Laporan Pertandingan

Laporan: Chelsea 2 Tottenham 1

Chelsea berhasil mencatatkan kemenangan kedua atas Tottenham musim ini sekaligus memperlebar jarak dengan mereka menjadi empat poin dalam perebutan tempat keempat di klasemen Premier League.

The Blues membuka kemenangan lewat gol cepat Olivier Giroud, yang jadi starter untuk kali pertama sejak akhir November. Pemain depan asal Prancis itu menyelesaikan sebuah peluang di dalam kotak penalti di hadapan Shed End, menuntaskan permainan apik pasukan Frank Lampard di menit-menit awal.

Setelah itu, Marcos Alonso memperbesar keunggulan tiga menit setelah babak kedua dimulai dengan menembak ke pojok bawah gawang Hugo Lloris untuk memberikan keunggulan yang cukup aman di derbi London ini.

Tuan rumah tampil lebih baik di sepanjang laga dan bahkan sempat dua kali menggetarkan tiang gawang lawan, lewat tembakan Ross Barkley dan Alonso, meski Willy Caballero juga harus melakukan beberapa penyelamatan penting sebelum akhirnya takluk oleh sepakan pemain Spurs yang mengenai pemain the Blues dan masuk ke gawang di menit ke-89.

Hari ini pemain-pemain di semua lini Chelsea tampil penuh percaya diri dan kemenangan krusial ini menjadi bekal yang sangat berarti untuk menjamu Bayern Munich di Liga Champions pada Rabu WIB.

Empat perubahan

Lampard menurunkan Giroud di depan dan mengubah formasi tim menjadi tiga bek, sama dengan ketika menang 2-0 di markas Tottenham Desember lalu. Alonso juga kembali menjadi starter di Premier League setelah terakhir kali melakukannya pada laga di London utara yang berakhir dengan kemenangan.

Mason Mount dan Ross Barkley dimainkan untuk mendukung Giroud sementara Caballero kembali menjaga gawang.

Gol cepat

Kedua tim memulai pertandingan dengan hati-hati mengingat keduanya memainkan formasi yang sama dan para pemain mencoba mencari ruang kosong. Spurs punya peluang pertama, di menit ke-10, lewat sepakan rendah Lucas Moura dari tepi kotak penalti yang masih bisa dimentahkan oleh Caballero dengan menjatuhkan diri ke kanan.

The Blues diinstruksikan untuk menekan pemain-pemain tim tamu yang sedang menguasai bola dan mulai mendapat lebih banyak peluang di dalam dan di sekitar kotak penalti Tottenham. Alonso melepas umpan cantik ke Mount dari sisi kiri, namun sayang sekali percobaan di gelandang masih bisa dihentikan oleh Hugo Lloris di tiang dekat.

Barkley kemudian memberi peringatan dengan sepakan yang hanya menyeberangi gawang menyusul sebuah pergerakan berputar lalu menggiring bola dari tengah lapangan. Akhirnya Giroud sukses membuka keunggulan di menit ke-15 dengan gol pertamanya untuk klub sejak final Piala Super pada pertengahan Agustus lalu.

Sepakan Giroud yang membuka keunggulan di seperempat jam pertama pertandingan

Pria Prancis itu akhirnya berhasil menjebol gawang lawan lewat tembakan ketiga kami dalam sebuah kemelut di mana tembakan pertama bisa diamankan oleh kaki kompatriotnya, Lloris, kemudian sepakan follow-up Barkley mengarah tepat ke tiang gawang. Bola memantul ke jalur pergerakan pemain bernomor punggung 18 ini, dan ia pun tak menyia-nyiakan peluang itu dengan menembaknya ke gawang dari dalam kotak penalti yang padat dengan pemain.

Peluang demi peluang terlewatkan

Alonso nyaris membuat publik Stamford Bridge bersorak lagi di menit ke-23 dengan sebuah sepakan memukau ke arah gawang. Ketika bola jatuh 20 yard di depan gawang, ia melakukan satu sentuhan untuk mengontrol bola kemudian melepas tendangan voli kaki kanan dengan teknik yang wah. Bola diarahkan ke pojok tiang jauh namun bola terlalu tinggi.

Di sisi lain di lapangan, ada beberapa momen yang membuat suporter the Blues sadar bahwa ini merupakan laga yang sangat seimbang. Cesar Azpilicueta menjatuhkan dirinya di depan Moura untuk membelokkan arah gerak bola, peluang yang diawali dengan pergerakan terbaik Tottenham di laga ini. Dari sepak pojok yang menyusul kemudian untuk Tottenham, sundulan Davinson Sanchez masih bisa ditepis ke atas oleh Caballero sambil melompat mundur.

Caballero melompat ke belakang dan berhasil melakukan penyelamatan penting dengan jarinya

Sesaat kemudian kiper kami membuat keputusan yang kurang baik ketika bola dioper jauh ke depan dari bek tengah menemui Moura di sisi kanan. Pemain asal Brasil itu kemudian sukses mengecoh kiper kami ini. Berdiri jauh dari mulut gawang, Caballero tentunya lega melihat bola melebar tipis di samping gawang.

Babak kedua yang sempurna

Keunggulan 1-0 saat jeda sudah terbilang positif namun tetap ada perasaan yang mengatakan bahwa Chelsea perlu mencetak gol kedua demi mengamankan tiga poin. Dua sepakan ke arah gawang memulai babak kedua dengan sempurna.

Giroud memperlihatkan kemampuannya dalam mempertahankan bola di sisi kanan, kemudian Mount mengalirkan bola ke Barkley, yang dengan cepat memindahnya ke Alonso yang mendapat ruang di sisi kiri lapangan.

Sepakan Alonso yang membuahkan gol kedua

Si pemain Spanyol menyelesaikan pergerakan itu dengan sebuah tendangan keras dan jitu ke pojok bawah gawang. Alonso kembali membobol gawang tim asal London utara dan langsung merayakannya di hadapan Tribun Barat.

Lagi-lagi VAR

Lampard dan stafnya seperti tak percaya ketika Giovani Lo Celso lolos dari kartu merah setelah menginjak Azpilicueta. Tindakan itu mestinya memenuhi semua syarat untuk mendapat kartu merah, challenge telat yang jelas-jelas membahayakan lawan.

Lo Celso beruntung tidak dikartu merah setelah menginjak Azpilicueta

Wasit Michael Oliver mungkin masih bisa dimaafkan karena melewatkan insiden yang terjadi tepat di depan dugout itu namun tidak dengan VAR, yang mengamatinya beberapa kali dan tetap memutuskan tidak diperlukannya tindakan lebih lanjut terkait insiden itu.

Nyaman

Gol Alonso itu menyengat Spurs dan membuat kami lebih nyaman dalam mengendalikan permainan di sisa waktu. Barkley nyaris menambah keunggulan menjadi 3-0 ketika tembakannya masih bisa ditepis dengan lompatan Lloris. Kemudian Tammy Abraham diturunkan dari bangku cadangan dan hampir merobek gawang lawan dengan membelokkan umpan silang Mount yang tampil cemerlang di laga ini.

Mount tampil impresif

Delapan menit menjelang bubar, Mount dilanggar di depan kotak penatli dan Alonso yang mengeksekusi tendangan bebas. Bola terbang berpilin melewati tembok pertahanan lawan namun hanya menerpa mistar gawang.

Tottenham bisa memperkecil ketertinggalan di menit-menit akhir ketika bola sepakan Erik Lamela mengenai Toni Rudiger dan sambil berputar masuk ke gawang Caballero. Setelah itu, the Blues pun bekerja keras untuk mempertahankan tiga poin yang berharga.


Chelsea (3-4-2-1) Caballero; Azpilicueta (k), Christensen, Rudiger; James, Jorginho, Kovacic, Alonso; Barkley (Willian 77), Mount; Giroud (Abraham 71)
Cadangan Kepa, Zouma, Emerson, Gilmour, Loftus-Cheek
Gol Giroud 15; Alonso 48
Kartu kuning Christensen 65

Tottenham (3-4-2-1) Lloris (k); Sanchez, Alderweireld (Aurier 78), Vertonghen; Tanganga, Winks, Ndombele (Lamela 62), Davies; Lo Celso, Moura; Bergwijn (Alli 78)
Cadangan Gazzaniga, Dier, Skipp, Fernandes
Gol Rudiger (og) 89
Kartu kuning Winks 23; Lo Celso 81

Wasit Michael Oliver
Penonton 40.608

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA