Indonesia

Azpi Menilik ke Belakang dan Menatap Depan – Bagian 1

Setelah baru-baru ini melakoni penampilan ke-250 untuk Chelsea di Premier League, kapten Cesar Azpilicueta merefleksikan delapan tahunnya bersama the Blues dalam sebuah wawancara dengan majalah resmi Chelsea FC belum lama ini.

Dalam feature pertama dari dua edisi ini, si pemain Spanyol bicara soal perjalanannya sebagai pemain Chelsea, budaya juara yang ditemukannya di klub ini, dan momen favoritnya selama berseragam biru the Blues.

Bagaimana Anda merefleksikan satu dekade terakhir di Chelsea?

Sebuah perjalanan yang luar biasa, dan saya sudah tidak sabar menantikan masa depan. Saya tiba di sini pada 2012 dan saya tidak datang dengan status pemain bintang, atau seseorang yang langsung menembus tim karena saat itu kami punya pemain-pemain yang mengagumkan.

Saya tahu bahwa saya harus berjuang demi mendapatkan tempat, tetapi saya percaya diri, klub percaya padaku, manajer-manajer selama periode ini mempercayaiku, dan saya menikmati kerja sama dengan mereka semua.

Saya senang sekali dengan kontinuitas dan konsistensi yang harus saya pertahankan agar terus bermain secara reguler, dan kemudian bisa menjadi kapten klub adalah sesuatu yang sangat istimewa.

 

Kita sudah memenangi semua trofi domestik dan Eropa selama 10 tahun terakhir. Itu menunjukkan apa dari klub ini?

Saya rasa satu karakteristik yang dimiliki Chelsea selama periode ini adalah memenangi trofi dan bahkan ketika kami tidak memenangi sesuatu, itu tidak berlangsung lama.

Itu jelas menjadi bagian besar dari ambisi klub, untuk selalu menarget trofi, dan ini sesuatu yang tidak hanya kami lakukan di Inggris, tetapi juga di Eropa, dengan Liga Champions dan dua kali Liga Europa. Kami juga telah beberapa kali menjuarai Premier League sejak kedatangan saya, jadi saya rasa sudah menjadi DNA kami untuk selalu berjuang demi trofi dan mudah-mudahan kami dapat terus bergerak ke arah ini.

Tampaknya Chelsea memiliki mental untuk bangkit setelah mendapat hasil mengecewakan, untuk memastikan kita tidak terpukul terlalu lama. Menurut Anda, itu muncul dari mana?

Ini soal mentalitas yang kami punyai di sini, kemauan untuk memenangi trofi. Bahkan di periode sulit, kami memulihkan diri dan bangkit. Kadang kita tak bisa berada di puncak permainan di setiap laga, di setiap kompetisi, tapi ketika kami punya kesempatan untuk berjuang hingga akhir musim, untuk mencapai babak final dari sebuah kompetisi, kami harus melakukan itu.

Ketika melihat final-final itu, saya rasa itulah momen-momen ketika kami menunjukkan karakter yang hebat. Kadang kami mengalami kekalahan yang sangat menyakitkan, tapi kami menghadapi berbagai macam kesulitan itu dengan sangat bagus.

Ketika tidak memenangi trofi di musim-musim tertentu, kami memiliki karakter untuk membalikkan situasinya dengan cepat, untuk memperjuangkan gelar di musim berikutnya. Klub-klub lain bisa cukup lama tanpa memenangi trofi, tapi kami menemukan cara yang sangat bagus untuk masuk ke babak-babak terakhir kompetisi itu selama periode tersebut.

 

Apa yang menjadi momen terbaik Anda dalam satu dekade terakhir?

Saat bergabung dengan Chelsea setelah melihat mereka mengangkat trofi di TV, Anda ingin melakukan hal yang sama. Lalu, ketika datang kemari, saya langsung melihat bahwa semua yang ada di Chelsea adalah soal kemenangan, tentang menjadi salah satu klub top di Eropa.

Di akhir musim pertama itu, saya berkesempatan mengangkat trofi pertama saya di sini, setelah final Liga Europa di Amsterdam. Itu adalah final pertama saya di Eropa dan semuanya menjadi pengalaman yang baru untuk saya. Kami mencetak gol kemenangan di menit-menit akhir, kami juara, dan itu luar biasa.

Setelah itu, saya ingin melihat (final) Liga Europa kedua, saat saya menjadi kapten dan mengangkat trofi dan, tentunya, titel Premier League. Titel kedua, pada 2016/17, sangat berarti karena saya bermain di setiap menitnya di musim itu, tapi titel pertama, pada 2014/15, juga spesial karena saya sering sekali menonton pertandingan Premier League saat kecil dan ketika datang kemari saya ingin menjuarainya.

Wawancara bagian 2 akan terbit pekan depan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA