Pernyataan Klub

Kesepakatan Dengan Ajax Untuk Hakim Ziyech Tercapai

Chelsea Football Club dan Ajax telah menyepakati transfer Hakim Ziyech yang akan dilakukan pada musim panas mendatang. Transfer ini terjadi setelah si pemain menyetujui persyaratan pribadi namun masih akan terus bermain bagi klub Belanda itu hingga akhir musim ini.

Ziyech, pemain internasional Maroko, adalah seorang penyerang berkaki kiri dominan yang nyaman bermain di sayap kanan dan menusuk ke dalam, seperti yang kerap dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir dan sukses memberikan dampak mematikan bagi Ajax, atau di sisi kiri dengan memanfaatkan lebar lapangan dan umpan-umpannya ke kotak penalti.

Berapa usia Hakim Ziyech dan bagaimana gaya permainannya?

Pria 26 tahun ini memiliki kesadaran saat menguasai bola, secara teknik mampu mengeksekusi umpan-umpan yang sangat sulit untuk membongkar pertahanan rapat lawan, dan juga seorang spesialis bola mati, terutama dengan sepakan berpilin dari sisi kanan. Dia pun seorang pencetak gol yang andal sepanjang kariernya dan telah mencetak lebih dari 100 gol bagi klub dan negaranya.

Di mana Hakim Ziyech lahir dan klub apa saja yang pernah dibelanya?

Lahir di Dronten, Belanda, Ziyech memulai karier sepak bola seniornya di klub Eredivisie, Heerenveen, sekaligus lulusan akademi klub yang bersangkutan.

Dia melakukan debutnya di babak kualifikasi Liga Europa pada Agustus 2012, yang berakhir dengan kemenangan penting, dan pada bulan yang sama tampil untuk pertama kali di liga.

Namanya mulai dikenal di musim 2013/14 dengan mengemas sembilan gol dan sembilan assist dari 33 penampilan di Eredivisie. Berkat penampilan apiknya, dia pindah ke Twente, dengan produktivitas yang terus meningkat. Dia mencetak 11 gol dan mencatatkan 16 assist di musim pertamanya di sana. Kemudian, pada musim 2015/16, dia membukukan 17 gol dengan rata-rata di atas satu gol per pertandingan.

Tidaklah mengejutkan jika raksasa Belanda Ajax meminangnya pada Agustus 2016. Berkat kualitas rekan-rekan setimnya, penampilan Ziyech makin membaik; tak lama kemudian dunia mulai memerhatikan kemampuan pria Maroko ini dalam mengeksploitasi sepertiga akhir lapangan.

 

Dalam pengalaman pertamanya di sepak bola Eropa, dia berhasil membantu tim muda Ajax melangkah ke final Liga Europa dan nyaris menjuarai liga dengan hanya kalah satu poin. Ziyech menorehkan 10 gol dan 15 assist di semua kompetisi.

Meski musim keduanya di Amsterdam kembali berakhir nirgelar, gelandang serang itu melewatinya dengan kesuksesan. Dia selalu tampil sebagai starter di setiap laga dan kerap terpilih sebagai man of the match.

Bagaimana rekor Hakim Ziyech di tim nasional?

Dia sukses mempertontonkan kemampuannya di Piala Dunia 2018 dan selalu jadi starter di setiap laga Maroko di fase grup. Meski harus tersingkir dari grup kuat yang juga berisikan Spanyol dan Portugal, Maroko mendapat pujian atas permainan menyerang mereka, yang diotaki oleh Ziyech.

Bagaimana catatan gol dan assist Hakim Ziyech?

Musim lalu adalah musim terbaik Ajax dalam satu generasi terakhir, dengan Ziyech sebagai ujung tombak bagi tim itu, yang mendapat sorotan luas di Eropa. Real Madrid dan Juventus berhasil mereka lewati di fase grup Liga Champions. Ziyech mencatatkan namanya di kedua laga melawan sang juara bertahan, salah satunya lewat penyelesaian dingin yang menghasilkan gol pembuka di Bernabeu.

Meski kurang beruntung di Eropa, mereka tak mengalami masalah di Belanda dengan menjuarai liga Belanda dan kompetisi piala domestik. Ziyech sendiri menutup Eredivisie musim itu dengan 16 gol dan 13 assist hanya dari 29 penampilan. Bermain di tim yang dijejali talenta-talenta luar biasa, Ziyech mampu menjadi Player of the Year Ajax untuk tahun kedua berturut-turut.

Musim ini, para suporter Chelsea bisa melihat kemampuan bintang 26 ini dari dekat. Pada pertemuan kedua kami dengan Ajax di Liga Champions, yang digelar di Stamford Bridge, Ziyech mengkreasikan tiga gol dari total empat gol yang tim tamu buat. Umpan silangnya dari sisi kanan terbukti sangat sulit diantisipasi. Dalam laga sebelumnya di fase grup, dia bahkan menciptakan gol indah dari jarak 30 yard ke gawang tuan rumah Valencia.

Musim ini, Ziyech sudah membukukan sembilan gol di semua kompetisi. Tak ada pemain yang bisa menyamai empat assist yang ditorehkannya di Liga Champions musim ini.

Dalam peringkat pemain-pemain di delapan liga teratas Eropa sejak musim 2017/18, Ziyech berada di urutan pertama untuk kategori assist dan peluang yang diciptakan, serta ketiga untuk jumlah tembakan.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA