Indonesia

Chelsea vs Man United - Statistik

Laga pertama seusai jeda musim dingin sudah menanti pada Selasa dini hari WIB, dan kini saatnya kami menyuguhkan sejumlah fakta dan angka terkait duel ini...


Rekor pertemuan Chelsea vs Man United

Chelsea baru kalah sekali dari 17 kali menjamu Manchester United di Premier League (10 kali menang, enam kali imbang), dan tak pernah kalah di enam laga terakhir.

Satu-satunya kemenangan Man United di Stamford Bridge di ajang Premier League itu diperoleh pada Oktober 2012 ketika masih dibesut oleh Sir Alex Ferguson. Branislav Ivanovic dan Fernando Torres dikartu merah di babak kedua ketika skor masih berimbang 2-2. Gol kemenangan diciptakan oleh Javier Hernandez ketika laga tersisa 15 menit lagi - setelah the Blues bermain dengan sembilan pemain.

Manchester United berupaya melakukan dobel atas Chelsea untuk pertama kalinya di liga sejak musim 1987/88.


Manchester United berhasil meninggalkan Stamford Bridge dengan kemenangan 2-1 di turnamen Carabao Cup musim ini – tim tamu terakhir yang bisa mengalahkan Chelsea dua kali dalam semusim adalah Liverpool, di musim 2011/12.
 


Kemenangan terbesar di liga untuk masing-masing tim

Chelsea 5-0 Man Utd, Stamford Bridge, 1999/00
Man Utd 6-0 Chelsea, Old Trafford, 1960/61

Kemenangan terbesar United di Stamford Bridge di liga diperoleh dengan skor 4-0 di musim 1947/48
 


Statistik Chelsea

Chelsea melepas 186 tembakan lebih banyak ketimbang tembakan lawan di Premier League musim ini (407 berbanding 221). Sebelum laga akhir pekan ini, hanya Man City (310) yang punya selisih terbesar di liga sejauh ini.

Delapan dari 13 gol Tammy Abraham di Premier League musim ini berhasil memberikan keunggulan kepada Chelsea. Jumlah ini adalah yang terbanyak yang ditorehkan oleh seorang pemain di musim ini.

 

Chelsea hanya menerima 71 tembakan ke arah gawang di Premier League musim ini – hanya Liverpool (62) yang punya catatan lebih baik.


Catatan bersejarah

Jika dimainkan sejak menit pertama, Kurt Zouma akan melakoni penampilan ke-50 sebagai starter untuk Chelsea di Premier League.

Dalam laga sebelumnya, di Leicester, Antonio Rudiger tampil untuk kali ke-100 bagi Chelsea dan kapten Cesar Azpilicueta jadi starter untuk ke-350 kalinya bagi the Blues di semua kompetisi.

 

Statistik Man United 

Statistik di Premier League musim ini

Start terbanyak: De Gea 25, Maguire 25, Lindelof 23
Gol terbanyak: Rashford 14, Martial 8, Greenwood 4
Assist terbanyak: James 6, Rashford 4, Martial 3, Pereira 3
Clean sheet terbanyak: De Gea 5

Manchester United selalu kalah di tiga laga Premier League terakhir yang dimainkan di London, masing-masing dengan skor 0-2 (dua vs Arsenal, satu vs West Ham).

Tim Setan Merah belum pernah kalah empat kali beruntun di ibu kota sejak rentetan lima kekalahan antara April 1973 dan Januari 1974.

Man United baru meraih empat dari 15 poin yang diperebutkan sejauh ini di tahun 2020. Satu-satunya tim yang punya catatan lebih buruk adalah Crystal Palace (tiga poin).

Manchester United selalu gagal mencetak gol di tiga laga terakhir di liga, untuk pertama kalinya sejak Oktober 2016. Terakhir kali mereka tak mampu membikin gol di empat laga beruntun di liga terjadi pada April 1989.

Man Utd sudah kalah lima kali dari tujuh laga tandang mereka di Premier League saat menghadapi tim enam besar. Dua laga lainnya berakhir dengan kemenangan.

Dalam debutnya, melawan Wolves di laga United sebelum ini, Bruno Fernandes jadi pemain Man United dengan tembakan terbanyak (lima), tembakan ke arah gawang terbanyak (tiga), dan operan (88) di kubu Man United.

Rekor manajerial Ole Gunnar Solskjaer versus Chelsea

Menang 3
Imbang 1
Kalah 1
 

Pencetak gol di Premier League

Chelsea: Abraham 13, Mount 5, Pulisic 5, Jorginho 4 (3 pen), Willian 4 (1 pen), Kante 3

Man Utd: Rashford 14 (5 pen), Martial 8, Greenwood 4, James 3, McTominay 3
 


Indisipliner

Tidak ada pemain yang terkena skorsing. Satu kartu kuning lagi untuk Jorginho akan membuahkan skorsing dua pertandingan untuknya.

 Di Premier League, tenggat waktu pemberian skorsing untuk akumulasi lima kartu kuning sudah terlewati. Kini 10 kartu kuning yang diterima sebelum pertandingan ke-32 akan berakibat pada skorsing dua pertandingan.


Kartu kuning di Premier League

Chelsea:  Jorginho 9, Kovacic 7, Alonso 3, Christensen 3, Emerson 3, Kante 3, Mount 3, Tomori 3, Zouma 3, Abraham 2, Rudiger 2, Willian 2, Hudson-Odoi 1, James 1

Man Utd: Young 5, Fred 4, Lindelof 4, Shaw 4, Wan-Bissaka 4, Williams 4, James 3, Lingard 3, Pereira 3, De Gea 2, Maguire 2, McTominay 2, Rashford 2, Fernandes 1, Martial 1, Mata 1, Matic 1, Rojo 1

 

Wasit 

Anthony Taylor akan menengahi laga the Blues untuk kali keempat musim ini. Dia juga bertugas dalam duel di Old Trafford di pekan pertama, serta laga tandang kami di Watford pada November dan Tottenham pada Desember.

 

Ikuti laga Selasa dini hari ini di Match Centre yang terdapat di aplikasi The 5th Stand.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA