Indonesia

Making the Leap – Callum Hudson-Odoi

Leap day akan datang akhir pekan ini dan oleh sebab itu kami lanjutkan feature yang membahas bintang-bintang muda yang telah melakukan lompatan dari pemain Akademi menjanjikan menjadi pemain senior Chelsea dengan melihat perjalanan si pemain muda sensasional, Callum Hudson-Odoi.

Perjalanan di Akademi

Setelah bergabung dengan Chelsea di kelompok usia Under-8, kemampuan serang Callum Hudson-Odoi sudah terlihat jelas sejak di Akademi dengan terus mencetak dan mengkreasikan gol di berbagai kelompok usia the Blues.

Pemain muda berbakat ini berperan penting bagi tim Under-18, yang menjuarai FA Youth Cup dan Premier League U18 musim 2016/17 hingga kemudian bergabung dengan tim nasional Inggris yang menjadi juara dua di Piala Eropa Under-17 dan bahkan menjuarai Piala Dunia FIFA U-17 kemudian di tahun itu.

Hudson-Odoi juga membantu the Blues meraih gelar Youth Cup in 2017/18 kelima beruntun, mencetak dua gol saat melawan Arsenal di final, meski lebih banyak bermain bagi skuad binaan kami, yang melaju hingga semifinal EFL Trophy.

Memetik pengalaman

Setelah bersinar di level yunior, Hudson-Odoi melakukan debutnya bagi tim senior saat masih berusia 17 tahun ketika diturunkan sebagai pemain pengganti dalam kemenangan kami atas Newcastle United di FA Cup pada Januari 2018.

Dia tampil tiga kali lagi bagi tim senior musim itu dan setelah serangkaian penampilan impresif selama pramusim pada musim 2018, manajer baru Maurizio Sarri memilih untuk mempertahankannya di skuad ketimbang meminjamkannya.

Menembus tim utama Chelsea

Hudson-Odoi sesekali dimainkan oleh Sarri di paruh pertama musim 2018/19, terutama di ajang Carabao Cup dan Liga Europa, turnamen tempatnya mencetak gol perdananya bagi tim senior Chelsea, pada start pertamanya untuk the Blues saat mengalahkan tim Yunani PAOK dengan skor 4-0 pada November.

Dia mulai lebih sering tampil untuk the Blues di awal tahun 2019 dan berhasil menorehkan sejarah dengan menjadi pemain termuda Chelsea sepanjang masa yang bermain di tim nasional Inggris ketika diturunkan sebagai pemain pengganti kala Inggris berhadapan dengan Republik Ceko di laga kualifikasi Euro 2020 di Wembley.

Dia jadi starter empat kali beruntun di Premier League pada bulan April dan tampil impresif sebelum mengalami cedera Achilles yang memaksanya mengakhiri musim secara prematur. Dia menutup musim itu dengan catatan 24 penampilan dan lima gol untuk Chelsea serta terpilih sebagai Young Player of the Year versi klub.


Masa depan

Di tengah banyaknya ketertarikan dari klub lain, Hudson-Odoi menyatakan komitmennya kepada Chelsea dengan menandatangani kontrak baru berdurasi lima tahun pada September lalu dan menyempurnakan comeback-nya sepekan kemudian dengan membikin gol dalam kemenangan atas Grimsby di Carabao Cup. Kemampuannya dalam menyerang pertahanan lawan sudah jelas terlihat dan dengan masa depannya yang sudah dipastikan, para penggemar Chelsea boleh berharap bisa melihat lebih banyak lagi dari pemuda ini selama beberapa tahun mendatang.

KABAR LAINNYA DARI CHELSEA