Liverpool, Stamford Bridge, Januari 2015 – Sebuah sundulan penting lainnya ke gawang the Reds di semifinal League Cup sukses meloloskan the Blues ke Wembley.

5. Aston Villa, Villa Park, Februari 2015 – Sebuah tendangan voli terkontrol memberikan kemenangan krusial bagi the Blues dengan skor 2-1 di kandang lawan dalam musim yang kami sudahi dengan gelar Premier League.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA