Wawancara

Cesar Azpilicueta Bicara Soal Drama VAR dan Menunjukkan Apa yang Membuat Mereka Kalah dari Manchester United

Cesar Azpilicueta kecewa dengan kegagalan the Blues dalam mengonversi dominasi menjadi tiga poin saat melawan Manchester United dan berbicara panjang lebar tentang ketidakpuasannya terhadap keputusan VAR.

Meski Chelsea tampil apik saat melawan pasukan Ole Gunnar Solskjaer di Stamford Bridge, tim tamulah yang berhasil meraup tiga poin penuh bekat sebuah gol masing-masing dari Anthony Martial dan Harry Maguire yang dicetak di tiap babak, meski VAR punya andil besar dalam hasil akhir laga ini.

Jelas sekali bahwa Maguire seharusnya dikartu merah dalam insiden dengan Michy Batshuayi di dugout Chelsea di babak pertama, di mana kapten United itu terlihat menjejakkan kakinya ke arah pemain depan the Blues itu. VAR sudah digunakan namun tidak ada tindakan yang dilakukan.

Dalam prosesnya, dua gol Chelsea dianulir oleh VAR setelah melakukan pengamatan yang cukup lama. Gol pertama, sebuah penyelesaian apik dari Kurt Zouma, dianulir karena Azpilicueta dianggap mendorong Brandon Williams dalam proses terjadinya gol, meski terlihat bahwa kapten kami didorong oleh Fred ke arah bek United tersebut.

Cesar mengemukakan alasan yang membuat kami kalah serta menjelaskan insiden yang menjadi kunci dalam pertandingan tersebut.

"Kami kalah dalam saat-saat yang sulit," kata si pria Spanyol.

"Kami kemasukan tepat sebelum turun minum, meski mendominasi babak pertama. Terlepas dari beberapa serangan balik, mereka tidak benar-benar merepotkan kami."

"Kami menciptakan beberapa peluang bersih, mendominasi bola, dan terlihat baik. Lalu kami dihukum tepat sebelum turun minum dan tiba-tiba segala sesuatunya menjadi jauh lebih sulit. Mereka mencetak gol kedua dari situasi bola mati dan setelah itu segala sesuatunya jadi lebih sulit lagi untuk diatasi."

"Kami terus berusaha hingga menit terakhir namun kami tidak dapat mengalahkan skor itu."

"Ada VAR di sana dan memenuhi aturan tapi yang mengecewakan adalah keputusan-keputusan penting dilihat oleh wasit yang berada jauh dari stadion dengan menyaksikannya lewat sebuah monitor. Saya sudah mengatakan ini berulang kali sebelumnya bahwa saya rasa wasit di stadion lebih berkuasa dalam pengambilan keputusan ketimbang seseorang yang berada di balik monitor di luar lapangan."

"Gol yang diciptakan oleh Zouma, memang saya mendorong Williams namun itu karena Fred jelas-jelas mendorong saya ke arahnya. Ada empat wasit di lapangan namun mereka tidak melihat apa-apa. Jika wasit kemudian pergi untuk melihat monitor di pinggir lapangan, itu perlu waktu 30 detik dan saya rasa keputusan yang benar akan diambil. Wasit di lapanganlah yang seharusnya mengambil keputusan final."

Sang kapten kemudian membeberkan detail lebih lanjut yang membuatnya merasa gol Zouma itu – yang membuat skor berimbang – seharusnya sah dan yang membuatnya merasa tidak bersalah dalam proses permainan yang akhirnya memicu adanya pengecekan VAR, yang kemudian melahiran keputusan yang berlawanan.

"100 persen, niat saya saat berlari ke depan adalah tidak untuk mendorong Williams dan membuatnya keluar dari posisinya, karena bola meluncur di atas kepala kami," jelas Cesar.

"Saya tidak bilang bahwa dorongan Fred terhadap saya itu penalti namun jelas itu memiliki implikasi karena kemudian saya dinyatakan melakukan pelanggaran karena mendorong Williams."

"Sulit saat ada empat wasit di stadion dan keputusan akhir berada di tangan wasit VAR. Saya sama sekali tidak kecewa dengan wasit VAR. Yang membuat saya kecewa adalah fakta bahwa, menurut saya, kita tidak menggunakan sistem itu dengan benar."

"Kami sangat kecewa dengan hasil ini namun kami tidak bisa menyalahkan VAR atau apa pun yang seperti itu. Ini adalah kesalahan kami karena kami punya kesempatan untuk menang."

"Mulai titik ini, kami punya laga derbi yang sangat penting pada hari Sabtu dan kami telah kehilangan semua keuntungan yang sebelumnya ada di tangan kami. Kami terpeleset dan sekarang kami akan menghadapi laga-laga penting yang menentukan, dimulai dari laga derbi besar pada hari Sabtu di Stamford Bridge."

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA