Laporan Pertandingan

Laporan: Chelsea 0 Manchester United 2

Chelsea kalah di Stamford Bridge setelah kebobolan satu gol di tiap babak.

Adalah Anthony Martial dan Harry Maguire yang menjebol gawang kami dalam selang 20 menit, yang sama-sama berasal dari sebuah sundulan ke gawang Willy Caballero. Tuan rumah sebenarnya sempat membobol gawang lawan dua kali namun keduanya dianulir oleh VAR.

Kurt Zouma, yang dimasukkan setelah turun minum, mengira berhasil menyamakan kedudukan namun VAR menyatakan ada pelanggaran yang dilakukan oleh Cesar Azpilicueta dalam proses terciptanya gol tersebut. Setelah itu, tandukan Olivier Giroud dianulir akibat offside tipis. Harapan untuk bisa melakukan comeback pun sirna.

Dengan hasil ini kami masih bertahan di peringkat keempat klasemen Premier League, unggul satu poin dari Tottenham, yang kami jamu akhir pekan depan.

Tiga pemain kembali

Dengan masih cederanya Tammy Abraham – yang diterimanya saat melawan Arsenal bulan lalu – Michy Batshuayi ditugaskan untuk menggantikan tempat si pemain internasional Inggris. Dalam laga kontra United sebelum ini di ajang Piala Liga yang berakhir dengan kekalahan pada Oktober lalu, Batshuayi berhasil mencetak satu-satunya gol kami.

Callum Hudson-Odoi juga absen lantaran cedera, yang berarti Willian dan Mateo Kovacic kembali masuk ke tim, yang dengan demikian terjadi tiga pergantian dari tim yang bermain imbang di Leicester di laga sebelumnya. Caballero kembali menjaga gawang.

Start apik tak membuahkan hasil

Tuan rumah memulai laga dengan apik. Reece James mencoba menembak namun bola hanya menyeberang di muka gawang dan melebar di menit keenam. Kemudian Willian melepas tembakan kaki kiri yang juga belum menemui sasaran.

Pasukan Lampard mendapat kabar tak mengenakkan di awal laga ketika N’Golo Kante cedera di seperempat jam pertama dan harus digantikan oleh Mason Mount. Pergantian ini berhasil memberikan suntikan energi pada permainan tim di tengah duel yang berlangsung ketat.

Rudiger menguasai bola

Maguire melakukan sundulan krusial untuk menghentikan umpan silang Toni Rudiger yang diarahkan ke kotak enam yard. Batshuayi kemudian tak mampu mengarahkan bola ke gawang untuk menyelesaikan pergerakan cantik yang melibatkan Pedro dan Mount.

Keputusan yang dapat diperdebatkan

Ada dua keputusan kunci dari wasit Anthony Taylor – dan VAR – di babak pertama.

Keputusan pertama melibatkan insiden yang terjadi antara Maguire dan Batshuayi di touchline kanan di hadapan dugout Chelsea. Dalam posisi terjatuh, bek United itu menggerakkan kakinya seperti gerakan menendang ke kunci paha si pria Belgia. Gerakan itu sama persis dengan yang dilakukan oleh Son Heung-Min, yang akhirnya di kartu merah, saat melawan kami di laga sebelumnya. Namun, kali ini wasit tidak melakukan apa-apa.

Kovacic melakukan sliding untuk merebut bola di tengah lapangan

Tak lama kemudian, Willian dijatuhkan oleh cegatan kaki Bruno Fernandes di dalam kotak penalti menyusul sebuah sepak pojok dari sisi kiri. Taylor memutuskan bahwa pemain kami pura-pura terjatuh dan memberinya kartu kuning.

The Blues menyengat dengan tembakan on target pertama

Pasukan Ole Gunnar Solskjaer lebih bisa penguasaan bola dan wilayah, terbantu dengan formasi 3-4-2-1 dan kecepatan Martial serta Daniel James.

Bruno Fernandes, yang baru saja direkrut dari Sporting Lisbon, sempat menggetarkan mistar gawang melalui tembakan berbahaya pertama mereka di menit ke-37. Kemudian Martial nyaris bisa memecah kebuntuan menjelang interval.

Sundulan Maguire yang membuahkan gol kedua United

Pemain Prancis itu kemudian memainkan kerja sama satu-dua dengan Fernandes lalu menggiring bola ke kotak penalti, namun beruntun sepakannya melebar. Di menit terakhir babak pertama, Martial menang duel dengan Andreas Christensen dan berhasil menanduk umpan Aaron Wan-Bissaka ke sudut bawah gawang.

Batshuayi punya peluang untuk langsung menyamakan kedudukan lewat sebuah serangan balik yang dimulainya di tengah lapangan dalam masa tambahan waktu namun tembakan yang dilakukannya dari sudut sempit dengan kaki nondominannya masih melebar.

Selebrasi tak berlangsung lama

Zouma masuk menggantikan Christensen saat jeda mengingat si pemuda Denmark sempat mendapat perawatan di babak pertama. Bek asal Prancis ini sempat membuat mood publik Stamford Bridge bangkit ketika menyambut sebuah sepak pojok di depan gawang dan masuk ke gawang United.

Namun, setelah melihat rekaman, VAR memutuskan terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh Cesar Azpilicueta yang mendorong pemain United di kotak penalti. Meski si pemain Spanyol itu sendiri terdorong sesaat sebelum pelanggaran itu terjadi. Wasit tak menggubris protes itu dan skor pun tetap 1-0.

Gol Zouma dianulir

Tak lama kemudian United mencetak gol kedua. Fernandes punya andil besar dalam terjadinya gol ini. Pertama, dengan tendangan bebas yang menerpa bagian bawah tiang gawang kemudian melepas umpan silang yang disambut dengan tandukan keras oleh Maguire dan masuk ke pojok bawah gawang.

Comeback gagal

Masuknya Giroud jadi pertaruhan terakhir Lampard dan nyaris bisa memulai comeback Chelsea. Eric Bailly dengan cepat berlari untuk menutup Kovacic namun bek tim tamu itu tak mampu berbuat apa-apa ketika Mount menusuk ke kanan dan mengirim umpan silang sempurna ke Giroud yang disambut dengan sebuah tandukan.

Sundulan Giroud itu seharusnya bisa memperkecil ketertinggalan kami, namun VAR menyatakan dirinya offside tipis

Para pendukung tuan rumah menyuarakan kekecewaan mereka terhadap teknologi garis gawang itu.

Dalam aksi terakhir di laga itu, eksekusi tendangan bebas Mount masih mengenai tiang gawang. Memang bukan malam kita.

Selanjutnya apa?

Pekan penting untuk the Blues. Tottenham akan menyambangi Stamford Bridge pada Sabtu malam yang akan disusul dengan laga Liga Champions kontra Bayern Munich di babak 16 besar pada Rabu 26 Februari.


Chelsea (4-3-3) Caballero; James, Rudiger, Christensen (Zouma h/t), Azpilicueta (k); Jorginho, Kante (Mount 12), Kovacic; Willian, Batshuayi (Giroud 68), Pedro
Cadangan Kepa, Tomori, Alonso, Barkley
Kartu kuning Willian 35; Rudiger 47; Zouma 60

Man United (3-4-2-1) De Gea; Bailly, Maguire, Shaw; Wan-Bissaka, Matic, Fred, Williams; James (Pereira 80), Fernandes (Dalot 90+2); Martial (Ighalo 90)
Cadangan Romero, Jones, Mata, Greenwood
Gol Martial 45; Maguire 66
Kartu kuning Williams 76; Wan-Bissaka 79

Wasit Anthony Taylor
Penonton 40.504

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA