Wawancara

Figur Kapten: Azpi Tentang Kapten-Kapten Lain

Kapten kami, Cesar Azpilicueta bicara soal rekan-rekan setimnya yang juga pernah memakai ban kapten di Osasuna, Marseille, Chelsea, di tim nasional Spanyol.

Selain kapten-kapten legendaris seperti John Terry dan Sergio Ramos, juga ada sosok seperti Juan Mata. Untuk membahasnya, Azpi memulai dari kapten pertamanya sebagai pemain senior…

Cesar Cruchaga menghabiskan seluruh kariernya di Osasuna, klub yang memunculkan nama Azpilicueta

“Dia seorang bek tengah. Kuat. Dia sangat banyak membantu saya ketika saya masih muda dan saat menembus tim utama. Saya ingat ketika berusia 18 tahun, saya belajar bahasa Inggris dengannya.”

“Ingatan saya akan dirinya masih sangat kuat. Di lapangan, saya bermain sebagai bek kanan jadi kadang di ada di sebelah saya, di posisi bek tengah. Dia menunjukkan apa yang akan terjadi di ruang ganti tim utama.”

Kiper Steve Mandanda adalah kapten Marseille ketika Azpilicueta pindah ke sana pada 2010

“Dia sangat kalem. Orang yang baik. Ketika saya tiba di sana, tidak banyak pemain Spanyol di sana. Ada beberapa pemain Argentina yang dapat berbicara bahasa Spanyol, tapi saya bisa berbahasa Prancis.”

“Dia sangat baik pada saya, dan berusaha membantu saya. Kami beberapa kali menghabiskan sore bersama dengan keluarga kami. Dia bermain lama di Marseille dan memberi saya advis tentang bagaimana bermain di Marseille dan apa yang bisa dilakukan di kota itu.”

Juan Mata beberapa kali didapuk menjadi kapten tim nasional Spanyol yunior

“Juan sahabat saya. Saya banyak menghabiskan waktu bersaanya, dimulai dari level yunior di Spanyol. Kami bersama menjuarai Piala Eropa Under-21, dan kami juga bermain di Olimpiade di sini, London.”

“Dia kapten yang pendiam, namun pengalamannya istimewa. Dia pernah menjuarai Piala Dunia pada 2010, tetapi dia ingin bermain untuk kami di Piala Eropa Under-21 setahun kemudian. Setelah itu dia menjuarai Euro senior pada 2012, lalu bermain di Olimpiade! Pria yang hebat!”

Azpi bertemu dengan Mata di Chelsea pada 2012, ketika John Terry telah menjadi kapten selama delapan tahun

“Pada hari pertama kedatangan saya, dia siap membantu jika saya membutuhkan apa-apa. Saya bisa melihat mentalnya, caranya bersaing di pusat latihan setiap hari. Ketika saya datang, Chelsea baru saja menjuarai Liga Champions dan semua trofi sebelum itu, tapi dia masih punya ambisi dan rasa lapar itu.”

“Hal yang sama juga dimiliki oleh Frank ketika dia menjadi kapten. Ini mencerminkan banyak hal. Mereka adalah para juara. Mereka ingin menang di setiap sesi latihan dan di setiap pertandingan.”

Iker Casillas, kemudian Sergio Ramos jadi kapten Spanyol dalam beberapa tahun terakhir

“Iker dan Sergio sama-sama punya karier yang luar biasa di Real Madrid dan di tim nasional. Mereka orang-orang yang selalu menunjukkan bahwa mereka ingin lebih lagi. Ketika kita datang ke sebuah tim yang telah memenangi semuanya, seperti yang saya alami, tidaklah mudah, dan mereka berusaha membantu.”

“Saya berkesempatan bermain beberapa turnamen mayor bersama (timnas) Spanyol, dan mereka sedikit berubah dengan memasukkan pemain-pemain muda seperti saya. Dan di lapangan? Mereka memimpin dengan memberi contoh, mereka karakter dan kepribadian yang hebat, yang akan melakukan apa pun demi kemenangan.”

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA