Indonesia

Kontribusi Nyata Fans Chelsea dalam Gerakan Menanam 1000 Mangrove

Jalan panjang masih harus ditempuh Road to CISC Situbondo untuk diresmikan sebagai salah satu regional CISC Indonesia. Memulai segalanya dari nol pada Juli 2019, mereka wajib untuk membuktikan diri layak "naik pangkat" lewat berbagai kegiatan keorganisasian.

Tidak melulu mengadakan acara nonton bareng, futsal, dan segala hal yang berbau sepakbola, salah satu pertimbangannya adalah bagaimana kontribusi komunitas terhadap masyarakat. Dan baru-baru ini Road to CISC Situbondo menunjukkannya dengan bergerak aktif ikut dalam kegiatan peduli lingkungan “Gerakan Menanam 1000 Mangrove Untuk Pantai Barighaan” di Pantai Barighaan, Situbondo.

Diinisiasi oleh relawan Lindung Hutan Situbondo, kegiatan tersebut berlangsung pada 15 Desember 2019 lalu. Road to CISC Situbondo menjadi peserta dengan jumlah terbesar lantaran menyertakan 19 anggotanya dari total 50 partisipan. "Anggota kami selalu bersemangat dan responsif setiap kali diajak untuk ikut dalam kegiatan peduli lingkungan seperti ini," tutur Febri Ramanda, pengurus divisi sosial Road to CISC Situbondo.

Penanaman bibit mangrove di Pantai Barighaan didasari oleh kesadaran dan kepedulian untuk menjaga kelestarian pantai di Situbondo. Tak lain karena hutan mangrove merupakan ekosistem utama pendukung kehidupan penting di wilayah pesisir dan kelautan.

Selain memiliki fungsi ekologis sebagai penyedia nutrien bagi biota perairan, hutan mangrove juga merupakan tempat pemijahan dan asuhan berbagai macam biota, penahan abrasi pantai, mencegah amukan angin topan dan bencana tsunami, penyerap limbah, hingga sebagai pencegah intrusi air laut. Fungsi ekonomisnya pun tinggi, yakni sebagai penyedia kayu hingga obat-obatan.

Febri lantas menegaskan bahwa Road to CISC Situbondo siap untuk terus mengawal program tersebut. Mereka juga berkomitmen untuk menggalakkan kegiatan sosial dan lingkungan, sembari menanti impian untuk diangkat menjadi regional resmi CISC. "Harapannya tentu untuk bisa memberikan kontribusi nyata yang positif untuk Situbondo," ujarnya.

Ucapan terima kasih kami ucapkan untuk Road to CISC Situbondo atas dedikasinya Chelsea FC dan komunitas mereka serta keberhasilan dalam mengintegrasi dua renjana yang dimiliki. Contoh yang positif telah mereka berikan, dengan berperan aktif dalam pelestarian lingkungan di wilayahnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang CISC, silakan klik di sini.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA